Menilik Harga saham HRUM dan Prospek Bisnisnya ke Depan

Uji Agung Santosa

08 Agustus 2023

Kinerja Saham Produsen Batubara HRUM (123rf.com)
Kinerja Saham Produsen Batubara HRUM (123rf.com)

Bagi kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang dengan prospek cerah, tidak ada salahnya mempertimbangkan saham HRUM.

PT Harum Energy Tbk. (HRUM) adalah salah satu perusahaan penghasil batu bara termal yang beroperasi di Indonesia. Selain fokus pada kegiatan penambangan batu bara, perusahaan dengan kode saham HRUM ini juga terlibat dalam sektor logistik. Kedua sektor ini dijalankan di wilayah Kalimantan. 

Melalui anak perusahaannya, Harum Energy mengoperasikan empat tambang batu bara yang menghasilkan batu bara termal berkarakteristik bituminus dengan kadar sulfur rendah serta abu rendah. Sebagian besar produksi ini diekspor ke pasar internasional, sementara 10% sisanya dijual di pasar domestik. 

 

HRUM memiliki jaringan rantai pasokan yang terintegrasi secara vertikal, menghubungkan lokasi tambang perusahaan dengan fasilitas pemuatan kapal di lepas pantai. Perusahaan juga memiliki infrastruktur yang mencakup jaringan jalan angkut, pelabuhan, pabrik pengolahan batu bara, serta armada kapal tunda dan tongkang.

Baca juga: Performa Harga Saham INCO dan Prospeknya ke Depan

Harga Saham HRUM

Harga saham HRUM hari ini, Jumat, 4 Agustus 2023, mengalami penurunan. Saat sesi perdagangan berakhir, saham HRUM ditutup merah pada harga Rp1.605 per saham.

Dibandingkan dengan penutupan sebelumnya, Kamis, 3 Agustus 2023, harga saham Harum Energy turun 2,13% atau 35 poin dari Rp1.640. Saham dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp21,7 triliun ini dibuka lebih tinggi di posisi Rp 1.640. Mencatatkan harga tertinggi Rp1.665 serta harga terendah Rp1.600 dalam sehari, dan telah berfluktuasi di kisaran Rp1.205-Rp2.050 sejak pertama melantai di bursa.

Berapa Harga 1 Lot Saham HRUM?

Harga saham HRUM.
Harga saham HRUM.

Dalam perdagangan saham, investor biasanya membeli saham dalam satuan lot untuk mempermudah transaksi dan meminimalisasi biaya transaksi. Lot saham sendiri merupakan satuan perdagangan standar yang digunakan di pasar saham. Setiap lot saham memiliki jumlah lembar saham yang ditentukan, bergantung pada aturan bursa efek di negara tempat saham tersebut diperdagangkan.

Di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI)menggunakan satuan lot saham sebanyak 100 lembar saham. Transaksi saham harus dilakukan dalam kelipatan lot tersebut dan tidak dapat dilakukan dalam jumlah kurang dari itu, misalnya 200 lembar saham, 300 lembar saham, dan seterusnya. Harga 1 lot saham HRUM akan bervariasi tergantung pada harga saham pada periode tertentu.

Untuk menghitung harga 1 lot saham HRUM, kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Harga 1 lot saham HRUM = Harga saham per lembar × Jumlah lembar saham dalam 1 lot

Misalnya, harga saham HRUM hari ini adalah Rp1.605, maka harga 1 lot saham HRUM adalah Rp1.605 × 100 = Rp160.500.

Baca juga: Kinerja Harga Saham BELI dan Potensi Bisnisnya ke Depan

Pergerakan Harga Saham HRUM dari Tahun ke Tahun

Pergerakan Saham HRUM Dari Waktu Ke Waktu
Pergerakan Saham HRUM Dari Waktu Ke Waktu

Saham PT Harum Energy Tbk. (HRUM) terdaftar di BEI pada tahun 2010 di Papan Utama dengan harga Rp5,200 per lembar saham dan 500 miliar lembar saham yang beredar di masyarakat. Per 20 Februari 2021, saham HRUM mencapai level Rp7.150 setelah naik 1,06% dalam perdagangan Jumat, 19 Februari 2021.

Berdasarkan data RTI per 20 Februari 2021, PER HRUM tercatat 37.77 kali, sedangkan PBV-nya mencapai 3.85 kali. Lalu, pada Maret 2021, data RTI mencatat harga saham HRUM sudah melonjak 222% sejak 3 bulan sebelumnya. Hingga 5 Agustus 2023, total kenaikannya sebesar 50%.

Persentase kenaikan yang cukup tinggi dan membuat harga saham HRUM sangat mahal bukan berarti saham tersebut tidak layak beli, melainkan mencerminkan performa yang sangat baik dari suatu perusahaan, pertumbuhan yang kuat, atau prospek yang menarik bagi investor.

Pada 2023, Harga saham HRUM melemah 8,33% sejak awal tahun , dan berada di level Rp1.485 per lembar saham pada bulan April. Meskipun demikian, sepanjang bulan Maret, saham HRUM tergolong likuid di pasar dengan rata-rata total transaksi harian sebesar Rp24,43 miliar, dan volume perdagangan mencapai 3.302.706 lot.

Pada perdagangan Rabu, 2 Agustus 2023, saham HRUM kembali menurun 3,26% menjadi Rp 1.630 per saham. Padahal saham HRUM masih mengalami kenaikan tipis 0,62% secara year-to-date.

Dari segi teknikal, saham HRUM telah mengalami breakout pola inverted head and shoulders sehingga menunjukkan tren bullish yang kuat. Namun, saham HRUM memiliki potensi mengalami koreksi atau konsolidasi sebelum melanjutkan pergerakan kenaikannya.

Baca juga: Pergerakan Harga Saham TINS dan Performanya

Riwayat Kinerja Keuangan HRUM

Pertumbuhan HRUM dalam rentang 4 tahun sejak 2017-2020 tidak terlalu positif, terlebih pada komponen pendapatan dan laba bersih. Di satu sisi, perusahaan memang berhasil meningkatkan total aset rata-rata tahunan sebesar 4,4%. Namun, angka CAGR perusahaan yang minus -0,33% dan -1,1% menunjukkan perusahaan juga mengalami kesulitan dalam mempertahankan kinerja finansial setiap tahunnya.

Kabar baiknya, walaupun dihadapkan pada tekanan harga batu bara global, kinerja keuangan HRUM selama 9 bulan pertama tahun 2020 justru menarik minat investor. Terutama karena laba bersihnya mengalami kenaikan sebesar 60%, sedangkan saingan HRUM seperti PTBA dan ADRO justru mengalami penurunan. Stabilitas posisi keuangan perusahaan menjadi indikator yang kuat bahwa HRUM adalah perusahaan yang sehat.

Meski begitu, pendapatan HRUM di periode sama hanya mencapai US$136,1 juta, menurun sebesar 32% secara yoy. Penurunan pendapatan HRUM terkait dengan penurunan harga rata-rata jual batu bara pada kuartal III 2020 yang turun 13% dari periode sama tahun sebelumnya serta penurunan volume penjualan batu bara sebesar 27%.

Penurunan harga ini mencerminkan tren penurunan harga batu bara global sepanjang tahun.

Lalu, pada kuartal I 2022, HRUM berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan yang positif dengan kenaikan sebesar 16,5%. Meskipun terdapat larangan sementara ekspor batu bara pada Januari 2022, volume penjualan HRUM tetap naik sebesar 7,7%. Begitu pula dengan harga jual rata-rata batu bara (ASP) yang naik 31,6% dibanding kuartal IV 2021.

Kinerja HRUM sepanjang 2022 juga mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 306% yoy, didorong oleh peningkatan pendapatan sebesar 169% yoy. Lebih lanjut, pada semester I 2023, pendapatan HRUM naik mencapai 30,4%, dan laba bersihnya juga meningkat 3,2% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Ini Daftar Emiten Saham Migas yang Terdaftar di BEI

Prospek Bisnis HRUM

Prospek bisnis HRUM.
Prospek bisnis HRUM.

Sejauh ini, sejumlah analis memprediksi bahwa PT Harum Energy Tbk. (HRUM) masih memiliki prospek yang menarik meskipun harga komoditas utamanya, yaitu batubara dan nikel, mengalami penurunan.

HRUM diuntungkan oleh efek trickle-down dari China karena penjualan tertingginya ke negara tersebut. HRUM juga memiliki keunggulan dalam produk batubara berkualitas tinggi dengan nilai kalori (CV) yang membuatnya lebih kompetitif ketimbang pesaing.

Lalu, risiko terhadap perubahan harga nikel pig iron (NPI) terhadap HRUM cenderung lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis. Lonjakan harga jangka pendek yang substansial juga diprediksi tidak akan terjadi dalam waktu dekat lantaran pasokan batubara yang melimpah, serta tekanan ekonomi yang sedang dihadapi oleh China dan pasar global.

Dengan prospek nikel yang besar di beberapa dekade mendatang, bukan tidak mungkin harga saham emiten HRUM bisa lebih tinggi lagi karena didorong permintaan nikel sebagai katalis.

Demikian ulasan mengenai pergerakan harga saham HRUM, kinerja keuangannya, dan harga 1 lot saham HRUM. Bagi kamu yang tertarik berinvestasi saham Harum Energy, coba gunakan aplikasi BMoney yang andal dan tepercaya dengan modal mulai dari Rp10 ribu. Segera unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!