Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

Yudhianto Thohirin

23 Maret 2022

(123rf)
(123rf)

Kamu mungkin pernah atau cukup sering mendengar kata cuan, baik dalam obrolan sehari-hari maupun di media sosial. Kamu juga bisa menemukan kata cuan di banyak judul artikel berita perdagangan dan ekonomi di media online atau tips-tips bisnis. Bagi kamu penggemar film Filosofi Kopi, cuan tentu tak asing lagi karena kata ini sempat muncul dalam film tersebut. Bahkan kini kata cuan juga dijadikan merek dagang seperti Kopi Cuan.

Kata cuan saat ini menjadi kata gaul yang cukup populer dipakai oleh banyak orang. Meski sudah sering digunakan, arti cuan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) belum ada. Lantas, apa sebenarnya arti cuan? Berikut ini penjelasan tentang apa itu cuan dan hal-hal yang berkaitan dengan cuan.

Apa Itu Cuan

Cuan adalah kata yang berasal dari bahasa Hokkien atau Hokkian, daerah China bagian selatan. Berasal dari kata zhuan/choan/cuan, cuan artinya mendapatkan atau menghasilkan uang. Kata cuan kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dan arti cuan menjadi untung atau uang.

Bahasa Hokkien sendiri adalah salah satu cabang bahasa Minnan (Min Selatan) yang menjadi bagian dari bahasa Han. Bahasa Hokkien digunakan terutama di provinsi Fujian, provinsi Guangdong, dan juga Taiwan. Bahasa Hokkien menyebar ke Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura karena orang-orang Hokkien yang merantau. 

Di Indonesia, bahasa Hokkien umumnya menjadi bahasa ibu komunitas Tionghoa-Indonesia di Medan, Kepulauan Riau, Palembang, dan beberapa daerah lainnya. Karena itu, tidak sedikit kosakata bahasa Hokkien yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Beberapa kata tersebut selain cuan adalah tahu (tau-hu), loteng (lau-teng), bakso (bak-sou), dan siomai (siau-mai).

Cuan adalah kata yang kerap digunakan oleh pengusaha Tionghoa untuk menyebut keuntungan atau laba yang diperoleh. Kata ini cukup umum digunakan oleh mereka dalam obrolan bisnis. Karena di Indonesia banyak pengusaha Tionghoa, kata cuan pun semakin dikenal luas dan dipakai oleh pengusaha lokal dan masyarakat umum.

Baca jugaInvestasi Reksadana, Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Arti Cuan, Cengli, dan Cincai

Cuan adalah
(123rf)

 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, cuan adalah mendapatkan atau menghasilkan uang. Cuan juga artinya untung atau uang. Karena inilah kata cuan cukup melekat dengan dunia bisnis. Namun, jika digali lebih dalam, kata cuan tidak terbatas pada soal mendapatkan untung atau laba berupa uang. Ada prinsip dalam berbisnis orang Tionghoa yang tidak hanya tentang keuntungan dan uang yang didapat, yaitu cuan, cengli, dan cincai. 

Cuan, cengli, dan cincai ini sebenarnya adalah kata sehari-hari bahasa Hokkien. Ketiga kata ini menjadi prinsip hidup yang diturunkan secara turun-temurun.

Selain mendapat untung berupa uang, cuan artinya adalah mendapatkan manfaat atau segala sesuatu yang dapat memberi manfaat. Seorang pengusaha tidak hanya menjalankan bisnisnya demi memperoleh uang, tetapi juga mendapat manfaat. Biasanya pengusaha yang menganut prinsip cuan mengutamakan penghematan dan kesederhanaan demi memperoleh untung dan juga manfaat.

Baca jugaApa Itu Modal Investasi? Pengertian dan Manfaatnya

Cengli adalah sudah sepatutnya atau semestinya, masuk akal, lurus hati atau jujur. Berbeda dengan cuan, kata cengli sudah ada dalam KBBI. Cengli adalah kejujuran. Ini merupakan prinsip yang harus dipegang seorang pengusaha ketika ia berbisnis. Jangan berbuat curang atau menipu sehingga tidak bisa menjaga kepercayaan orang lain. Cengli juga dapat diartikan adil, yaitu berbuat adil ketika berbisnis atau berdagang.

Kata selanjutnya adalah cincai. Cincai adalah seseorang yang mudah diajak kompromi, fleksibel, dan maklum. Biasanya orang yang cincai punya sikap lebih suka mengalah dan merendah. Dalam berbisnis, seorang pengusaha yang cincai adalah yang mudah diajak kompromi. Dia juga bisa fleksibel, tidak kaku dalam setiap keadaan.

Prinsip cuan, cengli, dan cincai bisa kamu pakai ketika berbisnis. Berbisnis itu sebenarnya simpel dan tidak perlu banyak omong. Bersikaplah jujur dan adil, serta memberikan kemudahan kepada orang lain. Keuntungan atau cuan adalah hal yang memang diutamakan oleh seorang pengusaha. Namun, berbisnis tak selamanya soal uang. Pertimbangkan juga manfaat jangka panjangnya.

Baca jugaBiaya Investasi, Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Pengertian Cuan For Life

Kata cuan kini banyak dipakai masyarakat umum di mana-mana di berbagai kesempatan. Para selebriti dan influencer turut menggunakan kata ini saat berbicara tentang bisnis mereka. Dunia periklanan pun memakai kata cuan untuk promosi produk mereka. 

Semakin ke sini kata cuan kemudian berkembang dan muncul istilah baru. Salah satu istilah yang berkaitan dengan cuan adalah ‘cuan for life’ yang mungkin pernah kamu dengar. ‘Cuan for life’ adalah melakukan suatu usaha dalam hidup ini yang bisa menghasilkan keuntungan. Misalnya menjual apapun yang bisa menarik keuntungan berupa uang. Meskipun hanya sedikit laba yang didapat, yang penting cuan! ‘Cuan for life’ bisa juga diartikan melakukan segala sesuatu semata-mata hanya untuk menghasilkan untung atau uang.

Istilah lainnya yang berhubungan dengan cuan adalah ‘cuan adalah koentji’. Di sini, cuan artinya keuntungan menjadi sebuah kunci sukses hidup. Jika ingin sukses dalam hidup, kamu harus cuan atau mendapat untung.

Selain itu ada juga sebutan mental cuan. Maksudnya mental cuan adalah mental yang pintar mencari untung. Hal ini baik selama tidak berlebihan. Pasalnya, mental cuan yang berlebihan bisa membuat kondisi finansialmu menjadi buruk. Kamu hanya tergiur pada hasil yang didapat tanpa memperhitungkannya secara matang dan bijak. Kamu juga bisa terjebak pada perbuatan atau cara-cara tidak baik demi meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

Baca jugaPengertian Investasi Jangka Panjang dan Jenisnya

Arti Cuan Dalam Investasi

cuan adalah
(123rf)

 

Selain dalam bisnis dan obrolan sehari-hari, kata cuan juga cukup sering dipakai dalam dunia investasi, terutama dalam investasi saham. Kata ini digunakan para pedagang saham, forex, dan investasi lainnya untuk menunjukkan kondisi mereka yang sedang untung.

Di dalam investasi, cuan artinya take profit atau investor yang menjual saham di atas harga belinya. Dengan kata lain, seorang investor yang cuan adalah ketika berhasil meraup keuntungan dan keuntungan ini biasanya berasal dari capital gain (kenaikan yang terjadi pada suatu saham dalam penjualan saham).

Dalam investasi saham, kamu bisa dikatakan cuan jika harga jual saham lebih tinggi dibandingkan harga beli. Semakin besar selisih antara harga jual dan harga beli saham, semakin besar pula cuan yang akan kamu peroleh.

Baca jugaApa Itu Investasi Bodong? Kenali Ciri dan Jenisnya di Sini

Kebalikan dari cuan adalah boncos. Ini juga kata yang perlu kamu tahu jika ingin menekuni investasi. Kata boncos dipakai ketika mengalami kerugian atas saham yang dibeli. Investor menggunakan kata ini jika portofolio yang dimilikinya sedang turun atau minus. Boncos juga diartikan sebagai tindakan investor yang menjual saham di bawah harga beli dan merugi. Istilah lain dari boncos adalah cut loss.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu cuan. Jika tertarik terjun ke dunia bisnis atau investasi, penting untuk mengetahui arti cuan dan kata atau istilah lain yang berkaitan dengan cuan. Jadi, apa kamu sudah cuan hari ini?

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!