Wujudkan Impian Beribadah ke Tanah Suci dengan Tabungan Haji Terbaik!

Imanuel Kristianto

03 Juni 2022

Tabungan Haji (Foto: 123rf)
Tabungan Haji (Foto: 123rf)

Selain merupakan rukun Islam yang kelima, ibadah haji juga merupakan impian hampir seluruh umat Islam. Namun, tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa menggapainya. Oleh karena itu, banyak umat Islam yang berusaha memenuhi kewajiban tersebut dengan membuka tabungan haji.

Saat ini, sudah ada beberapa lembaga, baik perbankan maupun nonbank yang menyediakan fasilitas tabungan sebagai penunjang bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah haji.

Fasilitas inilah yang disebut tabungan haji. Lantas, bagaimana cara menabung dan proses yang harus dilakukan agar dapat memiliki tabungan jenis ini? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

Cara Daftar Tabungan Haji

cara daftar tabungan haji
Cara daftar tabungan haji (123rf)

Tabungan haji merupakan jenis tabungan atau simpanan yang ditujukan bagi nasabah yang ingin melakukan ibadah haji. Program ini sering juga disebut Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Syaratnya tidak terlalu sulit, yaitu cukup melampirkan dokumen berupa kartu tanda penduduk (KTP)/ surat izin mengemudi (SIM) dan menyerahkan setoran awal minimum sesuai ketentuan penyedia tabungan.

Rata-rata bank yang menyediakan fasilitas ini mewajibkan nasabah untuk menyerahkan setoran awal sebesar Rp100 ribu dengan setoran berikutnya minimal Rp100 ribu. Namun, kamu harus mendapatkan kuota pendaftaran terlebih dulu dengan menyetorkan dana awal minimal sebesar Rp25 juta. 

Pendaftaran ini dilakukan agar nama nasabah bisa terdaftar sesuai dengan embarkasi atau domisili masing-masing karena adanya pembatasan kuota haji. Sementara itu, waktu tunggu yang biasa diberikan kepada nasabah adalah 5-15 tahun.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat membuka tabungan haji.

  1. Mengisi formulir pembukaan rekening di bank terpilih
  2. Menyiapkan dokumen berupa KTP/SIM dan NPWP
  3. Setoran awal dan setoran minimum selanjutnya sesuai ketentuan bank

Untuk lebih jelasnya, kamu perlu memastikan kembali apakah ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi karena tiap bank atau penyedia program tabungan haji biasanya memiliki persyaratan tertentu sesuai dengan kebijakan lembaga.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

5 Keuntungan Daftar Tabungan Haji

keuntungan menabung haji
Keuntungan menabung daftar haji (123rf)

Meski tiap orang bisa mengumpulkan uang atau menabung sendiri, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan membuka tabungan haji. Apa saja? Berikut jawabannya.

1. Tabungan tersimpan secara aman

Mungkin kamu bisa menyimpan uang di rumah. Namun, menyimpan uang dalam jumlah besar tentu sangat berisiko. Kamu bisa saja lupa menyimpannya, menggunakan uang tersebut, atau bahkan mengalami pencurian. Dengan membuka tabungan haji, kamu akan dapat menyimpan uang untuk ibadah haji tanpa harus mengalami beberapa risiko tersebut.

2. Penarikan dana bisa dilakukan otomatis

Untuk mempermudah penarikan dana, kamu juga bisa melakukan penarikan secara autodebet dari rekening lain ke rekening haji. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap membayarkan setoran meski sedang sibuk. Namun, pastikan kamu memiliki saldo minimal sejumlah setoran rutin untuk bisa menikmati fasilitas tersebut.

3. Antisipasi antrean haji

Dengan memiliki tabungan di salah satu bank, kamu berpotensi untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji. Artinya, kamu bisa mengantisipasi antrean haji yang mungkin terjadi jika kamu tidak memiliki tabungan khusus. Hal ini juga membuat kamu dapat mengetahui jadwal keberangkatan haji sehingga bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari.

4. Terhubung dengan Siskohat

Melalui tabungan haji, kamu juga bisa terhubung dengan sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) dari Kementerian Agama. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri karena namamu sudah terdaftar secara aman di sistem tersebut.

5. Mendapat fasilitas lainnya

Selain keempat keuntungan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas lain melalui tabungan haji. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya adalah bebas biaya administrasi perbankan, gratis perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan dengan syarat tertentu, serta bonus souvenir haji.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

Simulasi Tabungan Haji

simulasi tabungan haji
Simulasi tabungan haji (123rf)

Sebelum membuka tabungan untuk tujuan ibadah haji di bank yang sudah kamu pilih, ada baiknya jika kamu mempelajari simulasinya untuk mengetahui berapa banyak dana yang harus dikumpulkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana haji tersebut.

Untuk melakukan simulasi haji, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari syarat dan ketentuan bank yang dipilih, jadwal keberangkatan, sampai dana yang harus dikumpulkan. 

Kamu bisa melakukan simulasi tersebut melalui laman tabungan haji di situs bank terpilih atau aplikasi simulasi online yang bisa diakses secara mudah di internet. Dengan menggunakan alat bantu tersebut, kamu akan dapat menghitung biaya haji secara mudah.

Jika ingin melakukan simulasi langsung, maka kamu perlu datang ke bank terkait dan meminta pegawai bank tersebut untuk menghitung estimasi biaya haji sesuai kebutuhan. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa simulasi hanyalah bersifat perkiraan dan bukan biaya mutlak sehingga kamu perlu mempertimbangkan hal lain yang mungkin terjadi selama membuka atau menyerahkan setoran tabungan haji. Hal ini disebabkan oleh kondisi perekonomian yang fluktuatif sehingga memungkinkan biaya keberangkatan haji jadi lebih murah atau bahkan lebih mahal dari perkiraan.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

Daftar Tabungan Haji Terbaik

daftar tabungan haji terbaik
Daftar tabungan haji terbaik

Jika kamu masih bingung menentukan bank mana yang akan dipilih sebagai bank penyedia tabungan keberangkatan haji, berikut adalah daftar tabungan haji terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Tabungan BRI

Kamu yang sudah memiliki tabungan BRI akan dimudahkan untuk membuka tabungan haji di bank tersebut. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan membuka tabungan keberangkatan haji di BRI antara lain adalah gratis biaya administrasi, gratis perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan dengan maksimum cover 120 persen dari saldo akhir, dan setoran yang relatif terjangkau, yaitu minimum Rp50 ribu dan setoran minimum selanjutnya Rp10 ribu.

2. Tabungan BNI

Daftar tabungan haji terbaik selanjutnya adalah BNI Haji. Dengan mendaftar tabungan keberangkatan haji di BNI, kamu bisa menikmati berbagai macam keuntungan. Mulai dari bebas biaya administrasi bulanan sampai gratis premi perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan dengan beasiswa ahli waris maksimal Rp30 juta.

3. Tabungan Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri senantiasa mengakomodasi kebutuhan nasabahnya dalam melakukan berbagai kegiatan, salah satunya menunaikan ibadah haji. 

Melalui Mandiri Tabungan Haji dan Umroh (MTHU), para nasabah Bank Mandiri dapat mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), baik melalui program Haji Reguler, Haji Khusus (Haji Plus), maupun Umroh.

Beberapa keuntungan yang diperoleh dengan mendaftarkan diri di program haji Bank Mandiri antara lain adalah:

  • Membantu meringankan penyiapan dana untuk ibadah haji
  • Pendaftaran bisa dilakukan di seluruh cabang Bank Mandiri
  • Gratis biaya pembukaan, administrasi, dan penutupan rekening
  • Penyetoran dapat dilakukan secara tunai di kantor cabang Bank Mandiri atau melalui fasilitas pemindahbukuan melalui mandiri e-banking
  • Tersedia fasilitas autodebet dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro ke rekening Mandiri Tabungan Haji dan Umroh

 

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh porsi keberangkatan haji karena Bank Mandiri sudah terhubung dengan Siskohat Kementerian Agama yang ada di satu provinsi yang sama dengan domisili nasabah.

4. Tabungan BSI

BSI Tabungan Haji Indonesia adalah tabungan perencanaan haji dan umroh yang berlaku untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan segala usia berdasarkan prinsip syariah dan akad wadiah dan mudharabah. Selain bebas biaya administrasi bulanan dan dilengkapi fasilitas kartu ATM dan e-Channel apabila telah terdaftar di Siskohat, kamu juga bisa membuka tabungan untuk biaya haji anak sejak usia 12 tahun.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Itulah beberapa daftar tabungan haji terbaik yang bisa dipertimbangkan saat akan menunaikan ibadah haji. Selain membuka tabungan, kamu juga bisa mengumpulkan dana keberangkatan haji dengan cara berinvestasi. Bagaimana caranya? Yuk, kunjungi laman BMoney berikut ini.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!