Trik Jitu Cari Investor untuk Bantu Pendanaan Perusahaan

Yudhianto Thohirin

28 Maret 2022

Cari investor. (123rf)
Cari investor. (123rf)

Cari investor untuk bisnis sebenarnya mirip dengan cari jodoh. Banyak pertimbangan yang perlu kamu lakukan supaya bisa menemukan investor yang tepat. Sebagian investor kadang memberikan banyak syarat untuk dijalankan oleh perusahaan yang dimodali.

Di sisi lain, kamu sebagai pemilik perusahaan pun juga perlu mempersiapkan diri sebelum bertemu dengan investor. Berikan presentasi terbaik agar dapat penilaian bagus dari calon investor. Dengan begitu, peluang kamu untuk dapat modal pun cukup terbuka.

Investor suka dengan ide-ide segar yang bisa dijual kepada masyarakat luas. Cobalah untuk membuat inovasi-inovasi di luar batas sambil melihat peluang yang ada.

Cari investor
Cari investor. (123rf)

 

Tempat Cari Investor yang Bisa Dicoba

Kamu bisa menemukan investor di banyak tempat dan banyak orang. Nah, berikut beberapa investor yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan modal:

1. Cari investor dari circle keluarga

Orang pertama yang perlu kamu temui untuk mencari modal usaha adalah keluarga dekat. Keluarga bahkan bisa menghubungkan kamu dengan orang-orang tepat di luar sana. Koneksi inilah yang mungkin saja bisa membantu kamu dalam melancarkan perusahaan rintisan yang akan dibangun.

Ada baiknya, kamu tidak memanfaatkan keluarga untuk memberikan 100 persen pendanaan. Seperempat atau sepertiga modal masih masuk akal meminta modal dari keluarga. Di samping itu, tetap berikan kontrak perjanjian yang berlandaskan hukum.

Langkah ini membuat kamu tidak bisa berpikir sepele atas dana usaha yang didapat dari keluarga. Para pemodal dari anggota keluarga pun tetap yakin dengan kamu.

2. Cari investor dari teman dekat

Selain keluarga, meminta tambahan modal dari teman dekat juga bisa kamu lakukan. Kerja sama yang bisa kamu jalin dengan teman pun bisa lebih dari sekadar pemodal dan pebisnis. Mungkin saja kamu membuka peluang untuk membangun usaha tersebut bersama-sama.

Jangan lupa, tetap terapkan perjanjian resmi yang berlandaskan hukum biarpun orang tersebut sudah kenal lama. Kamu juga harus meyakinkan teman deka tatas segala uang yang dia berikan kepadamu.

Baca juga6 Daftar Negatif Investasi di Indonesia untuk Investor Asing

3. Cari investor dari orang kaya pemilik modal

Kamu pun bisa meminta bantuan pendanaan dari mereka yang dianggap memiliki banyak harta. Sebut saja mereka yang memiliki banyak penghasilan dan dana mengendap yang banyak. Berikan mereka penawaran yang baik dan menguntungkan supaya mau meminjamkan dananya sebagai modal usaha.

4. Cari investor dari peer-to-peer lending

Peer-to-peer (P2P) lending juga jadi tempat kamu bisa menemukan modal usaha yang cukup. P2P lending ini adalah peminjaman modal dari sekelompok orang untuk para pelaku bisnis yang dihubungkan oleh pihak ketiga. Sekarang pun sudah banyak platform digital yang memberikan kamu akses untuk mendapatkan modal dari banyak orang.

Mendapatkan modal dari perusahaan P2P lending ini terbilang lebih mudah ketimbang dari perbankan. Namun, sistem pengembaliannya tidak terlalu panjang. Jadi, usahakan kamu sudah punya perhitungan yang matang sebelum meminjamnya.

Baca jugaManfaat Laporan Keuangan bagi Investor agar Investasi Sukses

5. Cari investor lewat angel investor

Nah, ada juga komunitas pemodal yang sering mendanai start up di Indonesia. Salah satunya adalah Angel Investment Network atau yang biasa disebut ANGIN. Kamu bisa mengajukan proposal usaha ke komunitas ini. Buatlah proposal yang baik dan rapi supaya dilirik oleh salah satu investor.

Jika lolos seleksi, kamu akan mendapatkan pendanaan yang nilainya sangat besar. Di samping itu, para angel investor ini akan mendorong perusahaan kamu untuk terus besar. Pasalnya, mereka juga harus mendapatkan keuntungan dari investasi ini.

Cari investor
Cari investor. (123rf)

 

Tips Cari Investor agar Peluang Dapat Modal Lebih Besar

Tentunya kamu tidak bisa ujug-ujug datang dan meminta modal kepada calon investor. Kamu perlu menarik perhatian mereka terlebih dulu dengan beberapa hal. Simak beberapa tips saat cari investor supaya lebih mudah dapat modal.

1. Membuat rancangan bisnis yang matang

Menceburkan diri ke dalam sebuah bisnis tentunya tidak bisa main-main. Kamu harus dua kali lebih serius apalagi saat usaha kamu sudah berbentuk perusahaan rintisan. Bangun dulu fondasi yang kuat dalam usaha rintisan kamu.

Memang lebih baik menggunakan modal usaha yang dimiliki pada awalnya. Carilah tambahan modal jika usaha rintisan yang dijalani ingin melakukan pengembangan bisnis.

Baca jugaJenis Investasi yang Harus Diketahui Investor Pemula

2. Membuat proposal usaha yang menarik

Jauh sebelum cari investor dan bertemu dengan mereka, kamu perlu membuat sebuah proposal usaha yang menarik. Ceritakan semua hal tentang perusahaan dan bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa, pamerkan produk dan cara pemasarannya di dalam proposal.

Proposal usaha ini harus kamu buat dalam banyak format, baik presentasi, pdf, hingga proposal fisik. Pasalnya, tidak jarang calon investor meminta proposal dengan berbagai bentuk. Untuk format digital, pastikan kamu membuatnya secara simpel dengan banyak tambahan animasi yang menarik.

3. Memiliki manajemen risiko yang baik

Investor suka dengan para pengusaha yang siap untung dan siap rugi juga. Karena itu, kamu harus menyiapkan banyak rencana dalam setiap langkah bisnis. Kamu perlu mengalokasikan dana yang tepat untuk mendapatkan keuntungan sekaligus rencana cadangan saat semua tidak berjalan sesuai rencana.

Sebisa mungkin tidak menyembunyikan adanya risiko yang bisa muncul dalam perjalanan bisnis. Hal ini juga jadi pertimbangan mereka untuk memberikan modal usaha. Mereka akan percaya saat kamu bisa mengelola risiko dengan baik, tentu akan datang keuntungan yang berlipat.

Baca jugaMetode Penilaian Investasi yang Wajib Diketahui Investor

4. Cari investor dengan datang ke pameran start up atau bisnis

Baik kamu maupun bisnis yang dijalani, harus aktif untuk mendapatkan pendanaan. Sekarang ini pun sudah banyak pameran bisnis dan start up yang diselenggarakan secara online dan offline. Nah, kamu bisa hadir sebagai peserta atau mungkin pembicara.

Makin aktif, makin terbuka juga potensi mendapatkan investor. Namun, kamu perlu membuka diri dengan berkenalan dan bertukar info kontak.

5. Cari investor dengan berikan presentasi terbaik

Manfaatkan kesempatan presentasi jika kamu sudah bisa mendapatkannya. Pastikan bahan presentasi dan penyampaian yang kamu berikan mudah ditangkap oleh calon investor. Tidak ada salahnya, kamu berlatih sebelum melakukan presentasi.

Kesempatan presentasi ini bisa kamu dapatkan di acara-acara start up. Bisa juga kamu membuat janji khusus dengan calon investor, baik itu keluarga, teman dekat, atau mereka yang profesional.

Pastikan kamu tetap memberikan yang terbaik biarpun berhadapan dengan keluarga. Hal ini pun membuktikan bahwa kamu serius dalam mencari tambahan dana.

Baca jugaManfaat Pasar Modal Bagi Investor dan Masyarakat

6. Terus merapikan laporan neraca keuangan perusahaan

Mungkin kamu belum bisa dapat kesempatan dalam percobaan pertama. Nah, ini kesempatan kamu untuk melakukan banyak perubahaan dalam bisnis. Lakukan evaluasi dalam banyak hal, misalnya membuat strategi pemasaran yang baru atau merapikan laporan keuangan.

Hal tersebut akan memberikan warna berbeda dalam bisnis. Nah, hal ini bisa membuka mata para calon investor lainnya untuk melirik bisnis kamu. Berbenah dalam bisnis juga akan bermanfaat untuk kemajuan usaha kamu.

Nah, itu dia sejumlah tips untuk mencari investor yang bisa kamu lakukan. Mulai persiapkan diri dan bisnis kamu karena tidak tahu kapan kesempatan untuk dapat investor akan datang.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!