Reksadana Sucorinvest Money Market Fund, Kelebihan dan Simulasinya

Uji Agung Santosa

02 Februari 2023

Rekomendasi reksadana Sucorinvest Money Market Fund (123rf.com)
Rekomendasi reksadana Sucorinvest Money Market Fund (123rf.com)

Sucorinvest Money Market Fund (SMMF) merupakan salah satu rekomendasi reksa dana pasar uang terbaik tahun 2023 yang bisa dipilih sebagai tujuan berinvestasi terutama bagi pemula. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rekomendasi tersebut, mari menyelisik lebih dulu tentang reksa dana pasar uang dan hal terkait lainnya.

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang?

Reksa dana pasar uang merupakan satu dari empat jenis reksa dana yang paling diminati karena dinilai lebih aman dari fluktuasi penurunan harga. Ini karena seluruh instrumen pasar uang yang terdapat di dalamnya terbilang stabil sehingga memiliki risiko sangat rendah. Tak heran jika reksa dana pasar uang menjadi pilihan paling bijaksana khususnya bagi para pemula.

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang menginvestasikan 100 persen dana kelolaan  investor ke dalam instrumen pasar uang dan dilakukan oleh manajer investasi. Instrumen pasar uang tersebut dapat berupa surat berharga yang memiliki jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun. Misalnya deposito berjangka, obligasi, atau Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Berdasarkan Peraturan OJK, reksa dana pasar uang hanya dapat melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri serta pada efek bersifat utang yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun atau memiliki  sisa jatuh tempo di bawah setahun.

Baca juga: Reksadana Pasar Uang: Jenis, Kelebihan dan Tips Investasinya

Dibanding jenis reksa dana lainnya, investasi pada reksa dana pasar uang memiliki kelebihan paling mudah dicairkan kapan saja. Selain itu, modal yang dibutuhkan sangat kecil mulai dari Rp100 ribu. Apalagi, potensi pengembalian investasinya juga jauh lebih tinggi dari deposito dan tabungan.

Kendati demikian, keuntungan yang didapat tentu tidak sebesar jenis reksa dana lainnya. Ada pula risiko kerugian akibat gagal bayar dan penarikan uang secara besar-besaran (redemption) yang menyebabkan investasi bisa terjual di bawah harga pasar apabila penjualan dilakukan sebelum jatuh tempo.

Setelah memahami sekilas mengenai reksa dana pasar uang, mari mencari tahu lebih jauh mengenai SMMF sebagai salah satu produknya.

Apa Itu Sucorinvest Money Market Fund?

Mengenal Reksadana Sucorinvest Money Market Fund
Mengenal Reksadana Sucorinvest Money Market Fund

Sucorinvest Money Market Fund atau SMMF dinaungi oleh PT Sucorinvest Asset Management yang merupakan anak perusahaan dari Sucorinvest Group. Anak perusahaan yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun dan dikelola oleh tim berpengalaman ini bergerak di bidang penyedia produk dan layanan sekuritas, manajemen aset, dan brokerage.

SMMF sendiri merupakan produk reksa dana pasar uang yang banyak digunakan di aplikasi marketplace reksa dana lantaran andal dan terpercaya sehingga ramai peminat. Terlebih lagi, seiring melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejak pandemi Covid-19 beberapa waktu silam, reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan bijak untuk investasi jangka pendek dan diversifikasi portofolio. Mengingat kinerja reksa dana ini masih tetap positif meskipun yang lainnya tumbang,

Sejauh ini, Sucor Asset Management telah mengeluarkan dua produk reksa dana pasar uang ternama yaitu SMMF dan Sucorinvest Sharia Money Market Fund. SMMF diluncurkan dengan tujuan untuk memberikan tingkat likuiditas tinggi guna memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Reksa Dana Sebelum Berinvestasi

Sementara itu, Sucorinvest Sharia Money Market Fund diluncurkan dengan tujuan yang sama layaknya Sucorinvest Money Market Fund, tetapi sesuai ketentuan syariat Islam. Yakni memberikan tingkat likuiditas tinggi guna memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik, tentunya sesuai prinsip syariah di Pasar Modal Efek Syariah yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah.

Adapun untuk strategi investasi yang ditawarkan Sucorinvest, yaitu menginvestasikan maksimal 65 persen dari aktiva bersih pada efek dengan ketentuan jangka waktu kurang dari setahun.

Berdasarkan performanya, Sucorinvest Money Market Fund dan Sucorinvest Sharia Money Market Fund berhasil menduduki peringkat teratas di banyak marketplace dan aplikasi investasi. Salah satunya di aplikasi BMoney. Lewat aplikasi ini kamu bisa membeli berbagai produk reksa dana dengan harga terjangkau mulai dari Rp10 ribu. Selain itu, aset investasi reksa danamu dijamin aman lantaran dikelola oleh Manajer Investasi andal serta Bank Kustodian yang berada di bawah pengawasan OJK.

Sebagai gambaran, Sucorinvest Money Market Fund berhasil menduduki posisi pertama produk reksa dana pasar uang terbaik di BMoney, aplikasi investasi yang bisa diunduh melalui  Play Store atau App Store, lantaran imbal hasil yang diberikan. 

Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per Januari 2023, pertumbuhan nilai produk SMMF selama setahun terakhir mencapai 4,02 persen. Total dana kelolaan dari SMMF sendiri mencapai triliunan rupiah dan menjadi salah satu yang tertinggi ketimbang produk RDPU lainnya.

Lalu untuk produk Sucorinvest Sharia Money Market Fund, berhasil menduduki posisi ke tiga produk reksa dana pasar uang terbaik di BMoney. Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per Januari 2023, pertumbuhan nilai produk SMMF selama setahun terakhir mampu mencetak imbal hasil hingga 3,73 persen.

Hal ini merupakan prestasi dan menunjukkan stabilitas mengingat pada umumnya reksadana pasar uang menawarkan imbal hasil dengan tingkat pengembalian bervariasi sebesar 3-5 persen per tahun.

Sucorinvest Money Market Fund dan Sucorinvest Sharia Money Market Fund sama-sama memberikan manfaat investasi seperti transaksi likuid alias mudah dicairkan, dana dikelola oleh profesional, serta memberi kenyamanan transparansi dan administrasi. Bahkan, kamu juga bisa berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang termasuk naik haji. Penasaran bagaimana cara kerja jenis investasi ini hingga bisa naik haji?

Simulasi Naik Haji Pakai Reksa Dana

Tips mengumpulkan dana haji dengan investasi reksadana.
Tips mengumpulkan dana haji dengan investasi reksadana.

Dalam mempersiapkan naik haji untuk merampungkan kewajiban rukun islam kelima, lazimnya para jemaah akan memiliki masa tunggu yang lama hingga sekira 7-8 tahun. Biaya yang dibutuhkan pun bisa cukup besar. 

Jika dirinci, keperluan biaya naik haji bisa mencapai hampir Rp100 juta untuk menutupi seluruh pembiayaan mulai dari penerbangan atau tiket pesawat, biaya hidup, biaya akomodasi di Mekah dan Madinah, biaya protokol kesehatan, biaya kesepakatan yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji, hingga pembuatan surat-surat seperti visa.

Mengingat diperlukannya biaya yang tinggi tadi, maka harus dibuat perencanaan dan menyegerakan menabung sejak sekarang agar dapat menunaikan ibadah haji. Nah, untuk mempermudah, kamu sangat bisa memanfaatkan investasi reksa dana sebagai langkah mencapai tujuanmu.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana Per Bulan dan Contohnya

Pilihan yang tepat untuk berinvestasi naik haji tentu saja menggunakan reksa dana Sucorinvest Sharia Money Market Fund. Anggap saja kamu menabung rutin selama 3 tahun menggunakan produk ini. 

Jika rata-rata keuntungan per tahun sekira 6-7 persen dalam keadaan stabil, kamu akan mendapat imbal hasil sekitar 18 persen dalam 3 tahun terakhir. Misalnya, Jika kamu berinvestasi rutin dimulai pada Februari 2023 dengan modal Rp2,5 juta per bulan, imbal hasil yang kamu dapat 3 tahun kemudian yaitu pada Januari 2026 adalah sebesar Rp90 juta.

Jadi, total biaya yang akan kamu peroleh berkisar sebesar Rp106 juta. Artinya, kamu bisa memperoleh biaya haji melebihi perhitungan awal yang semestinya di bawah kisaran Rp15 juta menjadi Rp17 juta setelah menggunakan produk reksa dana seperti Sucorinvest Money Market Fund dan Sucorinvest Sharia Money Market Fund.

Penting diingat bahwa keuntungan yang tercatat merupakan yang telah terjadi di masa lalu sehingga belum tentu akan sama dengan yang terjadi di masa depan. Kendati demikian, jangan jadikan alasan tersebut halanganmu menabung karena masih lebih baik menabung daripada tidak sama sekali.

Jadi, tertarik mencoba?

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!