Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia, Apa Pekerjaan Mereka?

Uji Agung Santosa

08 November 2022

Daftar orang terkaya di dunia (123rf.com)
Daftar orang terkaya di dunia (123rf.com)

Siapa orang terkaya no 1 di dunia? Siapa terkaya di dunia saat ini? Pertanyaan seperti itu mungkin sering terbesit di pikiran banyak orang. Terlebih jika kamu tidak mengetahui apa pekerjaan yang mereka geluti sehingga bisa menjadi orang terkaya di dunia.

Banyaknya harta yang dimiliki orang terkaya di dunia mungkin terdengar fantastis dan tidak masuk akal. Tapi, begitulah kenyataannya. Mereka semua memiliki pekerjaan atau bisnis yang digeluti sehingga mampu menghasilkan kekayaan hingga triliunan rupiah.

Nah, untuk memotivasi kamu dalam bekerja dan meraih apa yang kamu impikan, simak daftar orang terkaya di dunia berikut ini.

 

Baca juga: Ini Daftar Broker Forex Terbaik di Indonesia dan Dunia

10 Orang Terkaya di Dunia

Ini 10 daftar orang terkaya di dunia (123rf.com)
Ini 10 daftar orang terkaya di dunia (123rf.com)

Berikut ini adalah daftar orang terkaya di dunia saat ini yang mungkin bisa menginspirasimu untuk lebih giat dalam bekerja dan mengejar impianmu.

1. Elon Musk ($219 Miliar)

Jika ada yang bertanya, "Siapa orang terkaya no 1 di dunia?" Jawabannya tentu sudah tidak asing lagi. Ya, dialah Elon Musk, seorang jenius yang mengakuisisi layanan teknologi masa depan yang canggih, seperti SpaceX dan pengembangan AI. Kontribusinya dalam dunia teknologi budaya terlihat dari adanya konsep awal SolarCity, penyedia sistem teknologi tenaga surya dan Neuralink, perusahaan rintisan di bidang neuroteknologi.

Selain mengakuisisi layanan tersebut, Musk juga menjadi investor awal yang menanamkan asetnya di Tesla untuk mendukung produksi mobil listrik. Saat ini, laki-laki yang sudah menikah tersebut diprediksi memiliki kekayaan mencapai $219 miliar atau setara dengan Rp3,263 triliun.

2. Jeff Bezos ($171 Miliar)

Lantas, siapa orang terkaya nomor 2 di dunia? Jawabannya adalah Jeff Bezos. Sebelumnya, ia menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia. Namun, sejak nama Elon Musk muncul ke permukaan, ia harus rela menyingkir dan berada di posisi kedua dalam daftar tersebut.

Laki-laki yang memiliki kekayaan mencapai $171 miliar atau sekitar Rp2,548 triliun ini memulai bisnisnya dari sebuah garasi di Seattle. Tekadnya yang kuat untuk mengembangkan bisnis e-commerce miliknya membuat Amazon dikenal oleh masyarakat global.

Selain itu, Bezos juga memiliki surat kabar The Washington Post dan mendirikan layanan pabrikan aerospace yang di dalamnya ia berperan sebagai astronot komersial.

Baca juga: 30 Daftar Saham Syariah Terbaik, Pilihan Investasi Bebas Haram dan Riba

3. Bernard Arnault ($158 Miliar)

Jika kamu bertanya siapa orang terkaya nomor 3 di dunia? Posisi tersebut ditempati oleh pengusaha asal Prancis bernama Bernard Arnault. Bergelut di bidang fashion kelas atas, mulai dari Christian Dior, Loewe, Marc Jacobs, Sephora, Dom Perignon, Hennessy, dan merek terkenal lainnya membuat laki-laki ini memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai $158 miliar atau setara dengan Rp2,354 triliun.

Awalnya, ia bekerja sebagai insinyur dan pengembang properti di perusahaan keluarganya. Setelah itu, barulah ia mengakuisisi brand terkenal dan menjadi orang terkaya di negaranya.

4. Bill Gates ($129 Miliar)

Sebagai orang yang menempati posisi sebagai orang terkaya ke-4 di dunia, Bill Gates diperkirakan memiliki kekayaan mencapai $129 miliar atau sekitar Rp1,918 triliun. Laki-laki yang juga dikenal sebagai pendiri Microsoft ini sudah masuk ke dalam daftar orang paling kaya di dunia sejak 1987.

Namun, kekayaan yang dimiliki pria paruh baya tersebut tidak membuat dirinya gelap mata. Itulah sebabnya, ia aktif berderma dengan melakukan berbagai kegiatan amal dan berdonasi di berbagai organisasi atau institusi penelitian melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Baca juga: Sleeping Investor adalah Orang Paling Santai dengan Cuan Paling Mantap, Minat?

5. Warren Buffett ($118 Miliar)

Bukan cuma dikenal sebagai orang terkaya dan investor andal di dunia, ia juga dikenal sebagai “Peramal” dan “Orang Bijaksana” oleh media global. Keahliannya dalam berbisnis dan berinvestasi membuat dirinya menjadi salah satu investor paling sukses sepanjang masa. 

Ia mulai dikenal sebagai hartawan sejak 1962 karena partnership yang dilakukannya dengan berbagai perusahaan terkemuka. Saat ini, hartanya diperkirakan sudah mencapai $118 miliar atau setara dengan Rp1,755 triliun. Ia juga menjalankan perusahaan multinasional bernama Berkshire Hathaway yang membawahkan beberapa perusahaan lainnya, seperti GEICO, Duracell, dan Dairy Queen.

Kamu yang tertarik mengikuti jejak Buffet di dunia investasi, bisa memulai langkah awal dengan berinvestasi di aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

6. Larry Page ($111 Miliar)

Dari Warren Buffet yang berada di posisi ke-5, kita beralih ke Larry Page yang menempati posisi orang terkaya keenam di dunia. Dialah sosok di balik mesin pencari raksasa global Google yang kini sudah dipakai hampir seluruh masyarakat di dunia. Berkat penemuannya itu, ia berhasil mengumpulkan kekayaan hingga $111 miliar atau sekitar Rp1,651 triliun.

Selain mendirikan algoritma peringkat pencarian Google, PageRank, ia juga berinvestasi di perusahaan rintisan mobil terbang Kitty Hawk and Opener, serta memperoleh penghargaan di bidang telekomunikasi The Marconi Prize bersama Sergey Brin.

7. Sergey Brin ($107 Miliar)

Selain Larry Page, Google juga memiliki satu lagi orang yang termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia, yaitu Sergey Brin. Dialah sosok penemu dan pengembang Google yang bekerja keras bersama Larry Page sampai akhirnya bisa memperoleh kekayaan mencapai $107 miliar atau sekitar Rp1,591 triliun.

8. Larry Ellison ($106 Miliar)

Larry Ellison (123rf.com)
Larry Ellison (123rf.com)

Meskipun tidak sepopuler nama lain dalam daftar ini, Larry Ellison sebagai salah satu pendiri atau pemimpin perusahaan teknologi komputer Amerika Oracle berhasil mencatatkan namanya sebagai orang terkaya ke-8 di dunia. Harta yang ia miliki saat ini diprediksi sudah mencapai $106 miliar atau sekitar Rp1,576 triliun. Selain dari Oracle, kekayaan yang dimilikinya diperkirakan berasal dari saham sebesar 98% yang tertanam di Pulau Lanal.

Baca juga: Apa Itu Angel Investor dan Tips Efektif Untuk Mendapatkannya

9. Steve Ballmer ($91,4 Miliar)

Orang yang termasuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia pada tahun 2022 ini adalah mantan CEO Microsoft yang telah bergelut di perusahaan tersebut selama 14 tahun. Saat ini, kekayaannya diprediksi sudah mencapai $91,4 miliar atau sekitar Rp1,360 triliun. Selain karena telah berkarier lama di Microsoft, ia juga merupakan pemilik tim basket Los Angeles Clippers.

10. Mukesh Ambani ($90,7 Miliar)

Nama berikutnya yang masuk di dalam daftar ini adalah industrialis asal India, Mukesh Ambani. Ia merupakan miliuner yang sebagian besar kekayaannya berasal dari perusahaan Reliance Industries Ltd, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, serta retail. Saat ini, harta kekayaan yang dimilikinya diperkirakan sudah mencapai $90,7 miliar atau setara dengan Rp1,350 triliun.

 

Demikianlah daftar orang terkaya di dunia yang mungkin bisa menjadi inspirasi sekaligus memotivasi kamu untuk bekerja, berinvestasi, atau berbisnis lebih giat lagi.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!