Sam Altman, Jenius Teknologi di Balik OpenAI

Daniel Esaputra Yoan

30 November 2023

Sam Altman, Jenius Teknologi di Balik OpenAI
Sam Altman, Jenius Teknologi di Balik OpenAI

Akhir-akhir ini, dunia teknologi dihebohkan dengan berita pemberhentian mendadak dan pengangkatan kembali CEO dan Co-Founder OpenAI, Samuel Harris Altman.

 

Sam Altman adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di industri kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) saat ini. Sam adalah CEO dan salah satu pendiri OpenAI, perusahaan dibalik ChatGPT, salah satu aplikasi chatbot yang berkembang paling cepat sepanjang sejarah.

Baca juga: Rekomendasi Saham Consumer Goods, Cek Sekarang!

Sebelum bergabung dengan OpenAI, Sam memimpin Y Combinator, inkubator teknologi yang menyediakan seed funding untuk perusahaan-perusahaan seperti Airbnb, Dropbox, dan Stripe. Sam pun telah menjadi angel investor untuk lebih dari 100 perusahaan rintisan, termasuk Asana, Instacart, dan Pinterest.

Sama seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg, Altman berhenti kuliah untuk membangun perusahaan rintisan teknologi. Setali tiga uang dengan ketiga tokoh itu pula, fakta bahwa Sam adalah seorang college dropout tidak menghalanginya mengumpulkan kekayaan bersih yang mencapai US$500 hingga US$700 juta, hasil dari kewirausahaan dan sejumlah investasi yang sangat cerdas.

Suatu hari di Washington, Senator John Kennedy bertanya kepada Sam apakah ia menghasilkan banyak uang. Sam menjawab tidak.

"Saya dibayar cukup untuk asuransi kesehatan dan tidak memiliki saham di OpenAI. Saya melakukan ini karena saya menyukainya." Sam Altman, 16 Mei 2023.

Berdasarkan artikel Fortune pada 19 November 2023, beberapa minggu menjelang pemberhentiannya yang mengejutkan dari OpenAI, Sam sedang berupaya untuk mengumpulkan miliaran dolar dari beberapa investor terbesar di dunia untuk sebuah perusahaan semikonduktor baru, untuk bersaing dengan produk dari Nvidia Corporation yang saat ini menguasai pasar.

Sam juga diberitakan gigih mencari dana untuk bisnis perangkat keras yang berfokus pada AI, yang telah ia kembangkan bersama dengan Jony Ive, mantan kepala desain Apple. Sam dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan SoftBank Group Corporation, Dana Investasi Publik Arab Saudi, Mubadala Investment Company, dan lainnya untuk bisnis ini.

Baca juga: Daftar Saham Nikel di Bursa Efek Indonesia, Layak Dikoleksi?

Apa yang Sobat Cuan BMoney Bisa Pelajari dari Sam?

Invest in what you believe in. Kepercayaan Sam yang begitu tinggi pada teknologi, khususnya AI, membuat arah investasinya jelas dan terarah. Tak hanya berdiam di zona nyaman dengan kekayaan triliunan, Sam pun aktif berupaya memanfaatkan setiap peluang untuk mengoptimasi cuan, sehingga di usia belia berhasil meraih kemapanan.

 

Nah, itu tadi adalah inspirasi dan pelajaran yang dapat kita ambil dari pendiri OpenAI, Sam Altman. Untuk Anda yang mau berinvestasi, kalian bisa mulai hanya dengan Rp 10.000 saja. Yuk download aplikasi BMoney sekarang dan mulai investasi reksa dana dan saham!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!