Tabel Menabung Mingguan, Cara Membuat dan Mengaplikasikannya

Imanuel Kristianto

21 September 2022

Tabel menabung mingguan (Foto: 123rf)
Tabel menabung mingguan (Foto: 123rf)

Bagi sebagian orang, menabung mungkin sering kali dilakukan secara bulanan, terutama bagi mereka yang memiliki gaji bulanan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki gaji bulanan sehingga perlu juga dicarikan solusi menabung yang tepat bagi mereka yang berpenghasilan harian atau mingguan agar tetap bisa mencapai tujuan keuangan yang diharapkan.

Lihat tips keuangan di sini.

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencapai target keuangan tersebut adalah dengan menggunakan tabel menabung mingguan. Bukan cuma sekadar mengumpulkan uang per minggu, tabel menabung ini juga bisa dimanfaatkan sebagai strategi untuk meningkatkan kedisiplinan dan skala prioritas. Dengan kebiasaan baik tersebut, kamu juga akan lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Lalu, bagaimana cara membuat tabel menabung mingguan? Langsung saja simak penjelasan berikut.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

Cara Menabung dengan Tabel Tabungan Mingguan

Menjadikan menabung sebagai kebiasaan baik memang tidak bisa dengan mudah dilakukan. Namun, jika kamu berkomitmen untuk melakukannya secara konsisten, maka kamu akan memperoleh dampak positif di masa depan.

Aktivitas menabung mingguan bisa mendorong kamu untuk lebih berhemat dan mementingkan kebutuhan daripada keinginan belaka. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk belajar menyisihkan pendapatan secara mingguan agar kebutuhan terpenuhi dan keinginan juga tercapai.

Nah, kalau kamu ingin mencoba mempraktikkan metode tabel menabung mingguan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buat tabel tabungan

Pada awalnya, membuat tabel menabung mingguan mungkin terasa membingungkan. Namun, kamu bisa mulai dengan mengetahui berapa banyak uang yang ingin dicapai dalam waktu seminggu.

Misalnya, kamu mempunyai target menabung Rp1 juta dalam sebulan. Maka, kamu hanya perlu membaginya secara rata per minggu. Jadi, kewajiban kamu menyisihkan uang tabungan dalam seminggu adalah sebanyak Rp250 ribu.

Jika kamu menginginkan cara lain, kamu bisa juga membaginya secara bertahap seperti pada tabel di bawah ini:

Minggu ke-1: 400.000

Minggu ke-2: 300.000

Minggu ke-3: 200.000

Minggu ke-4: 100.000

Nominal di atas bisa kamu ubah sesuai dengan tujuan dan kondisi keuanganmu. Jika kamu punya target menabung Rp2 juta dalam sebulan, maka jumlah tabungan mingguannya pun tentu akan menjadi lebih besar.

2. Siapkan celengan

Setelah tabel menabung mingguan dibuat, kamu perlu menyiapkan celengan khusus untuk menabung sesuai dengan target yang diharapkan. Tidak perlu mahal, cukup sediakan tempat yang bisa menyimpan uang dengan aman. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan toples bekas makanan atau produk lainnya sebagai celengan.

Baca juga: Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

3. Buat kalender saku

Untuk mengingatkan tugas menabung mingguan, kamu juga bisa menggunakan kalender saku atau kalender menabung untuk ditempelkan di meja kerja. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjadi pengingat sekaligus panduan dalam menabung mingguan yang perlu kamu lakukan.

4. Mulai menabung

Jika semuanya sudah disiapkan, tentu saja hal penting yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan program menabung sesuai dengan tabel menabung mingguan atau kalender menabung yang sudah kamu buat. Jika kamu sudah memasukkan uang tabungan di minggu pertama, maka kamu bisa mencoret tugas menabung di minggu pertama pada kalender menabung yang kamu buat.

Tips Menggunakan Tabel Menabung Mingguan Secara Efektif

tabel menabung mingguan
Tips tabel menabung mingguan (123rf)

Setelah mengetahui cara membuat tabel menabung mingguan di atas, kamu bisa mengikuti tips program menabung berikut supaya bisa mengaplikasikan tabungan mingguan secara efektif.

1. Mulai dari nominal kecil

Kalau kamu baru mau mencoba menerapkan program tabel menabung mingguan, maka kamu bisa mulai dari nominal kecil. Misalnya, menabung Rp100 ribu di minggu pertama, lalu Rp200 ribu di minggu kedua, dan seterusnya. Selain terasa lebih mudah, program menabung seperti ini juga bisa meningkatkan kebiasaan baik bagi kamu agar lebih konsisten dalam menabung.

2. Buat daftar pemasukan dan pengeluaran

Selain menabung, kamu juga perlu mempunyai catatan keuangan untuk mengakses setiap pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Bukan cuma mingguan, kamu juga perlu mencatat setiap pengeluaran harian, mingguan, ataupun bulanan. 

Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu dapat mengetahui berapa besar pemasukan dan pengeluaranmu. Jika pengeluaranmu lebih besar, maka kamu perlu melakukan strategi menabung yang tepat serta pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

3. Manfaatkan diskon dan cashback

Tidak salah jika kamu memanfaatkan promo seperti diskon dan cashback saat berbelanja atau bertransaksi lainnya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mendukung keberhasilan kamu dalam menerapkan program menabung mingguan. 

Selain lebih hemat, kamu juga bisa mengalokasikan sisa belanja atau transaksi tersebut untuk ditabung sehingga kamu tidak punya alasan untuk menunda kegiatan menabung.

4. Kurangi belanja yang tidak perlu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan baik menabung tidak hanya bermanfaat untuk mengumpulkan uang, tapi juga bisa membuat kamu terbiasa untuk mengurangi belanja yang tidak perlu. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang tidak.

5. Bawa bekal

Bukan cuma anak sekolah yang bisa bawa bekal saat bersekolah. Seorang pekerja profesional juga sangat disarankan untuk membawa bekal ke kantor atau saat bepergian. Selain bisa berhemat, kamu juga bisa memasak makanan yang lebih sehat dan sesuai selera, kan?

6. Mulai berinvestasi

Banyak orang mengira investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya modal besar. Nyatanya, siapa pun bisa berinvestasi asalkan punya kemauan atau tekad yang kuat dalam mencapai target yang diharapkan.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target menabungmu adalah dengan cara berinvestasi. Kamu bisa mencobanya terlebih dulu menggunakan aplikasi investasi seperti BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

7. Cari teman sekaligus saingan

Memiliki teman yang punya visi dan misi yang sama akan membuat program tabel menabung mingguan jadi lebih mudah dijalankan. Oleh karena itu, kamu bisa mencari teman sekaligus ‘saingan’ yang bisa memotivasi kamu agar konsisten dalam menabung.

Buatlah kalender menabung atau kalender saku masing-masing, lalu tunjukkan bahwa kamu dan temanmu sudah melakukan program tabungan ini selama beberapa minggu. Lalu, lihatlah berapa banyak tabungan yang bisa kamu dan temanmu hasilkan!

Baca Juga: 10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dilakukan

Itulah cara menabung dengan tabel tabungan mingguan dan tips menggunakan tabel menabung mingguan yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Dengan menabung, kamu bisa mengetahui berapa banyak budget yang diperlukan untuk kebutuhan dan berapa banyak budget  yang bisa diperlukan untuk digunakan dalam kondisi darurat.

Meski kelihatan sederhana, aktivitas yang satu ini sering kali sulit dilakukan, terutama jika orang tersebut tidak memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa menabung bukan cuma kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan uang. Lebih dari itu, menabung juga merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Selamat menabung!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!