Daftar Saham Jangka Panjang yang Layak Koleksi untuk Masa Depan

Uji Agung Santosa

24 Oktober 2023

Investasi di saham jangka panjang lebih menguntungkan (123rf.com)
Investasi di saham jangka panjang lebih menguntungkan (123rf.com)

Salah satu kegiatan finansial yang dapat memberikan jaminan di masa depan sekaligus keuntungan adalah berinvestasi. Saat ini, banyak orang yang memilih saham sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

 

Bagi kamu yang sedang mencari instrumen investasi jangka panjang, maka dibutuhkan informasi terkait daftar saham jangka panjang yang layak dibeli tahun 2023. Namun, memilih jenis saham yang tepat tentu bukan hal yang mudah. Bahkan, penasihat keuangan berpengalaman sekalipun tidak bisa menebak kondisi pasar saham di masa depan secara akurat.

Salah satu langkah paling aman yang dapat diambil agar dapat berinvestasi jangka panjang adalah memilih saham-saham potensial dari kategori blue chip atau big cap. Kedua istilah tersebut mengacu pada deretan emiten besar yang dikenal dengan kinerja keuangan dan saham yang baik.

Ciri-Ciri Saham Jangka Panjang yang Layak Dibeli

Ciri Saham Jangka Panjang Yang Layak Dibeli (123rf.com)
Ciri Saham Jangka Panjang Yang Layak Dibeli (123rf.com)

Apakah kamu termasuk investor yang baru saja memulai perjalanan investasi saham? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari apa saja ciri-ciri saham yang layak untuk dibeli dan diinvestasikan dalam jangka panjang. 

Penting untuk diketahui bahwa investasi saham jangka panjang akan memberikan keuntungan bernilai cukup besar. Namun, di sisi lain, saham tersebut juga sering kali mendatangkan risiko yang tinggi. Namun, risiko tersebut bisa diminimalisasi jika kamu mengetahui jenis saham potensial.

Meskipun belum andal dalam menentukan saham potensial, hindari memilih saham hanya berdasarkan asumsi. Gunakan tiga ciri saham yang layak dibeli berikut ini sebagai parameter.

Baca juga: Mengenal Saham Preferen, Jenis, Keunggulan, dan Cara Membelinya

1. Kinerjanya Bagus dan Rajin Bagi-Bagi Dividen

Ciri saham jangka panjang potensial pertama adalah memilih saham yang dikeluarkan oleh emiten dengan kinerja perusahaan yang sudah mapan. Salah satunya adalah emiten yang rajin bagi-bagi dividen kepada para pemegang saham.

Kamu bisa melihatnya berdasarkan reputasi dan popularitas. Saham yang kinerjanya bagus sering kali menjadi saham populer yang diincar banyak kalangan, baik investor pemula maupun senior. 

2. Model Bisnisnya Jelas

Sebelum membeli suatu saham, pastikan kamu sudah mengetahui barang atau jasa yang diproduksi emiten yang bersangkutan. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa memprediksi prospek bisnis perusahaan tersebut di masa mendatang.

Oleh karena itu, ciri saham potensial selanjutnya adalah dikeluarkan oleh emiten yang model bisnisnya jelas. Pastikan kamu memilih saham yang diterbitkan oleh emiten dengan kredibilitas tinggi. Misalnya, saham di bidang perbankan atau pertambangan.

3. Kapitalisasinya Besar

Ciri-ciri saham jangka panjang yang layak dibeli selanjutnya adalah diterbitkan oleh emiten yang memiliki kapitalisasi pasar saham yang tergolong besar. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek kapitalisasi pasar perusahaan tersebut di berbagai media informasi bisnis dan investasi. Rata-rata perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar memiliki modal lebih dari Rp500 miliar.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Daftar Saham Blue Chip yang Perlu Diketahui

4. Tingkat Likuiditasnya Tinggi

Ciri-ciri lain yang bisa kamu pertimbangkan saat akan membeli saham jangka panjang adalah memiliki likuiditas yang tinggi. Tingkat likuiditas ini dapat dilihat dari peredaran saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan kepemilikan saham oleh publik. Saham yang likuid biasanya memiliki tingkat peredaran dan kepemilikan publik yang tinggi.

Tingkat likuiditas tinggi yang dimaksud di sini adalah kondisi di mana investor dapat melakukan penjualan kembali saham dengan mudah di masa mendatang. Meski mudah dijual, harga saham instrumen yang satu ini tidak gampang digoreng atau dimanipulasi.

Daftar Saham yang Layak Dibeli Tahun 2023

Daftar Saham Jangka Panjang (123rf.com)
Daftar Saham Jangka Panjang (123rf.com)

Proses pembelian saham jangka panjang di bursa saham memang tidak mudah, terutama jika saham yang kamu incar terbatas dan harganya mahal. Namun, kamu bisa memilih saham-saham yang tersedia sesuai daftar saham potensial. Berikut ini adalah daftar saham jangka panjang yang layak dibeli di tahun 2023.

  1. ACES (Ace Hardware Indonesia Tbk.)
  2. ADRO (Adaro Energy Indonesia Tbk.)
  3. AKRA (AKR Corporindo Tbk.)
  4. AMRT (Sumber Alfaria Trijaya Tbk.)
  5. ANTM (Aneka Tambang Tbk.)
  6. ARTO (Bank Jago Tbk.)
  7. ASII (Astra International Tbk.)
  8. BBCA (Bank Central Asia Tbk.)
  9. BBNI (Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.)
  10. BBRI (Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.)
  11. BBTN (Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.)
  12. BMRI (Bank Mandiri (Persero) Tbk.)
  13. BRIS (Bank Syariah Indonesia Tbk.)
  14. BRPT (Barito Pacific Tbk.)
  15. BUKA (Bukalapak.com Tbk.)
  16. CPIN (Charoen Pokphand Indonesia Tbk.)
  17. EMTK (Elang Mahkota Teknologi Tbk.)
  18. ESSA (Surya Esa Perkasa Tbk.)
  19. EXCL (XL Axiata Tbk.)
  20. GGRM  (Gudang Garam Tbk.)
  21. GOTO (GoTo Gojek Tokopedia Tbk.)
  22. HRUM (Harum Energy Tbk.)
  23. ICBP (Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.)
  24. INCO (Vale Indonesia Tbk.)
  25. INDF (Indofood Sukses Makmur Tbk.)
  26. INDY (Indika Energy Tbk.)
  27. INKP (Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.)
  28. INTP (Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.)
  29. ITMG (Indo Tambangraya Megah Tbk.)
  30. KLBF (Kalbe Farma Tbk.)
  31. MAPI (Mitra Adiperkasa Tbk.)
  32. MDKA (Merdeka Copper Gold Tbk.)
  33. MEDC (Medco Energi Internasional Tbk.)
  34. PGAS (Perusahaan Gas Negara Tbk.)
  35. PTBA (Bukit Asam Tbk.)
  36. SCMA (Surya Citra Media Tbk.)
  37. SIDO (Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.)
  38. SMGR (Semen Indonesia (Persero) Tbk.)
  39. SRTG (Saratoga Investama Sedaya Tbk.)
  40. TBIG (Tower Bersama Infrastructure Tbk.)
  41. TLKM (Telkom Indonesia (Persero) Tbk.)
  42. TOWR (Sarana Menara Nusantara Tbk.)
  43. TPIA (Chandra Asri Petrochemical Tbk.)
  44. UNTR (United Tractors Tbk.)
  45. UNVR (Unilever Indonesia Tbk.)

 

Baca juga: Cara Menghitung Harga Wajar Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula

Berinvestasi Saham Jangka Panjang di BMoney

BMoney
BMoney

Demikian informasi tentang ciri-ciri saham jangka panjang yang layak dibeli tahun 2023. Selain berinvestasi saham, kamu juga bisa menyimpan aset yang kamu miliki dalam bentuk instrumen investasi lainnya. Misalnya, investasi reksa dana yang bisa kamu beli melalui aplikasi BMoney

Melalui aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan trading saham ataupun reksa dana secara mudah dan berinvestasi dengan modal terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribu. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan layanan BMoney Privilege yang hadir untuk memberikan pengalaman investasi eksklusif yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Dengan serangkaian fitur unggulan, BMoney Privilege akan mengubah cara investor dalam berinvestasi dan memberikan akses ke peluang investasi yang eksklusif.

Nah, salah satu fitur yang ditawarkan oleh BMoney Privilege adalah diversifikasi produk investasi. Mulai dari reksa dana, saham, obligasi, sampai emas. Fitur istimewa ini menyediakan lebih dari 70 produk reksa dana konvensional dan syariah serta beragam aset kelas lebih dari 10 manajer investasi andal dan tepercaya.

Untuk instrumen saham, BMoney juga menghadirkan produk terbaru hasil kolaborasi dengan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, yaitu Investasi minim risiko dengan lebih dari 50 produk konvensional dan syariah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!