Link Pcare Eclaim BPJS Kesehatan Terbaru, Akses Disini!

Daniel Esaputra Yoan

08 Oktober 2023

Primary Care Eclaim BPJS Kesehatan
Primary Care Eclaim BPJS Kesehatan

Kesehatan finansial merupakan aspek penting dalam menjaga kesejahteraan hidup. Salah satu cara untuk mengamankan kesehatan finansial adalah melalui program BPJS Kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kesehatan.

Sekarang ini hampir seluruh masyarakat Indonesia telah memiliki BPJS Kesehatan. Salah satu fiturnya adalah aplikasi Primary Care Eclaim atau Pcare Eclaim. Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui setiap kunjungan baik ke puskesmas, klinik hingga laboratorium.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad Mudah Terbaru 2023

Tetapi tidak semua orang dapat mengakses aplikasi ini. Untuk dapat menggunakannya diperlukan username dan password yang hanya akan akan diberikan oleh pihak BPJS sdengan mengikuti prosedurnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang Pcare Eclaim BPJS Kesehatan, manfaatnya, serta langkah-langkah untuk mendaftar.

Link Baru Pcare Eclaim BPJS Kesehatan

Halaman website Pcare Eclaim BPJS Kesehatan pindah alamat link.

Alamat link sebelumnya: pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id. menjadi https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/Login

Peserta jaminan kesehatan dapat mengakses alamat baru PCare Eclaim BPJS Kesehatan di https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim

Apa itu Pcare Eclaim BPJS Kesehatan?

Daftar saham sektor kesehatan yang potensial (123rf.com)
Manfaat Pcare Eclaim BPJS Kesehatan (123rf.com)

Aplikasi ini mulai banyak terlihat melalui beberapa flyer pada fasilitas kesehatan. Dan masih banyak yang belum familiar dengan Pcare karena telbilang masih cukup asing.

Pcare Eclaim adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam proses klaim biaya pengobatan. Melalui Pcare Eclaim, peserta dapat mengajukan klaim secara elektronik, yang memungkinkan proses klaim menjadi lebih cepat, efisien, dan transparan.

Baca juga: Daftar Kekayaan Jusuf Hamka, Bapak Jalan Tol Dermawan yang Tak Lulus Kuliah

Untuk bisa mendapatkannya, peserta harus terdaftar di BPJS Kesehatan untuk tingkat layanan pertama. Karena fitur ini hanya dikhususkan untuk peserta Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Maka, jika ingin menggunakan fitur ini, pastikan Anda terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri maupun instansi dengan golongan satu.

Manfaat Menggunakan Pcare Eclaim

Seperti yang sudah disebutkan diatas, terdapat banyak manfaat bagi peserta dengan menggunakan Primary Care Eclaim. Berikut ini adalah manfaat yang diterima peserta:

1. Pengajuan Klaim Mudah dan Cepat

Dengan Pcare Eclaim, peserta tidak perlu lagi mengurus berkas klaim secara fisik. Semua proses dapat dilakukan secara online melalui platform yang disediakan, menghemat waktu dan tenaga.

2. Transparansi Informasi

Peserta dapat memantau status klaim secara real-time melalui akun Pcare Eclaim mereka. Ini memungkinkan peserta untuk mengetahui perkembangan klaim serta jumlah biaya yang akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

3. Penghematan Biaya

Dengan proses klaim yang lebih efisien, peserta dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul akibat proses klaim yang rumit.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video, Simak Panduan Lengkapnya!

4. Histori Kesehatan

Pcare Eclaim juga mencatat riwayat klaim kesehatan peserta. Hal ini dapat membantu peserta untuk melacak pengeluaran kesehatan mereka dari waktu ke waktu.

Cara Mendaftar Pcare Eclaim

Daftar emiten saham sektor kesehatan.
Cara mendaftar Pcare Eclaim

Untuk mendaftar Pcare Eclaim BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi atau website. Tetapi untuk mendapatkan username dan kata sandi, peserta perlu datang ke kantor BPJS terdekat. Setelah itu peserta dapat melakukan pendaftaran di Pcare Eclaim via app atau website.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal!

Berikut ini adalah cara mendaftar Primary Care Eclaim BPJS Kesehatan.

  1. Akses Link Pcare Eclaim: kunjungi situs Pcare Eclaim di https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/Login dan login ke akun peserta Anda.
  2. Pilih Menu Pcare: Setelah masuk ke akun, pilih menu atau opsi yang berkaitan dengan Pcare Eclaim.
  3. Isi Data Diri: Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengisi informasi pribadi dan nomor BPJS Kesehatan Anda.
  4. Verifikasi Identitas: BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi identitas peserta untuk memastikan keabsahan data yang diinputkan.
  5. Aktivasi Akun Pcare Eclaim: Jika proses verifikasi berhasil, Anda akan menerima instruksi untuk mengaktifkan akun Pcare Eclaim.
  6. Mulai Gunakan Pcare Eclaim: Setelah akun diaktifkan, Anda dapat mulai menggunakan Pcare Eclaim untuk mengajukan klaim biaya pengobatan.

Dengan menggunakan Pcare Eclaim, peserta dapat menjaga kesehatan finansial mereka dengan lebih baik, menghindari biaya tambahan yang tidak perlu, dan memiliki kendali lebih atas proses klaim kesehatan mereka.

Selain menjaga kesehatan finansial melalui BPJS Kesehatan, langkah selanjutnya dalam meraih stabilitas keuangan adalah dengan berinvestasi. Salah satu platform terpercaya untuk memulai perjalanan investasi Anda adalah BMoney.

Baca juga: Deposito Syariah: Pengertian, Akad, dan Perhitungannya

Dengan BMoney, Anda dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan dari pasar saham dan reksa dana untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda. Jangan biarkan kesempatan berlalu begitu saja, mulailah berinvestasi melalui BMoney sekarang dan jadikan masa depan keuangan yang lebih baik.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!