Pergerakan dan Cara Beli Harga Saham BBRI 1 Lot

Uji Agung Santosa

20 Mei 2023

Saham BBRI dan rekomendasinya (123rf.com)
Saham BBRI dan rekomendasinya (123rf.com)

Salah satu saham sektor keuangan yang menjadi incaran para investor adalah BBRI atau saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, tidak heran jika banyak orang berusaha mencari tahu berapa harga saham BBRI 1 lot. Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengetahuinya, yaitu dengan melihat harga saham terkini dikalikan 100. 

Sayangnya, tidak semua orang paham rumus tersebut sehingga diperlukan penjelasan lebih detail untuk mengetahui apa saja potensi yang dimiliki dengan membeli saham BBRI.

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. alias BRI menjadi salah satu bank besar yang dijadikan pilihan favorit para investor untuk menanamkan modalnya dalam bentuk investasi jangka panjang.

Hal tersebut disebabkan oleh fundamental yang kuat dengan pergerakan harga saham BBRI yang relatif stabil dari tahun ke tahun, meskipun fluktuasi jangka pendek tetap tidak bisa dihindari. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi di saham ini, simak dulu penjelasan berikut.

Mengenal Saham BBRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.merupakan BUMN yang bergerak di bidang usaha perbankan sekaligus bank terbesar di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki layanan micro banking terbesar di Indonesia ataupun seluruh dunia.

Selain fokus dalam segmentasi UMKM, BRI juga terus mengembangkan berbagai produk consumer banking dan layanan institusional bagi masyarakat kota melalui layanan e-banking yang didukung oleh 24.684 unit ATM dan 284.426 unit EDC yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Pada tahun 2021, emiten saham BBRI tersebut mencatatkan laba bersih senilai Rp30,7 triliun dengan total pendapatan Rp150,5 triliun. Dengan laba sebesar itu, tidak heran jika bank tersebut rajin membagikan dividen kepada seluruh pemegang saham alias investornya.

Baca juga: Rekomendasi Saham BUKA dan Prospeknya

Pada Maret 2023, emiten pelat merah perbankan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) melaporkan kepemilikan sahamnya dengan modal dasar 300 miliar saham dan modal disetor sebanyak 151.559.001.604 saham.

Dalam laporan tersebut, disebutkan juga jumlah treasury stock atau saham yang dibeli kembali melalui aksi buyback adalah sebanyak 640.321.800 saham. Indonesia merupakan satu-satunya pemegang saham BBRI di atas 5%, yaitu sebanyak 80.610.976.876 atau setara dengan 53,19% dari total saham. 

Sisa saham BBRI dipegang oleh 310.427 investor dengan total 70.948.024.728 saham. Beberapa pemegang saham termasuk jajaran komisaris dan direksi BRI sendiri, seperti Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama BRI yang memegang 442.800 saham atau setara 0,0003% dan Direktur Utama Sunarso yang memegang saham sebesar 2.685.856 atau 0,0017%.

Mulai Investasi Saham, Daftar Aja Udah Cuan

Harga 1 Lot Saham BRI

Sebelum mencari tahu berapa harga saham BBRI 1 lot, pastikan kamu sudah memahami pengertian lot itu sendiri. Satu lot saham setara dengan 100 lembar saham. Demikianlah hitungan saham berdasarkan peraturan mengenai jumlah lembar saham dalam satu lot yang diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi, 1 lot saham BBRI berarti berjumlah 100 lembar saham BBRI.

Lantas, berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli 1 lot saham Bank BRI? Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengetahui harga saham BBRI terkini dikalikan 100. Jika harga saham BBRI hari ini adalah Rp5.150 per lembar, maka harga saham BBRI 1 lot adalah Rp515.000.

Harga 1 lot saham tersebut tentu tidak tetap. Jika harga saham BBRI mengalami kenaikan atau penurunan, maka harga per lotnya pun akan mengikuti harga lembar sahamnya.

Baca juga: Kembali Menggeliat, Begini Kinerja Saham BUMI Terkini

Pergerakan Harga Saham BBRI

Pada 10 November 2003, BRI secara resmi melakukan penawaran publik alias Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan harga saham di angka Rp875 per lembar. 

Jika dilihat secara tren, harga saham BBRI ini cenderung uptrend dalam jangka panjang, kecuali pada saat pandemi COVID-19 pada 2020 lalu yang sempat mengalami penurunan sampai 30% dalam periode 6 Maret - 9 April 2020. 

Penurunan harga saham BBRI tersebut juga diikuti dengan penurunan laba bersih sebanyak 45,70% sepanjang tahun 2020. Namun, jika dihitung dari tahun 2006, harga saham BBRI mengalami kenaikan yang sangat besar, yaitu 1.565.91%.

Sampai akhir perdagangan saham pada Jumat (19/5/2023), harga saham BRI naik sebanyak Rp 200 atau 3,85% ke level Rp 5.400 per saham. Jika dihitung per lot, maka 1 lot harga saham BBRI adalah seharga Rp550.000.

Baca juga: Tertarik Investasi, Ini Harga Saham BCA Per 1 Lot Terbaru

Cara Beli Saham BBRI

Cara beli saham BBRI (123rf.com)
Cara beli saham BBRI (123rf.com)

Setelah mengetahui harga saham BBRI 1 lot, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di saham ini? Jika iya, maka kamu tentu saja perlu melakukan pembelian saham melalui perusahaan sekuritas yang aman dan tepercaya. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu platform investasi yang bisa kamu gunakan untuk membeli saham BBRI adalah BMoney. Platform persembahan Bukalapak dan Ashmore ini memungkinkan investor untuk berinvestasi hanya dengan modal minimum Rp10 ribu.

Baca juga: Apa Itu e-IPO? Berikut Pengertian dan Manfaatnya!

Untuk melakukan pembelian saham BBRI di BMoney, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu, menyelesaikan proses verifikasi data diri, dan melakukan pembukaan rekening saham atau RDN. Setelah RDN terisi saldo, barulah kamu bisa membeli saham dengan cara berikut.

1. Pilih Saham yang Akan Dibeli

Lihat semua saham emiten terdaftar di laman ‘produk’ atau pakai fitur pencarian untuk memudahkan kamu dalam menemukan saham yang ingin dibeli. Untuk lebih mudahnya, lakukan pencarian dengan mengetik nama emiten atau kode sahamnya. 

Selain saham BBRI, kamu juga bisa membeli saham dari emiten lain dengan melihat referensi saham populer atau yang sedang trending di BMoney, di antaranya adalah saham top value, saham top volume, saham top frekuensi, saham top gainer, dan saham top loser.

2. Gunakan Fitur Watchlist

Setelah menentukan saham yang ingin dibeli, kamu bisa menambahkannya ke Watchlist, yaitu fitur BMoney yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui harga saham dan aset investasi lainnya secara real-time.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak hanya dapat menyimpan saham yang telah dipilih, tapi juga memantau pergerakan saham tersebut dari waktu ke waktu atau mengetahui berbagai informasi terkait saham, seperti harga terakhir, perubahan harga, dan perubahan persentase dari harga saham tersebut.

3. Lakukan Pembelian Saham

Setelah memasukkan saham yang ingin dibeli ke Watchlist, lakukan pembelian dengan cara berikut ini.

  1. Pilih menu Transaksi pada tampilan awal aplikasi, lalu buka Watchlist dan pilih saham yang ingin dibeli.
  2. Masukkan jumlah lot saham yang ingin dibeli dan harga pembelian yang diinginkan. Pastikan saldo RDN cukup untuk membeli saham tersebut.
  3. Klik tombol “Beli” untuk menyelesaikan transaksi, lalu tunggu sampai pembelian saham selesai diproses selama paling lambat 7 hari bursa setelah pembayaran dikonfirmasi.

Baca juga: 10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

 

Setelah mengetahui harga saham BBRI 1 lot dan cara membelinya, apakah kamu tertarik untuk memiliki saham tersebut? Yuk, investasi saham di BMoney yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!