Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

Yudhianto Thohirin

23 Maret 2022

Tips menabung. (123rf)
Tips menabung. (123rf)

Apakah menabung itu sulit? Jawabannya tidak kalau kamu tahu langkah-langkah dan strateginya. Ada beberapa tips menabung yang bisa kamu ikuti. Bahkan, tips-tips ini bisa membantumu menabung sampai jutaan per tahun! 

Tips Menabung Satu Juta per Bulan untuk Pemula

Sebelum masuk ke pembahasan tentang strategi menabung di masa kini, kamu perlu mengubah mindset dulu tentang pengelolaan keuangan. Ini beberapa tips menabung sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Buat budget pengeluaran pribadi

Membuat budgeting tidak hanya dilakukan oleh korporasi. Kamu sebagai individu juga perlu membuat ini. Salah satu tips menabung satu juta per bulan bisa dilakukan dengan membuat budgeting dalam bentuk sederhana, misalnya menggunakan sheet yang berisi jumlah penghasilan dan pengeluaran rutin bulanan.

Dari situ, kamu bisa tahu kebutuhanmu tiap bulannya dan bisa memproyeksikan berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung.

2. Pakai rekening khusus

Setelah membuat budgeting bulanan, tips menabung satu juta per bulan berikutnya adalah menentukan rekening khusus tabungan. Bagi banyak orang, memisahkan rekening pengeluaran sehari-hari dan tabungan merupakan langkah jitu untuk mendisiplinkan diri untuk tidak memakai dana tabungan.

Banyak bank yang menawarkan produk tabungan yang menarik. Misalnya, rekening tanpa kartu ATM sehingga kamu tidak tergoda untuk menariknya sewaktu-waktu. Ada juga rekening yang bebas biaya administrasi asalkan isi tabungan memenuhi limit minimum bulanan.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dulu ke beberapa bank dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hal yang perlu diingat dari tips menabung satu juta per bulan adalah pilihlah rekening yang menawarkan fasilitas paling menguntungkan dan bisa menambah jumlah tabunganmu walau jumlahnya tidak seberapa. Jangan sampai niat hati ingin untung, malah jadi buntung karena uang tergerus biaya bulanan.

Baca juga9 Tips Belajar Investasi untuk Pemula

3. Sisihkan, bukan sisakan

Tips menabung satu juta per bulan yang satu ini cukup krusial. Sisihkanlah sejumlah uang di awal, saat kamu baru menerima gaji. Pakailah patokan budget yang sudah kamu susun dan langsung pindahkan sekian persen ke rekening khusus tabungan.

Hindari menunggu sampai akhir bulan untuk menabung karena pada akhirnya uangmu tidak akan tersisa akibat pemakaian sehari-hari yang tidak terkontrol.

4. Patok persentase per bulan

Menabung juga tidak bisa sembarangan. Misalnya, kamu punya gaji dua juta rupiah, belum tentu kamu bisa menabung satu juta per bulan. Kamu harus memperhitungkan kebutuhan sehari-hari, utang, dan lain sebagainya.

Tips menabung satu juta per bulan bisa menggunakan metode 50/30/20. Sebanyak 50 persen dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian, 30 persen untuk kebutuhan sekunder dan tersier, serta sisa 20 persen untuk tabungan.

Namun, kamu tidak perlu 100 persen mengikuti skema ini. Misalnya, kamu bisa hanya memakai 40 persen untuk kebutuhan sehari-hari, lalu hanya 20 persen untuk kebutuhan sekunder dan tersier, maka kamu masih ada sisa 30 persen untuk ditabung.

Begitu juga ketika ternyata kebutuhan primermu sampai di atas 50 persen, berarti kamu harus mengorbankan kebutuhan sekunder dan tersier agar bisa tetap menabung. Ini salah satu tips menabung satu juta per bulan yang masih sangat mungkin kamu lakukan, tergantung caramu mengelola penghasilan.

Intinya, kamu bisa menyesuaikan skema di atas sesuai kondisi finansialmu.

Baca jugaTips Investasi Saham untuk Pemula

5. Manfaatkan momentum untuk “menggendutkan” tabungan

Dalam satu tahun, biasanya kita tidak hanya mendapatkan gaji bulanan. Ada saatnya kita menerima THR, bonus, dan lain sebagainya. Nah, manfaatkan momentum ini untuk menggendutkan tabunganmu. Misalnya, kalau biasanya kamu hanya bisa menyisihkan ratusan ribu per bulan, dengan tambahan uang tersebut, kamu bisa menambahkan tabungan hingga jutaan per tahun.

Memanfaatkan momentum ini merupakan salah satu tips menabung satu juta per bulan yang sangat bisa kamu lakukan!

6. Atur prioritas

Sebagai anak masa kini, apalagi hidup di kota besar, tuntutan pergaulan begitu tinggi. Tak heran, banyak anak muda kesulitan menabung karena tidak bisa menentukan skala prioritas.

Tanpa terasa, penghasilan setiap bulan tersedot untuk mengakomodasi kebutuhan yang tidak terlalu penting, misalnya biaya nonkrong bersama teman setiap minggu, membeli makanan kekinian yang harganya cukup mahal, membeli barang-barang penunjang hobi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu perlu kembali menata prioritasmu. Apakah mau mempertahankan gaya hidup masa kini, tetapi sulit menabung atau mengurangi hura-hura, tetapi punya sisa untuk ditabungkan? Tips menabung 1 juta per bulan ini berkaitan dengan pengaturan prioritas. Jadi, kamu perlu mengalahkan hal-hal yang kurang penting untuk bisa memiliki tabungan yang menggunung.

7. Tentukan tujuan menabung

Tips menabung satu juta per bulan berikutnya, yaitu menentukan tujuan. Misalnya, kamu punya impian ingin bisa membayar DP rumah di usia 30 tahun atau mengambil kuliah S2 dalam waktu tiga tahun ke depan.

Dengan memproyeksikan tujuan beberapa tahun ke depan, kamu bisa menentukan jumlah uang yang perlu ditabungkan dalam rentang waktu sekian tahun. Dengan begitu, semangat menabung tidak akan pernah surut dan kamu cukup fokus dalam mengatur prioritas.

Baca juga5 Cara Investasi Uang yang Aman

Tips menabung
Tips menabung. (123rf)

 

Tips Menabung 5 Juta Setahun melalui Instrumen Investasi

Selain mengumpulkan uang di rekening tabungan, ada tips menabung lima juta setahun yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mendistribusikan uang yang sudah disisihkan untuk berinvestasi. Namun, satu hal yang harus digarisbawahi, ketika kamu berinvestasi, gunakan dana menganggur, bukan dana darurat.

Jadi, kamu perlu memisahkan dana darurat dan dana investasi terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia investasi. Berikut beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih. 

1. Deposito

Membuka deposito bisa menjadi tips menabung lima juta setahun. Kamu bisa mengambil sekian per persen dari tabunganmu untuk membuka deposito. Misalnya, dalam setahun kamu mengalokasikan 5 juta rupiah untuk berdeposito.

Selama 12 bulan, uangmu akan dikunci oleh pihak bank dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Saat jatuh tempo di bulan ke-12, kamu baru akan mendapatkan return dari hasil pengembangan deposito. Nantinya, hasil pengembangan deposito akan otomatis dimasukkan ke rekeningmu.

2. Emas

Berinvestasi emas bisa menjadi tips menabung lima juta setahun paling mujarab. Investasi emas bisa menjadi pilihan kalau kamu tipe orang yang senang menabung secara fisik dan berisiko rendah. Harga emas dari tahun ke tahun selalu cenderung stabil bahkan bergerak naik.

Jika kamu tertarik berinvestasi emas, pilihlah emas Batangan atau sekarang bisa juga dalam bentuk koin. Bahkan, sekarang ini, ada juga investasi emas melalui aplikasi yang memungkinkanmu membeli emas dalam jumlah kecil, minimal 0,5 gram. Jadi, kamu tidak perlu langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli emas.

Baca juga10 Fungsi Investasi dan Tips Berinvestasi yang Menguntungkan

3. Reksadana

Reksadana merupakan instrumen investasi dengan berbagai tingkat risiko (rendah, menengah, tinggi). Kalau kamu menginvestasikan uang di reksadana, uangmu akan dikelola oleh manajer investasi sesuai pilihan risiko. Sebagai pemula, kamu bisa memilih reksadana berisiko rendah seperti reksadana pasar uang dan pendapatan tetap. Karena risikonya rendah, return-nya pun tidak terlalu tinggi, tetapi tetap di atas suku bunga deposito. 

Sementara itu, kalau kamu sudah terbiasa berinvestasi, kamu bisa memilih reksadana campuran yang komponennya merupakan gabungan dari instrumen investasi pasar uang, pendapatan tetap, dan saham.

Reksadana yang paling berisiko tinggi adalah reksadana saham. Risiko tinggi ini berbanding lurus dengan return-nya yang tinggi, melebihi reksadana pendapatan tetap, pasar uang, dan campuran.

Berinvestasi di reksadana ini merupakan salah satu tips menabung lima juta setahun yang bisa kamu lakukan!

4. Saham

Tips menabung lima juta setahun yang berikutnya adalah berinvestasi di saham. Investasi saham membutuhkan pemahaman dan analisis yang mendalam. Jadi, kamu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara kerja saham sebelum terjun ke dunia ini.

Pada dasarnya, kalau membeli saham, kamu menjadi pemilik sebuah perusahaan. Jadi, semakin banyak saham yang dibeli, persentase kepemilikan pun semakin besar.

Dari sini, nanti kamu akan mendapatkan keuntungan dari dividen dan pertumbuhan saham itu sendiri. Dividen ini diambil dari keuntungan yang diterima perusahaan. Namun, ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen, melainkan memutar kembali keuntungan untuk pengembangan bisnis.

Risiko berinvestasi saham cukup tinggi, sepadan dengan return-nya yang juga tinggi. 

Baca juga5 Jenis Investasi untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

5. Peer to peer lending

Salah satu tips menabung lima juta setahun lainnya adalah dengan berinvestasi melalui peer to peer lending. Beberapa tahun belakangan, jenis investasi ini semakin menjamur karena mudah, hukumnya jelas, dan return-nya meyakinkan.

Banyak perusahaan fintech lending yang menjalankan bisnis ini, mempertemukan pemilik modal dengan badan usaha yang membutuhkan dana. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman yang dibayarkan oleh badan usaha dengan tenor tertentu.

Menariknya, peer to peer lending ini tidak memerlukan modal besar. Kamu bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah. Itulah tips menabung yang bisa dilakukan sehingga kamu bisa mencapai kebebasan finansial di kemudian hari.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!