Kelebihan Reksa Dana Ashmore Dana USD Nusantara yang Perlu Kamu Tahu!

Uji Agung Santosa

02 Januari 2024

Ashmore Dana USD Nusantara (123rf.com)
Ashmore Dana USD Nusantara (123rf.com)

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia semakin melek investasi sehingga tidak sedikit dari mereka yang mencari produk investasi terbaik untuk memberikan keuntungan. Itulah sebabnya, makin banyak produk investasi yang dihadirkan dengan berbagai macam pilihan berdasarkan tingkat imbal balik, risiko investasi, dan spesifikasinya.

 

Salah satu instrumen investasi yang bisa menjadi alternatif aset dalam berinvestasi adalah reksa dana pendapatan tetap USD dengan produk yang dikenal sebagai Ashmore Dana USD Nusantara (ADUN). 

Produk ini memiliki keunggulan berupa fitur pembagian semi-annual dividend sehingga investor bisa mendapatkan imbal hasil dalam bentuk dividen sebanyak dua kali dalam setahun. Peluncuran produk reksa dana Ashmore Dana USD Nusantara ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang antusias dalam berinvestasi.

Saat ini, banyak lembaga keuangan yang sudah menyediakan reksa dana Ashmore Dana USD Nusantara sebagai produk yang dapat dijadikan pilihan dalam berinvestasi. Lembaga keuangan yang menyediakan produk tersebut biasanya berupaya untuk memfasilitasi nasabah agar dapat melakukan diversifikasi mata uang untuk beragam produk.

ADUN sendiri merupakan salah satu produk reksa dana tetap berdenominasi dolar AS yang dikelola oleh Ashmore Assets Management Indonesia Tbk. Nah, sebelum membaca lebih lanjut tentang produk ini, pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan reksa dana pendapatan tetap berdenominasi dolar AS.

Reksa Dana Pendapatan Tetap Berdenominasi USD

Reksa dana pendapatan tetap berdenominasi dolar AS (USD) atau disebut juga Reksa Dana Pendapatan Tetap Dolar merupakan instrumen berupa surat utang yang diterbitkan Pemerintah Indonesia atau korporasi yang berdenominasi USD.

Beberapa efek Reksa Dana Principal Dollar Bond berisikan obligasi negara di antaranya adalah seri INDON 35, INDON 38, dan INDON 42. INDON sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dalam denominasi dolar AS dan dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap.

Sesuai dengan namanya, perhitungan harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) jenis reksa dana ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan dolar AS. Saat memilih untuk berinvestasi di instrumen ini, tentu saja investor juga perlu mempertimbangkan risiko dan keuntungan tersendiri yang berbeda dengan instrumen lainnya.

Sebagai contoh, perbedaan nilai tukar mata uang pada jenis reksa dana ini berpotensi memunculkan keuntungan sekaligus risiko. Reksa dana USD tidak hanya hadir dalam bentuk reksa dana pendapatan tetap saja, tapi juga saham, campuran, dan lain sebagainya.

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Cara Kerja, Risiko, dan Keuntungan Investasinya

Apa Itu Ashmore Dana USD Nusantara?

Mengenal Reksadana Ashmore Dana Obligasi Nusantara.
Mengenal Reksadana Ashmore Dana USD Nusantara.

Ashmore Dana USD Nusantara atau biasa disingkat ADUN adalah produk reksa dana jenis pendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan investasi dalam denominasi dollar Amerika Serikat dengan berinvestasi pada efek bersifat utang yang juga dapat menurunkan tingkat risiko melalui pemilihan penerbit surat berharga secara selektif.

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk. selaku manajer investasi dari ADUN berpendapat bahwa produk ini cocok dijadikan sebagai alternatif diversifikasi para nasabah untuk aset finansial berdenominasi USD yang memiliki kebutuhan arus kas berjangka. 

Masyarakat yang tertarik untuk memiliki produk ini bisa memperolehnya melalui bank yang menyediakan produk ADUN atau melalui berbagai aplikasi investasi. Nah, salah satu aplikasi investasi yang andal dan terpercaya adalah BMoney

Melalui BMoney, nasabah dapat melakukan transaksi berupa jual-beli produk investasi, seperti reksa dana, obligasi, dan juga mendapatkan berbagai informasi terkait investasi. Keuntungan lainnya, investasi di aplikasi ini bisa dilakukan dengan modal minimum, yakni mulai dari Rp10 ribu saja.

Baca juga: Reksadana Sucorinvest Money Market Fund, Kelebihan dan Simulasinya

Tujuan Investasi Ashmore Dana USD Nusantara

Reksa dana Ashmore Dana USD Nusantara (ADUN) merupakan instrumen yang diterbitkan dengan tujuan untuk memberikan pengembalian investasi yang lebih menguntungkan dan variatif melalui aset finansial berdenominasi USD.

Menurut beberapa literatur keuangan, Ashmore Dana USD Nusantara merupakan salah satu reksa dana yang berhasil memutar hingga 98,83% dari aset dasar di obligasi pemerintah berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS).

Hal yang menguntungkan dari produk kelolaan PT Ashmore Asset Management Indonesia ini adalah kebijakan investasi yang dapat secara leluasa menempatkan sekitar 80-100 persen dana investasi di efek bersifat utang milik pemerintah Indonesia atau badan usaha milik negara (BUMN). Rata-rata investasi ADUN ini menempatkan 0-20 persen dananya di instrumen pasar uang.

Selain memberikan kenyamanan bagi nasabah untuk dapat melakukan diversifikasi produk, ADUN juga bertujuan untuk memberikan pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada tingkat suku bunga simpanan. 

Baca juga: Pahami Cara Kerja Reksa Dana Sebelum Berinvestasi 

Manajer Investasi dan Bank Kustodian Ashmore Dana USD Nusantara

Keuntungan Investasi Reksadana di BMoney
Klik gambar untuk tahu lebih banyak!

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, disebutkan bahwa manajer investasi dari produk investasi yang satu ini adalah Ashmore Assets Management Indonesia dengan Bank HSBC Indonesia sebagai bank kustodiannya. 

1. Ashmore Assets Management Indonesia

Ashmore Assets Management Indonesia adalah perusahaan manajer investasi yang berbasis di Jakarta dan sudah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Pasar Modal untuk melakukan kegiatan bisnisnya. Kegiatan utama yang dilakukan perusahaan tersebut adalah mengelola produk reksa dana dan portfolio klien, baik dari institusi maupun ritel, di berbagai level atau skala nasional dan internasional.

Salah satu keunggulan dari MI yang satu ini adalah kredibilitas yang dimiliki oleh para profesional dengan banyak pengalaman manajemen investasi di dalamnya, baik yang sudah lama berkecimpung di dunia manajemen investasi dalam negeri maupun di luar negeri. Perlu diketahui bahwa perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Ashmore Investment Management Ltd. yang berlokasi di Inggris.

2. Bank HSBC Indonesia

Bank HSBC Indonesia adalah bank yang ditunjuk sebagai bank kustodian atas produk ADUN. Sebagai institusi perbankan yang sudah beroperasi selama 125 tahun lebih di Indonesia, bank yang merupakan bagian dari HSBC Group ini dikenal karena menyediakan layanan berstandar internasional. Mulai dari tabungan, deposito, investasi, hingga asuransi. 

Baca juga: Daftar Pertanyaan tentang Reksa Dana yang Penting Diketahui Pemula

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Ashmore Dana USD Nusantara atau ADUN dan apa tujuan investasi yang bisa dicapai dengan instrumen tersebut. Dengan pengelolaan investasi yang profesional, peluang keuntungan dan manfaat yang didapatkan nasabah dengan berinvestasi di produk ini pun jadi lebih optimal.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang ingin berinvestasi di instrumen tersebut. Bagi kamu yang juga tertarik untuk berinvestasi di produk reksa dana Ashmore Dana USD Nusantara, download aplikasi BMoney sekarang melalui App Store atau Play Store agar dapat mempermudah kamu dalam melakukan transaksi reksa dana!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!