Perlu Dikoleksi! Ini Daftar Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

Uji Agung Santosa

02 Mei 2023

Saham Yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun (123rf.com)
Saham Yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun (123rf.com)

Salah satu aktivitas yang saat ini dianggap cukup menjanjikan keuntungan yang besar adalah investasi saham. Itulah sebabnya, banyak orang yang mulai menjajal peruntungan dengan mencoba terjun ke dunia investasi saham. 

Saat investor membeli saham sebuah perusahaan atau emiten di pasar modal, ia tentu secara otomatis menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. Dengan demikian, ia akan memiliki hak untuk memperoleh keuntungan dari modal yang ditanamkannya di perusahaan tersebut.

Keuntungan inilah yang dikenal dengan istilah dividen, yaitu keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Rata-rata emiten membagikan keuntungan tersebut sebanyak sekali dalam setahun. Tapi, ada juga lho emiten dengan saham yang bagi dividen 2 kali setahun!

Sebelum membahas lebih lanjut siapa saja emiten yang secara rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham sebanyak dua kali dalam setahun, kamu harus lebih dulu memahami apa itu dividen.

Sederhananya, dividen merupakan pembagian laba atau keuntungan perusahaan yang dibayarkan kepada investor selaku pemegang saham dengan besaran keuntungan yang dibagikan sesuai jumlah saham yang dimiliki. Pembagian dividen oleh perusahaan bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu membayarkannya secara tunai atau dibagikan dalam bentuk saham.

Nah, setelah memahami apa itu dividen dan bagaimana skema pembagiannya, saatnya kita mengetahui apa saja perusahaan atau emiten dengan saham yang bagi dividen 2 kali setahun, menurut www.idxchannel.com.

8 Emiten yang Rajin Bagi-Bagi Dividen

Emiten yang gemar bagi-bagi dividen.
Emiten yang gemar bagi-bagi dividen.

Berikut ini adalah daftar emiten yang dikenal karena pendapatannya yang tinggi serta rajin bagi-bagi dividen kepada para investornya.

1. PT Astra International Tbk. (ASII)

Emiten pertama yang ada di dalam daftar perusahaan yang rajin bagi-bagi dividen adalah Astra International. Kemampuan perusahaan untuk membagikan dividen ini tentu tidak lepas dari laba bersih yang diterimanya. Dalam pembukuan per Juni 2021, tercatat bahwa ASII memperoleh laba bersih senilai Rp8,83 triliun. 

Meski terlihat besar, nyatanya nilai keuntungan tersebut mengalami penurunan dari semester pertama di tahun yang sama, yakni sebesar 22,38% dari nilai keuntungan yang asalnya Rp11,38 triliun.

Besaran dividen interim yang diterima para pemegang saham di perusahaan tersebut adalah Rp45 per lembar saham dari jumlah laba bersih kuartal I tahun 2021. Sementara itu, total dividen yang dibagikan ASII adalah sebesar Rp1,82 triliun.

Sementara itu, dividen final dari perusahaan tersebut dibagikan setiap bulan April. Pada April 2022, ASII membagikan dividen sebesar Rp194 per saham. Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika ASII termasuk dalam salah satu contoh saham blue chip yang rajin bagi-bagi dividen.

2. PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG)

Selanjutnya, ada emiten dengan saham yang bagi dividen 2 kali setahun, yaitu ITMG. Pada 2021, perusahaan tersebut membagikan dividen kepada para pemegang saham sebanyak 2 kali pada bulan Juni dan November.

Total dividen interim yang dibagikan kepada investornya adalah sebesar Rp1,33 triliun. Selain dividen interim, ada juga dividen final yang dibagikan perusahaan tersebut pada Maret 2022. Dengan nominal dividen interim yang besar, tentu saja nilai dividen finalnya juga akan lebih besar, yaitu Rp4.900 per lembar.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Menghitung Dividen untuk Investor Pemula

3. PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA)

Emiten dengan kode saham AKRA ini rajin membagikan dividen kepada para pemegang saham sebanyak dua kali pada bulan Mei dan Agustus 2021 lalu. Besaran dividen yang dibagikan adalah Rp75 per saham pada 28 Mei 2021 dan Rp60 per saham pada 19 Agustus 2021. Dengan nilai tersebut, total dividen yang dibagikan kepada investor adalah sebesar Rp237 miliar.

4.  PT United Tractors Tbk. (UNTR)

Sebelumnya, perusahaan tersebut telah menyelenggarakan RUPS pada bulan September 2021. Berdasarkan rapat tersebut, diperoleh informasi bahwa pembagian dividen interim yang dibagikan kepada para investor adalah senilai Rp335 per saham. 

Pembagian dividen yang dilakukan oleh perusahaan tersebut dinilai cukup besar. Hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan laba bersih UNTR per tahun 2021, yakni sebesar 71% dari Rp6 triliun menjadi Rp10,3 triliun. Melihat angka tersebut, bisa dibayangkan berapa besar pembagian dividen final yang diperoleh para investor pada tahun 2022?

5. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA)

Saat banyak emiten menurunkan dividen, emiten dengan kode saham BBCA ini justru menaikkan nilai dividen interim yang diberikan ke pemegang sahamnya pada tahun 2021 lalu. Pembagian dividen ini dilakukan pada bulan November 2021 dengan nominal Rp25 per saham atau total dividen senilai Rp3,08 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan dividen interim BBCA pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Pembagian Dividen Saham Beserta Prosedurnya

6.  PT Adaro Energy Tbk. (ADRO)

Pada bulan Januari 2022, perusahaan tersebut diketahui membayarkan dividen interim kepada para investornya dengan nilai yang cukup fantastis, yaitu Rp4,99 triliun atau Rp160,16 per lembar saham. Sementara itu, dividen tunai dibagikan oleh perusahaan tersebut pada pertengahan tahun 2022.

7.  PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)

Emiten dengan saham yang bagi dividen 2 kali setahun lainnya adalah Unilever. Perusahaan tersebut membagikan dividen interim kepada para pemegang saham dengan nominal Rp66 per lembar saham pada bulan November 2021. Dengan demikian, total dividen yang dibagikan perusahaan tersebut adalah sebesar Rp2,51 triliun. 

8. PT Astra Graphia Tbk. (ASGR)

Pada tahun 2020, emiten dengan kode saham ASGR ini diketahui membagikan dividen kepada para investornya pada bulan Juli dan Oktober. Dividen pertama dibagikan dengan nominal sebesar Rp49 per lembar saham pada bulan Juli, lalu Rp5 per lembar saham pada bulan Oktober, dan sisanya Rp9 per saham dibayarkan pada 12 Mei 2021.

Baca juga: Pengertian Pemegang Saham, Hak dan Kewajiban juga Bedanya dengan Investor

Itulah daftar emiten yang rajin bagi-bagi dividen kepada para investornya dengan rata-rata pembagian dividen dua kali dalam setahun. Jika kamu tertarik untuk memperoleh keuntungan dari berinvestasi saham, maka penting bagi kamu untuk terlebih dahulu memahami apa saja istilah dalam investasi saham dan apa saja analisis yang perlu dipelajari untuk memaksimalkan potensi keuntungan.

Akan tetapi, jangan lupa kalau investasi saham merupakan instrumen yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko kerugian saat berinvestasi di instrumen ini. 

Jika kamu belum siap menghadapinya, cobalah dulu berinvestasi di instrumen yang relatif aman dan mudah dilakukan. Misalnya, berinvestasi reksa dana saham atau reksa dana campuran melalui aplikasi BMoney yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store. Selamat mencoba!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!