Prospek, Perkembangan, dan Cara Beli Saham GOTO di BMoney

Uji Agung Santosa

23 Mei 2023

Prospek saham GOTO (123rf.com)
Prospek saham GOTO (123rf.com)

Sejak resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), GoTo tercatat memiliki kapitalisasi pasar terbesar dengan kode sahamnya yang bernama GOTO. Mau tahu bagaimana cara beli saham GOTO di BMoney? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. atau GOTO merupakan hasil penggabungan antara dua perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, yaitu Gojek dan Tokopedia. Gojek merupakan perusahaan layanan transportasi dan pengiriman yang didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Gojek yang mulanya hanya menyediakan layanan ojek online kemudian berkembang menjadi platform yang menyediakan berbagai layanan seperti pengiriman makanan (GoFood), layanan logistik (GoSend), pemesanan transportasi (GoRide dan GoCar), serta layanan keuangan (GoPay).

Baca juga: Apa Itu Investasi Saham? Keuntungan, Risiko, dan Cara Membelinya

Bahkan, Gojek berhasil menjadi salah satu "decacorn" (perusahaan teknologi dengan valuasi di atas 10 miliar dolar AS) yang berhasil meraih popularitas dan meluaskan jangkauannya ke berbagai negara di Asia Tenggara.

Sementara itu, Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Dengan pertumbuhan yang pesat, Tokopedia terus memperluas layanannya, termasuk meluncurkan fitur pembayaran digital (Tokopedia Pay) dan berbagai inisiatif untuk mendukung usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Pada Mei 2021, Gojek dan Tokopedia mengumumkan salah satu penggabungan terbesar dalam sejarah perusahaan teknologi di Asia Tenggara dengan membentuk GoTo Group. 

Penggabungan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem digital yang komprehensif, mengintegrasikan layanan transportasi, pengiriman, pembayaran, dan perdagangan elektronik. GoTo Group memiliki visi untuk melayani kebutuhan konsumen secara holistik dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

 

Sekilas Tentang GoTo dan Saham GOTO

Saat ini, GoTo yang berbasis di Jakarta dan memiliki setidaknya 55 juta pengguna merupakan perusahaan induk yang bergerak di bidang layanan digital, dengan 14 anak perusahaan di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Perusahaan ini menyediakan layanan transportasi on-demand (Gojek), e-commerce (Tokopedia), dan layanan keuangan (GoTo Financial), yang seluruhnya tercakup dalam bidang pembuatan perangkat lunak dan transaksi komersial melalui sarana elektronik. 

Pada 15 Maret 2022, GoTo mengumumkan rencananya untuk meluncurkan penawaran saham publik (Initial Public Offering) di masa depan. Selang sebulan setelah pengumuman, tepatnya pada 11 April 2022, GoTo resmi terdaftar di BEI dengan kode saham bernama GOTO. Proses IPO ini kabarnya telah menghabiskan dana mencapai Rp15,2 triliun.

Baca juga: Cara Beli Saham IPO dengan Mudah untuk Investor Pemula

Prospek dan Perkembangan Saham GOTO

Prospek dan perkembangan saham GOTO.
Prospek dan perkembangan saham GOTO.

Sejauh ini, harga saham GOTO cenderung fluktuatif. Ada saatnya bergerak liar dan cenderung lesu, tapi tak jarang pula mendadak melesat. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi, mulai dari kinerja keuangan yang lebih tinggi atau lebih rendah dari perkiraan, peningkatan dan penurunan suku bunga,  hingga penambahan atau pengurangan kepemilikan saham. 

Namun yang pasti, para ahli sepakat bahwa prospek saham GOTO diproyeksi bakal terus tumbuh positif dengan performa stabil setidaknya hingga lima tahun ke depan.

Menilik perkembangannya, GOTO melepaskan 40.615.056.000 lembar saham baru ketika pertama kali IPO. Harga penawaran yang diberikan Rp338 per lembar dengan nilai nominal Rp1 per lembar saham kepada publik. Dari IPO tersebut, GOTO berhasil meraih keuntungan sebesar Rp15,8 triliun dari para pemegang saham.

Bahkan, proses IPO GOTO merupakan yang terbesar dalam catatan pasar modal Tanah Air. Hal ini lantaran ada 3 saham sekaligus yang akan diperoleh para investor ketika membeli GOTO, yakni dari perusahaan GoTo Financial, Gojek, dan Tokopedia.

Baca juga: Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Tanpa Ribet

Harga Saham GOTO

Nah, bagi kamu yang tertarik berkontribusi sebagai pemegang saham GOTO, jangan lupa untuk rutin mengecek berapa harga sahamnya. Sebagai gambaran, harga saham GOTO per 19 Mei 2023 adalah Rp115 per lembar. Berdasarkan harga per lembar saham, maka perhitungan 1 lot saham GOTO yaitu  Rp115 x 100 lembar = Rp11.500.

Penting diingat, satuan lot saham yang digunakan di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdiri dari 100 lembar saham. Artinya, dengan membeli satu lot saham, maka nilainya akan setara 100 lembar saham.

Tak kalah penting, informasi terkait harga dan perkembangan saham GOTO dapat berubah seiring waktu. Kamu bisa memastikannya lewat Google dengan kata kunci seperti “harga saham GOTO” untuk mendapatkan informasi yang up-to-date. Selain itu, kamu juga dapat mengecek harga saham GOTO dengan mudah di aplikasi BMoney.

Baca juga: Tertarik Investasi, Ini Harga Saham BCA Per 1 Lot Terbaru

Cara Beli Saham GOTO di BMoney

Panduan cara beli saham di BMoney.
Panduan cara beli saham di BMoney.

Sebelum membeli saham GOTO di BMoney, kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasi BMoney dan melakukan pendaftaran akun, lalu membuka rekening investasi saham menggunakan e-KTP asli dan rekening bank atas namamu sendiri. Berikutnya, ikuti panduan berikut.

1. Isi formulir elektronik

Setelah mengaktivasi akun dan mendaftar rekening saham di BMoney, kamu akan diminta mengisi dan mengirim formulir elektronik pembukaan rekening berisi info diri secara lengkap untuk diverifikasi oleh tim BMoney dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Isi seluruh halaman dengan teliti dan pastikan dokumen yang perlu diunggah dapat terlihat jelas.

2. Buat Rekening Dana Nasabah (RDN)

Pengisian formulir elektronik diperlukan untuk membuat rekening investasi saham sekaligus Rekening Dana Nasabah (RDN). RDN merupakan rekening terpisah yang berfungsi sebagai tempat menyimpan dana nasabah agar tak campur aduk dengan dana di rekening perusahaan sekuritas. 

Saldo RDN wajib terisi karena digunakan untuk keperluan transaksi keuangan. Kamu bisa menambahkan saldo RDN (top-up) sesuai harga saham yang ingin kamu investasikan melalui metode transfer bank.

Baca juga: Cara Beli Saham bagi Para Pemula untuk Mulai Investasi

3. Cari dan pilih saham GOTO

Lihat semua saham emiten yang terdaftar di laman ‘produk’. Gunakan fitur pencarian untuk memudahkan mencari saham GOTO yang diinginkan dengan mengetik nama emiten atau kode sahamnya. Sebelum membeli, lakukan analisis lebih dulu. 

Kamu bisa menambahkan saham GOTO yang akan dibeli ke fitur Watchlist. Lewat fitur ini, kamu bisa menyimpan dan memantau harga saham yang telah dipilih secara real-time.

4. Lakukan pembelian saham GOTO

Jika sudah yakin akan membeli saham GOTO, kamu bisa memulai pembelian dengan langkah berikut.

  • Pilih menu "Transaksi" pada tampilan awal aplikasi atau buka Watchlist, lalu pilih saham GOTO yang ingin dibeli. 
  • Masukkan jumlah lot saham GOTO yang akan dibeli dan harga pembelian yang diinginkan. Pastikan jumlah dana yang tersedia di dalam RDN mencukupi untuk membeli lot saham tersebut.
  • Setelah memasukkan informasi transaksi dengan benar, klik tombol "Beli" untuk menyelesaikan transaksi pembelian saham. 
  • Cek status pembelian pada menu “Transaksi”. Tunggu hingga transaksi pembelian saham selesai diproses oleh BMoney. Pembelianmu akan selesai diproses paling lambat 7 hari bursa setelah pembayaran dikonfirmasi.
  • Untuk memantau pergerakan harga dan performa investasi saham yang dibeli, silahkan cek lewat menu “Daftar Portofolio Saham”.
  • Untuk diketahui, jam perdagangan saham di BEI berlangsung setiap hari Senin-Jumat, mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

 

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Beli Saham di BMoney

Di BMoney tidak ada biaya transaksi yang dibebankan kepada nasabah. Namun, ada biaya yang mungkin dibebankan oleh pihak Manajemen Investasi, dan biaya transaksi di pasar saham. Adapun biaya pembelian saham tergantung pada jumlah saham yang dibeli dan harga saham saat transaksi. Biaya pembelian saham di BMoney sebesar 0,182 persen dari nilai transaksi.

Untuk mempermudah cara beli saham GOTO, saat ini aplikasi BMoney juga telah meluncurkan fitur khusus bagi segmen pengguna premium bernama BMoney Privilege. Melalui fitur ini para pengguna dapat menikmati program investors priority dan melakukan transaksi jual beli saham berbagai emiten di Indonesia dengan aman.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!