Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

Imanuel Kristianto

27 Juli 2022

Tabel menabung harian (Foto: 123rf)
Tabel menabung harian (Foto: 123rf)

Menyemangati diri untuk menabung sebetulnya tak terlalu sulit. Ada banyak cara menabung, termasuk yang unik dan bikin semangat. Salah satunya dengan membuat tabel menabung harian. Penasaran seperti apa?

Tips menabung dan keuangan terlengkap cuma ada di sini.

Menabung harian dengan menggunakan tabel sempat populer beberapa waktu belakangan setelah viral di media sosial TikTok. Bukan sekadar memperkaya konten, cara menabung unik ini sebetulnya telah lama terbukti efektif mempermudah proses menabung hingga tercapai target tabungan. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

Kelebihan Punya Tabel Menabung

tabel menabung harian
Kelebihan tabel menabung harian (123rf)

Menabung dengan membuat tabel sejatinya menjadikan aktivitas menyimpan uang jadi lebih menyenangkan. Secara psikologis, seseorang akan lebih mudah mempertahankan kebiasaan yang baik jika cara menjalankannya dibuat menyenangkan.

Dengan membuat tabel, kamu tidak hanya terdorong untuk lebih teratur dan rapi dalam mengatur keuangan, tapi juga secara tidak langsung akan terbantu mengingat tujuan kamu menabung. Dalam hal ini, tabel menabung akan berfungsi sebagai alarm visual soal target tabungan yang ingin kamu capai. Alhasil, kamu bakal lebih fokus menjalankan proses menabung sehingga tercapai target yang diharapkan.

Cara Membuat Tabel Menabung Harian

Cara Membuat Tabel Menabung Harian
Cara buat tabel menabung harian (123rf)

Agar terbukti efektivitasnya, kamu hanya perlu memastikan tabel menabung milikmu bisa fleksibel dibawa ke mana pun mengingat fungsinya sebagai pengingat visual sekaligus penyemangat untuk menabung. Berikut langkah-langkah dan cara membuatnya:

1. Buat tabel menabung sekreatif mungkin

Kamu bisa mencoba membuat tabel menabung harian sendiri dengan mudah menggunakan buku tulis, di atas kertas HVS dan kertas sejenis lainnya, atau menggunakan spreadsheet, Microsoft Word, maupun mengunduh template tabel dari internet. Rancang tabel sekreatif mungkin agar tampak menarik dan membuatmu bersemangat.

2. Tentukan preferensi menabung

Sesuaikan tabel menabung yang kamu buat dengan preferensi menabung harian yang kamu rencanakan. Misalnya, kamu ingin menabung Rp2 juta selama 6 bulan. Artinya, dalam sebulan kamu harus bisa menabung setidaknya Rp335 ribu atau sekitar Rp84 ribu per pekan, dan Rp12 ribu sehari. 

Dari perencanaan tersebut, buat tabel yang memuat sekitar 30-31 kolom untuk jumlah hari dalam sebulan, dan 6 baris untuk total bulan.

Membuat preferensi menabung akan membuatmu lebih tertarget dan memiliki tujuan menabung yang jelas. Alhasil, akan semakin mudah bagimu untuk mengetahui berapa banyak yang harus ditabung dan bagaimana frekuensinya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak

3. Siapkan celengan atau toples transparan untuk menabung

Menggunakan celengan transparan alias tembus pandang untuk menabung telah terbukti efektif mendorong orang lebih semangat untuk menabung. Pasalnya, celengan seperti ini akan memberikan sugesti untuk terus menabung setelah melihat tabungan yang bertambah setiap harinya. 

Ibaratnya, kamu seolah melihat proses membangun mimpimu sedikit demi sedikit yang terus meningkat setiap harinya sehingga jadi lebih termotivasi untuk mencapai tujuan finansialmu.

4. Tempelkan tabel, tulisan, dan foto

Jangan lupa tempelkan tabel yang sudah kamu buat di permukaan luar celengan. Tambahkan tulisan beserta foto tujuan kamu menabung agar tambah termotivasi. Tabel, tulisan, dan foto ini bisa kamu buat sesuai selera ataupun kreativitasmu.

5. Gunakan strategi

Membuat tabel menabung sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan. Sesuaikan jumlah tabungan dengan kemampuan finansial secara riil, lalu buat strateginya.

Salah satu strategi menabung yang sempat populer dan layak dicoba adalah 52 weeks money challenge atau tantangan menabung 52 minggu yang setara dengan menabung selama 13 bulan atau 364 hari. Strategi yang ditawarkan tantangan ini adalah menabung secara progresif. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, kamu wajib konsisten menabung tiap hari untuk mencapai target tabungan per pekan. Lalu, untuk jumlah tabungan awal, kamu bisa memilih nominal yang paling sesuai kemampuan. Sebaiknya mulai dari yang terkecil, semisal Rp1-5 ribu di awal. Kemudian, tambahkan kelipatan nominal tabungan awal di pekan berikutnya kamu menabung.

Baca Juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

Contohnya, kamu memilih menabung di awal sebesar Rp5 ribu. Berarti, di pekan berikutnya kamu harus menambahkan Rp5 ribu lagi ke dalam tabungan, lalu Rp10 ribu di pekan kedua, Rp15 ribu di pekan ketiga, dan seterusnya.

Untuk mempercepat penambahan jumlah tabungan, sah-sah saja jika kamu ingin menambah nominal yang lebih besar agar jumlah tabungan yang didapat di minggu ke-52 juga bertambah besar. Syaratnya, kamu harus menyesuaikan tabungan awal dengan kemampuan finansialmu.

Lihat baik-baik tabel yang kamu buat dan pastikan jumlah yang kamu tabung harus bisa bertambah  setiap pekannya. Jangan sampai saat memilih angka tabungan awal yang besar, kamu jadi tidak sanggup melanjutkannya di pekan berikutnya sehingga berhenti menabung di tengah jalan.

Sebagai gambaran, menabung seribu rupiah di awal akan mendapat Rp1,378 juta dalam 52 minggu. Lalu, menabung Rp3 ribu di awal akan mendapat Rp4,134 juta dalam 52 minggu. Untuk tabungan awal Rp5 ribu, mendapat Rp6,89 juta selama 52 minggu. Kemudian, jika kamu menabung Rp10 ribu, saldo akhir yang didapat adalah sebesar Rp13,78 juta setelah 52 minggu.

Baca Juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

Cara Cepat Membuat Tabel

cara membuat tabel tabungan harian
Cara membuat tabel tabungan harian (123rf)

Agar lebih cepat dalam membuat tabel menabung harian, kamu bisa menyimak dan menerapkan panduan berikut:

1. Buat tabel di Microsoft Word

Membuat tabel di Microsoft Word  merupakan yang paling mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur Insert. simak langkah-langkah pembuatannya berikut:

  • Buka Microsoft word, lalu klik menu Tab Insert.
  • Pilih Table, lalu klik opsi Insert Table.
  • Masukkan jumlah kolom dan baris yang kamu inginkan atau gerakkan kursor dengan menyorot jumlah kolom dan baris pada menu Table Size.
  • Jika ada pesan teks yang ingin kamu sertakan dalam tabel, pilih Insert Tabel Konversi Teks ke Tabel.

 

Untuk merapikan tabel yang hasilnya tidak teratur, berikut caranya:

  • Klik kanan pada mouse di tabel yang telah dibuat, lalu pilih opsi Table Properties di bagian Context Menu.
  • Rapikan isi tabel dan sesuaikan tampilannya dengan memilih tata letak Right, Center, atau Left.
  • Untuk menghapus atau menambah tabel, klik kanan pada bagian tabel dan pilih opsi Delete untuk menghapus kelebihan baris atau kolom, lalu klik Insert untuk menambah baris dan kolom pada tabel.

 

Untuk menyematkan desain pada tabel agar tampilan tidak monoton dan semakin estetis, berikut caranya:

  • Blok seluruh tabel yang sudah dibuat atau beberapa kotak pada tabel yang ingin kamu edit.
  • Klik ribbon 'Design',  lalu pilih berbagai opsi yang tersedia untuk mengatur gaya tabel sesuai keinginanmu.
  • Gunakan fitur border atau garis pembatas untuk mengubah gaya garis pembatas pada tabel yang sudah kamu buat.

 

Baca Juga: 10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dilakukan

2. Buat tabel di Microsoft Excel

Karena berfungsi mengolah angka dan data, Microsoft Excel juga efektif digunakan untuk membuat tabel dengan cepat. Berikut sejumlah cara yang bisa kamu coba.

Menggunakan fitur Insert Table

  • Blok cell yang akan dijadikan tabel, lalu gunakan shortcut keyboard “Ctrl + L” atau “Ctrl + T” untuk membuat tabel di Excel atau pilih menu pada tab Insert, lalu klik Table.
  • Klik opsi Create Table 
  • Atur tabel di menu My Table, lalu klik OK. Tunggu beberapa saat hingga tabel muncul.

 

Menggunakan fitur Format as Table

  • Blok sel yang akan dijadikan tabel.
  • Klik menu Beranda, lalu pilih menu Format as Table atau Format sebagai tabel. Tunggu sampai muncul option box atau kotak dialog.
  • Klik OK.

 

Jadi, kamu sudah siap menabung dengan membuat tabel menabung harian? Jangan lupa, selain menabung manual, kamu juga perlu menabung untuk masa depan lebih baik, salah satunya dengan berinvestasi di reksa dana. 

Kini, kamu bisa berinvestasi dengan mudah dan terjangkau mulai dari Rp10 ribu menggunakan aplikasi andal dan tepercaya seperti BMoney yang juga bisa di-download di Play Store atau App Store.

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!