Menilik Pergerakan Harga Saham WIRG, Saham Teknologi Metaverse

Uji Agung Santosa

04 Juli 2023

Ketahui kinerja saham WIRG, saham teknologi metaverse Indonesia (123rf.com)
Ketahui kinerja saham WIRG, saham teknologi metaverse Indonesia (123rf.com)

Kamu yang berencana menjajal dunia saham atau menambah portofolio investasi di sektor teknologi, tak ada salahnya melirik saham milik PT WIR Asia Tbk. dengan kode saham WIRG. Agar tak salah pilih, yuk cari tahu lebih lanjut mengenai harga 1 lot saham WIRG, pergerakan harga saham WIRG dari tahun ke tahun, dan bagaimana prospeknya.

PT WIR Asia Tbk. adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan teknologi realitas digital (digital reality), termasuk augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI). 

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 dengan nama PT Wirya Innovation, dan kemudian berganti nama menjadi WIR Group (WIRG) pada tahun 2011. Visi WIRG adalah untuk menciptakan dunia metaverse yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Seiring berjalannya waktu, WIR Group telah menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game. Pada tahun 2015, perusahaan ini juga memperluas layanannya ke media dan iklan. 

Saat ini, WIRG diakui sebagai salah satu pemain utama dalam teknologi realitas digital, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional. Perusahaan ini memiliki lima paten teknologi yang terdaftar dalam lingkup teknologi AR, serta menerima berbagai penghargaan dan pengakuan.

Selain fokus pada realitas digital dan metaverse, WIR Group juga melakukan kegiatan usaha dalam bidang internet of things (IoT) dan teknologi pendukung lainnya, seperti blockchain yang digunakan dalam kripto, dan mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk yang memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata.

Baca juga: Deretan Saham Sektor Retail yang Bisa Dipilih Tahun 2023

Harga Saham WIRG

Harga saham WIRG hari ini tentu tidak selalu sama dengan kemarin dan sebelumnya. Per Senin, 3 Juli 2023, harga saham WIRG ditutup menghijau. Saat bursa menutup hari perdagangan, saham WIRG persis di harga penutupan Rp109 per saham.

Dibandingkan dengan penutupan sebelumnya, harga saham WIR Group meningkat 1,87% atau 2 poin. Saham WIRG dibuka sama dengan harga penutupan sebelumnya, tepatnya pada harga Rp107 per saham. Mencatatkan harga tertinggi Rp111 dan harga terendah Rp107 dalam sehari.

Dalam aktivitas perdagangan saham, investor umumnya membeli saham dalam satuan lot agar memudahkan transaksi dan mengurangi biaya transaksi. Lot saham adalah unit perdagangan yang digunakan di pasar saham. Setiap lot memiliki jumlah lembar saham yang ditentukan sesuai dengan aturan bursa efek di negara tempat saham tersebut diperdagangkan.

Di Indonesia, BEI menggunakan satuan lot saham sebanyak 100 lembar saham. Transaksi saham harus dilakukan dalam kelipatan lot tersebut dan tidak dapat dilakukan dalam jumlah kurang dari itu, misalnya 200 lembar saham, 300 lembar saham, dan seterusnya. Harga 1 lot saham WIR Group akan bervariasi tergantung pada harga saham pada periode tertentu.

Untuk menghitung harga 1 lot saham WIRG, kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Harga 1 lot saham = Harga saham per lembar × Jumlah lembar saham dalam 1 lot

Misalnya, harga saham WIRG hari ini adalah Rp109, maka harga 1 lot saham dapat dihitung sebagai berikut:

Harga 1 lot saham WIRG = Rp109 × 100 = Rp10.900

Baca juga: Kian Menjanjikan, Berapa Harga Saham UNTR Saat Ini?

Pergerakan Harga Saham WIRG dari Tahun ke Tahun

Pergerakan Saham WIRG dari Tahun ke Tahun
Pergerakan Saham WIRG dari Tahun ke Tahun

Harga saham WIRG mengalami peningkatan yang signifikan pada hari perdana perdagangan setelah penawaran saham perdana (IPO), tetapi kemudian mengalami penurunan yang konsisten.

PT WIR ASIA Tbk atau WIR Group, resmi mencatatkan sahamnya di BEI sejak 4 April 2022. Pada hari perdagangan pertama, harga saham dengan kode WIRG melonjak tajam sebesar 34,52%, mencapai Rp 226 per saham, dibandingkan dengan harga penawaran awal (initial public offering/IPO) sebesar Rp 168 per saham.

Melalui IPO ini, perusahaan melepas 2,33 miliar saham baru ke publik yang setara dengan 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor sepenuhnya setelah IPO. Selain itu, WIRG juga melepas 233,7 juta saham tambahan karena terjadi kelebihan pemesanan dalam penjatahan terpusat. 

Dalam proses IPO tersebut, WIRG berhasil mengumpulkan dana segar sebesar Rp 431,9 miliar, dan menjalin kerja sama dengan PT Ciptadana Sekuritas Asia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Setelah ditawarkan ke publik selama tujuh hari perdagangan, saham WIRG terus mengalami kenaikan signifikan dan selalu mendekati batas ARA atau Auto Rejection Atas. Pada sesi perdagangan perdana 12 April 2022, atau sekitar sepekan setelah IPO, harga saham WIRG naik sebesar 24,82% mencapai Rp855 per saham. 

Jika dibandingkan dengan harga penawaran IPO sebesar Rp168 per saham, maka harganya telah melonjak sebesar 408%. Kapitalisasi pasar saham WIRG juga mencapai Rp10,19 triliun.

Total nilai transaksi saham WIRG pada sesi perdagangan pertama mencapai Rp 160,24 miliar, melibatkan 189,12 juta saham yang ditransaksikan lebih dari 24 ribu kali. Meskipun dalam jumlah kecil, investor asing tercatat melakukan pembelian bersih sebesar Rp 560 juta.

Namun sayangnya, kenaikan harga saham tersebut tidak berlangsung lama. Setelah dua minggu tercatat di BEI, harga saham WIRG justru mengalami penurunan sebesar -22,12% dalam setahun. 

Pada penutupan perdagangan tanggal 16 Februari 2023, saham WIRG berada pada level Rp176. Jumlah saham yang beredar sebanyak 11,93 miliar dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp2,10 triliun. Harganya bahkan semakin turun pada bulan Juli 2023, mencapai level Rp 109, meskipun masih lebih tinggi dibandingkan harga penutupan sehari sebelumnya.

Baca juga: Tertarik Investasi, Ini Harga 1 Lot Saham BCA Terbaru

Lantas, Kenapa Saham WIRG Terus Merosot?

Penurunan harga saham WIRG yang terus konsisten setidaknya sejak April 2022 terjadi karena sejumlah alasan.

Pertama, penjualan saham WIRG oleh investor dan pengendali atau pemegang saham utama setelah berakhirnya periode lock-up. Sejak awal Desember 2022, 3 pengendali yaitu Angga Yudhitama Putra, Laut Biru Teknologi, dan WIR Global Kreatif, mulai menjual kepemilikan sehingga harga saham WIRG terkoreksi.

Kedua, turunnya minat terhadap konsep metaverse juga menjadi faktor yang memengaruhi sentimen negatif terhadap saham WIRG.

Ketiga, biaya pengembangan teknologi yang tinggi. Hal ini masih dipandang buruk dan membuat investor belum sepenuhnya percaya meletakkan dananya ke perusahaan metaverse WIRG. Terlebih lagi, meskipun pendapatan perusahaan meningkat, sejatinya kinerja laba WIRG justru tertekan.

Meskipun pertumbuhan pendapatannya terlihat pesat, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk WIRG mengalami penurunan dari Rp17,16 miliar menjadi Rp7,57 miliar. Penurunan ini disebabkan oleh peningkatan beban usaha dan beban provisi kerugian ekspektasian piutang usaha.

Hal serupa juga terjadi pada 2022. Rata-rata kenaikan laba bersih WIRG pada kuartal I-IV 2022 disebabkan pendapatan usaha naik dan pendapatan lain-lain naik, bukan karena harga sahamnya meningkat. Pendapatan lainnya berasal dari promosi dan iklan via platform, pengembangan aplikasi perangkat lunak, konsultasi merek dan IT, dan komisi transaksi via platform.

Baca juga: Rekomendasi Saham BUKA dan Prospeknya

Bagaimana Prospek WIRG Untuk Investasi?

Prospek Saham WIRG.
Prospek Saham WIRG.

Sejauh ini, Prospek Bisnis WIRG masih terbilang potensial untuk jangka panjang. Hal ini lantaran di Indonesia bisnis metaverse masih terus dikembangkan. Alhasil, jika teknologi digital metaverse sudah merambah berbagai jenis bisnis dan tak terbatas hanya di BUMN, pastinya akan turut mendorong kinerja sektor teknologi.

Apalagi, meskipun beberapa waktu belakangan WRIG belum cukup meyakinkan para investor untuk dimasukkan dalam portofolio, nyatanya di kuartal I 2023 performa WRIG cenderung menunjukkan peningkatan. Mulai dari naiknya pendapatan di seluruh lini, pengendali tidak melakukan aksi jual, dan berbagai inovasi perusahaan.

Jadi, bagi kamu yang tertarik berinvestasi di WRIG, coba gunakan aplikasi BMoney yang andal dan tepercaya sekaligus memberimu kenyamanan dan keamanan dengan harga terjangkau. Segera unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!