Ini Daftar Saham yang Bagi Dividen 3 Kali Setahun

Uji Agung Santosa

15 Juli 2023

Ini Saham Yang Memberikan Dividen 3 Kali (123rf.com)
Ini Saham Yang Memberikan Dividen 3 Kali (123rf.com)

Saham merupakan instrumen investasi yang populer di kalangan para investor. Selain potensi keuntungan dari kenaikan harga saham, dividen juga menjadi salah satu sumber pendapatan yang menarik bagi para pemegang saham.  

Oleh karena itu, bagi investor yang menginginkan saham dengan pemberian dividen secara rutin atau mengutamakan pendapatan pasif dari investasi saham, mencari saham yang bagi dividen 3 kali setahun bisa menjadi strategi menarik.

Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham sebagai bentuk penghargaan atas kepemilikan mereka. Dividen yang diberikan oleh sebuah perusahaan biasanya didasarkan pada kinerja keuangan perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan yang stabil dan menghasilkan laba yang konsisten memiliki kecenderungan untuk membagikan dividen secara teratur.

Acuan Pembagian Dividen 3 Kali Setahun

Acuan pembagian dividen 3 kali setahun.
Acuan pembagian dividen 3 kali setahun.

Pembagian dividen 3 kali setahun mengacu pada kebijakan sebuah perusahaan untuk membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebanyak tiga kali dalam setahun. Biasanya, perusahaan akan mengumumkan jadwal pembagian dividen, yang dapat terjadi secara triwulan (per 3 bulan), kuartalan (per 4 bulan), setengah tahunan, atau tahunan.

Hal ini karena skema pembagian dividen di suatu perusahaan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan strategi perusahaan, serta kondisi keuangan dan prioritas investasi mereka. 

Bentuknya bervariasi, mulai dari dividen tunai (berbentuk uang tunai), dividen saham (berbentuk saham tambahan), dividen khusus (pembayaran ekstra di luar dividen regular), dividen interim (pembagian di antara dua periode dividen regular sebelum RUPS), dan dividen kumulatif (pembayaran dividen tertunda).

Baca juga: Pengertian Pemegang Saham, Hak dan Kewajiban juga Bedanya dengan Investor

Daftar Perusahaan dengan Dividen 3 Kali Setahun atau Lebih

Dalam mencari saham yang memberikan dividen 3 kali setahun, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah yield dividen perusahaan. Dividend yield adalah perbandingan antara dividen per lembar saham dengan harga saham saat ini. Semakin tinggi dividend yield, semakin besar pula keuntungan yang dapat diperoleh investor dari investasi saham tersebut.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa frekuensi pembagian dividen suatu saham tidak selalu menentukan nilai dividen yang lebih besar. Perusahaan yang membagikan dividen 3 kali boleh jadi nilainya lebih kecil dari saham yang hanya membagikan dividen 1 kali. Hal ini bisa diketahui dari dividend yield perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk persentase.

Berikut daftar perusahaan dengan yield dividen tinggi di BEI pada tahun 2022 yang telah membagikan dividen 3 kali setahun atau lebih.

1. PT Multipolar Technology Tbk. (MLPT)

PT Multipolar Technology Tbk. merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan layanan dan solusi untuk teknologi informasi yang komprehensif. MLPT bergerak di bidang jasa, perdagangan umum, industri, percetakan dan transportasi darat. Perusahaan ini membangun kemitraan dengan perusahaan teknologi kelas dunia seperti Cisco, Dell, F5, Google, HPE, IBM, Lenovo, Microsoft, NCR, Nutanix, Oracle, dan VMware.

Tahun 2022, entitas milik Lippo Group ini membagikan dividen 3 kali pada bulan Januari, Mei dan November, dengan nilai total Rp 290 per lembar saham. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya hanya 1 kali dalam setahun.

Emiten ini juga mencatat kinerja yang meningkat tahun 2022 dengan memperoleh laba bersih senilai Rp 556 miliar dari total pendapatan Rp 3,4 T. Sementara itu, Besaran dividend yield-nya adalah 14,80%.

Baca juga: Perlu Dikoleksi! Ini Daftar Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

2. PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG)

PT Indo Tambangraya Megah Tbk membagikan dividen interimnya pada bulan Juni dan November 2021 yaitu sebesar Rp1,218 per saham dengan total nlai Rp1,33 triliun. Kemudian untuk dividen finalnya dibagikan pada bulan Maret 2022 dengan nilai yang lebih besar yaitu Rp4,900 per lembar saham.

3. PT Baramulti Suksessarana Tbk. (BSSR)

BSSR merupakan kode emiten tambang untuk PT Baramulti Suksessarana Tbk. Kendati harga sahamnya belakangan cukup fluktuatif namun BSSR termasuk dalam emiten yang membagikan dividen yield terbesar 2022.

Besaran dividend yield emiten ini adalah 46,87% atau membagikan dividen Rp 1.907,67/lembar tahun 2022. Nilai ini mengacu pada nilai laba bersih yang diatribusikan kepada entitas induk mencapai US$ 197,56 Juta.

4. PT. Golden Energy Mines Tbk. (GEMS)

PT. Golden Energy Mines Tbk yang bergerak dalam bidang penambangan batubara melalui anak perusahaannya dan barang lainnya. Sepanjang semester I tahun 2022 GEMS membukukan laba bersih sebesar US$ 335,92 juta atau naik 134,13%. Sepanjang tahun 2022, GEMS membagikan dividen sebanyak 5 kali dengan nilai total Rp 1.396,47 per lembar atau dividend yield setara dengan 20,46%.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Menghitung Dividen untuk Investor Pemula

Rekomendasi Saham dengan Dividend Yield Tinggi 2023

Daftar Saham Yang Membagi Dividen 3 Kali Setahun
Daftar Saham Yang Membagi Dividen Tinggi

BEI telah melakukan penyusunan ulang penghuni indeks High Dividend 20 alias saham dengan pembayaran yield dividen tertinggi.  Berikut ini rincian daftar 20 saham dengan dividen tertinggi terbaru yang berlaku efektif 3 Februari 2023 sampai 2 Februari 2024 mendatang. 

1.       PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

2.       PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)

3.       PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

4.       PT Astra International Tbk (ASII)

5.       PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

6.       PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).

7.       PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

8.       PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR)

9.       PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM)

10.   PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)

11.   PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

12.   PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR)

13.   PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA).

14.   PT H.M. Sampoerna Tbk (HMSP)

15.   PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

16.   PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

17.   PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

18.   PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

19.   PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)

20.   PT United Tractors Tbk (UNTR)

Baca juga: Mengenal Pembagian Dividen Saham Beserta Prosedurnya

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas, Cheril Tanuwijaya mengatakan, dari 5 aset pendatang baru indeks High Dividend 20 yaitu AMRT, BJBR, BJTM, BNGA, dan BBSR, rekomendasi paling menarik jatuh pada saham BNGA dan AMRT.

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo menambahkan, di tahun 2023 sektor energi dan keuangan bisa memberikan dividen yang paling menarik. Hal ini karena adanya tren positif pembagian dividen secara tahunan dan peningkatan kinerja yang signifikan.

Adapun pilihan Saham dengan Dividen Yield Tinggi 2023 menurut Mirae Asset di antaranya ADRO, BSSR, GEMS, HEXA, ITMG, MBAP, MPMX, NRCA, PTBA, TOTL, dan UNTR.

Demikian ulasan investasi saham yang bagi dividen 3 kali setahun dan rekomendasi dividend yield tinggi 2023 yang bisa menjadi pilihan menguntungkan dalam berinvestasi. Bagi kamu yang mempertimbangkan saham-saham tersebut sebagai pilihan investasi, jangan lupa membelinya melalui aplikasi investasi andal dan tepercaya BMoney yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.  

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!