Prospek dan Harga Saham AMMN, Emiten dengan IPO Terbesar 2023

Uji Agung Santosa

22 Agustus 2023

Aktivitas Penambangan AMMN (https://www.amman.co.id/)
Aktivitas Penambangan AMMN (https://www.amman.co.id/)

Bagi kamu yang ingin berinvestasi saham jangka panjang di sektor pertambangan, ada baiknya mempertimbangkan saham AMMN milik AMMAN Mineral Internasional, emiten yang merilis IPO terbesar tahun ini.

PT Amman Mineral Internasional Tbk. atau Amman Mineral Internasional (AMMAN) adalah perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia setelah Freeport. Perusahaan dengan kode saham AMMN ini mengoperasikan tambang Batu Hijau di Pulau Sumbawa.

 

AMMAN yang merupakan entitas Grup Medco baru saja resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, 7 Juli 2023. Perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan tembaga ini berpotensi meraup dana segar maksimal Rp12,93 triliun. Angka tersebut menjadikan AMMN sebagai emiten dengan emisi Penawaran Umum Perdana atau Initial Public Offering (IPO) terbesar di Asia tahun ini.

Lalu, bagaimana pergerakan saham AMMN dan prospek bisnisnya? Simak artikel ini sampai tuntas!

IPO dan Pergerakan Harga Saham AMMN 

AMMAN Mineral Internasional resmi melantai di BEI pada 7 Juli setelah melaksanakan IPO pada 3-5 Juli 2023. AMMN diketahui menerbitkan 6,328 miliar lot saham baru atau setara 8,8% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO. Setiap saham dibanderol dengan harga penawaran kepada publik Rp1.695 per saham. 

Artinya total emisi yang diperoleh dalam IPO kali ini mencapai Rp10,73 triliun, sebelum dikurangi dengan biaya pencatatan dan lain-lain. Perolehan tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki kapitalisasi pasar awal Rp121,89 triliun saat mulai listing di bursa. 

Hal tersebut membuat AMMN menjadi perusahaan tambang emas paling berharga di bursa dengan valuasi nyaris setara dengan gabungan Merdeka Copper Gold (MDKA) Grup Saratoga dan emiten BUMN Aneka Tambang (ANTM).

Sejak dirilis ke publik, minat investor terhadap IPO perseroan memang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari respons investor institusi maupun ritel pada saat masa penawaran awal (book building) di kisaran Rp1.650-Rp1.775 per saham. Minat investor dalam Penjatahan Terpusat (Pooling) juga cukup tinggi. Jumlah kelebihan permintaan (oversubscription) pada saat IPO hingga 13,6 kali dengan jumlah investor lebih dari 27.000 orang. 

Baca juga: Kinerja Saham NICL: Emiten Tambang dan Mineral Nikel

Selang 30 menit selepas IPO, harga saham AMMN berhasil menguat 20 poin atau 1,18 di level Rp1.715 per lembar saham. Lalu, sepuluh hari setelah IPO, saham AMMN ditutup pada level Rp1.875, naik 75 poin atau 4,17% dalam sehari perdagangan. Penguatan tersebut ditopang oleh jumlah transaksi yang mencapai 5.044 kali dengan perkiraan nilai mencapai Rp117 miliar. 

Kala itu, sejumlah analis menilai kinerja AMMN akan menopang pertumbuhan harga saham. Bila konsisten mengalami peningkatan, minat investor bertambah dan harga sahamnya bakal lebih mudah terkerek, bahkan bisa mencapai Rp2.000 per saham, bahkan lebih.

Harga Saham AMMN Hari Ini

Saham AMMN hari ini.
Saham AMMN hari ini.

Prediksi analis ada benarnya. Harga saham AMMN per Jumat, 11 Agustus 2023, mengalami peningkatan. Saat sesi perdagangan berakhir, saham AMMN ditutup menghijau pada harga Rp3.000 per saham.

Dibandingkan dengan penutupan sehari sebelumnya, harga saham AMMAN Mineral naik 0,33% atau 10 poin. Saham dengan kapitalisasi pasar saat ini mencapai Rp215,75 triliun ini mencatatkan harga tertinggi Rp3.020 serta harga terendah Rp2.990 dalam sehari. 

Baca juga: Kinerja Harga Saham BELI dan Potensi Bisnisnya ke Depan 

Berapa Harga 1 Lot Saham AMMN?

Dalam perdagangan saham, investor biasanya membeli saham dalam satuan lot untuk mempermudah transaksi dan meminimalkan biaya transaksi. Lot saham adalah satuan perdagangan standar yang digunakan di pasar saham. 

Di Indonesia, BEI menggunakan satuan lot saham sebanyak 100 lembar saham, atau kelipatannya. Harga 1 lot saham AMMN akan bervariasi tergantung pada harga saham pada periode tertentu. Adapun rumusnya sebagai berikut:

Harga 1 lot saham AMMN = Harga saham per lembar × Jumlah lembar saham dalam 1 lot

Misalnya, harga saham AMMN hari ini adalah Rp3.000, maka harga 1 lot saham AMMN adalah Rp3.000 × 100 = Rp300.000.

Baca juga: Menilik Harga Saham SLIS, Produsen Sepeda Listrik Indonesia 

Valuasi Saham dan Kinerja Keuangan AMMN

Sejauh ini, AMMN memiliki valuasi yang kompetitif, dinilai murah, dan cenderung menarik dari sisi investor. 

AMMN membukukan penjualan bersih sebesar US$2,8 miliar pada tahun buku 2022, naik 117,9% secara year-on-year (yoy). Sementara itu laba bersih perseroan tumbuh 242,7% secara yoy menjadi sebesar US$1,1 miliar pada 2022.

Dengan jumlah saham yang beredar sebesar 6,3 miliar dan asumsi nilai tukar sebesar Rp 15.000 per dolar AS, valuasi AMMN mencapai 7,4 kali price to earnings (P/E) 2022. Angka ini terdiskon 17,7% dari rata-rata industri yang memiliki PER sekitar 8,6 kali. Sementara itu, AMMN diperdagangkan di 5.2 kali EV/EBITDA atau 3,6% lebih premium dari rata-rata industri. 

Baca juga: Ini Daftar Emiten Saham Migas yang Terdaftar di BEI 

Prospek Bisnis AMMN

Power Plant AMMAN
Power Plant AMMAN

Sejumlah analis memprediksi prospek IPO AMMN cukup menarik dan bakalan cerah kedepannya. Mengapa demikian?

Pertama, AMMN merupakan pemain besar di sektor  tembaga dan emas. 

Data Wood Mackenzie menunjukkan, Tambang Batu Hijau milik AMMN merupakan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, serta memiliki cadangan setara tembaga terbesar kelima di dunia apabila dikombinasikan dengan deposit dalam proyek Elang. AMMN sendiri memiliki tambang Elang yang diprediksi sebagai proyek masa depan dengan profitabilitas cukup bagus. 

Berdasarkan prospektus, tambang Batu Hijau diperkirakan hanya bisa beroperasi hingga 2030. Untuk menggantikan tambang tersebut, AMMN berencana memulai pengembangan tambang Elang pada 2027. Kegiatan penambangan di tambang Elang diperkirakan akan berjalan mulai dari 2031 hingga 2046. 

Kedua, dana dari IPO akan digunakan untuk ekspansi usaha AMMN, meskipun menurut analis, patut dicermati juga bagaimana pergerakan harga komoditas utama AMMN di pasar global karena memengaruhi kinerjanya.

Ketiga, kisaran harga penawaran IPO mencerminkan kapitalisasi pasar AMMN yang signifikan. Dengan capaian market cap saat ini telah menjadikan AMMAN sebagai salah satu dari 10 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Keempat, IPO AMMN juga berdampak positif bagi PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) sebagai salah satu pemegang saham AMMN. IPO AMMN akan memengaruhi posisi MEDC sebagai pemegang saham dengan valuasi yang berpotensi meningkat. 

Lalu, meski kepemilikan saham MEDC di AMMN akan terdilusi, tetapi pendapatan tambahan diharapkan meningkatkan laba bersih MEDC, memberi valuasi lebih menguntungkan, dan potensi gain yang signifikan ketimbang perusahaan sejenis. Singkat kata, dilihat dari prospeknya, saham AMMN layak dikoleksi untuk jangka panjang.

Demikian ulasan mengenai pergerakan harga saham AMMN, harga 1 lot saham AMMN, kinerja keuangan, dan prospeknya. Bagi kamu yang tertarik berinvestasi saham AMMAN Mineral Internasional, coba gunakan aplikasi BMoney yang andal dan tepercaya dengan modal investasi mulai dari Rp10 ribu. Segera unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!