10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dilakukan

Imanuel Kristianto

14 Juni 2022

Tips menabung 5 juta setahun (Foto: 123rf)
Tips menabung 5 juta setahun (Foto: 123rf)

Jika dilihat sepintas, menabung memang sepertinya mudah dilakukan. Sayangnya, kebutuhan dan gaya hidup sering kali membuat seseorang sulit menyisihkan penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan. Padahal, tabungan dan investasi merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan agar tujuan keuangan dapat tercapai.

Selain membutuhkan komitmen yang kuat dalam menabung, kamu juga perlu menentukan target jumlah tabungan dalam jangka waktu tertentu agar dapat mengatur dan mencapai tujuan keuangan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Nah, jika kamu termasuk tipe orang yang sulit menabung, kamu bisa memulainya dengan cara yang mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan tips menabung 5 juta setahun berikut ini.

1. Pahami Kondisi Finansialmu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mulai menabung adalah memahami kondisi finansialmu saat ini. Dengan mengetahui berapa banyak pemasukan yang kamu dapat dan uang yang harus kamu keluarkan tiap bulannya, kamu bisa dengan mudah mengatur berapa uang yang bisa kamu tabung.

Untuk mengaturnya, kamu juga harus merinci apa saja kebutuhan primer yang wajib dipenuhi, apa saja target keuangan yang ingin dicapai, dan berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan untuk menabung 5 juta dalam setahun.

2. Buat Catatan Keuangan

Catatan keuangan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan agar kamu dapat mengelola keuangan dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu setiap orang untuk bisa mencapai tujuan keuangan secara terintegrasi dan terencana. 

Untuk itu, buatlah catatan untuk setiap uang yang masuk dan keluar secara terperinci. Sebelum berbelanja, siapkan catatan barang apa saja yang perlu dibeli sehingga kamu terhindar dari pembelanjaan yang konsumtif. Dengan catatan keuangan yang rapi, kamu juga dapat mengevaluasi kondisi finansial tiap bulannya.

3. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Banyak orang menganggap bahwa hemat sama dengan pelit. Namun, keduanya tentu merupakan hal yang berbeda. Hemat berarti membelanjakan uang yang kamu miliki secara bijak, sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, pelit berarti enggan mengeluarkan uang meskipun untuk kebutuhan yang krusial.

Agar bisa mengumpulkan uang sesuai dengan target, kamu perlu menerapkan gaya hidup hemat. Caranya adalah dengan mengklasifikasikan berbagai jenis kebutuhan ke dalam tiga kategori, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Pastikan kamu hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan primer.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

4. Tentukan Hari Menabung

Tips Menabung 5 Juta Setahun
Tips menabung 5 juta setahun (123rf)

Tips menabung 5 juta setahun selanjutnya adalah dengan menentukan hari menabung, yaitu hari yang kamu gunakan khusus untuk menyisihkan uang secara konsisten. Misalnya, kamu menerima gaji setiap tanggal 1 dan menetapkannya sebagai hari menabung.

Jika kamu memiliki penghasilan tambahan di luar tanggal gajian, maka kamu juga bisa menjadikannya sebagai hari menabung tambahan. Agar tidak lupa, pasang alarm pada tanggal tersebut atau gunakan fitur autodebet sehingga kamu bisa langsung menyetorkan dana tersebut ke rekening khusus tabungan.

5. Gunakan Rekening Khusus

Banyak orang tidak menyadari pentingnya memiliki rekening khusus untuk tabungan. Padahal, rekening tersebut sangat berguna agar dana yang ditabung tidak digunakan untuk kepentingan lainnya.

Jika kamu hanya memiliki satu rekening, maka bukan tidak mungkin jika suatu waktu kamu tergoda untuk menggunakannya berbelanja atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki minimal dua rekening tabungan, satu untuk biaya bulanan dan satu lagi untuk menabung.

6. Nonaktifkan Internet Banking

Meski sudah memiliki lebih dari satu rekening, bukan berarti kamu terbebas dari godaan untuk menggunakan uang tabungan tersebut. Apalagi, kecanggihan teknologi saat ini sangat mempermudah kita dalam melakukan transaksi lewat internet banking.

Untuk menyiasatinya, nonaktifkan internet banking pada rekening tabungan agar kamu tidak bisa mempergunakan uang tabungan tersebut secara mudah. Dengan begitu, kamu akan berpikir dua kali ketika ingin menggunakan dana tersebut untuk berbelanja yang tidak penting. 

Baca juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

7. Mulai dari Jumlah Kecil

Banyak orang menganggap bahwa hal yang paling sulit dari menabung adalah memulainya. Ya, memulai kebiasaan baik memang cenderung sulit sehingga kamu harus memaksakan diri untuk tetap melakukannya. Jika masih dirasa sulit, kamu bisa memulainya dari jumlah kecil.

Misalnya, sisihkan uang mulai dari Rp5 ribu per hari untuk menabung selama seminggu. Setelah terbiasa, tingkatkan jumlah uangnya menjadi Rp10 ribu per hari dalam minggu berikutnya. Lakukan pola tersebut secara berulang dengan kenaikan nominal tabungan tiap minggunya.

Jika sudah terbiasa, maka kamu akan lebih mudah dalam menentukan target menabung ke depannya sampai tujuan finansial yang kamu rencanakan dapat terwujud. Bahkan, kamu akan dengan mudah mengalokasikan sebagian uang yang kamu hasilkan untuk disetorkan ke rekening khusus tabunganmu.

8. Buat Kalender Tabungan

Setelah mulai menabung dari jumlah kecil, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat kalender tabungan khusus dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, kalender tabungan harian, mingguan, atau bulanan. Kamu bisa membuat target sesuai skema kalender tabungan yang kamu pilih agar jumlah tabunganmu bisa mencapai angka Rp5 juta dalam setahun. 

Untuk mencapainya, kamu perlu memiliki tabungan sebanyak Rp416 ribuan per bulan. Untuk mempermudah perhitungan, kamu bisa membulatkannya menjadi Rp420 ribu per bulan. Dengan skema tersebut, maka kamu perlu menabung sebanyak Rp14 ribu per hari atau Rp105 ribu per minggu.

9. Cari Teman

tips menabung 5 juta setahun
Tips menabung 5 juta setahun (123rf)

Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya menabung untuk masa depan. Nah, supaya lebih semangat dalam menabung, kamu juga bisa mengajak teman atau anggota keluarga untuk melakukan challenge menabung dalam periode tertentu.

Saat ini, sudah banyak media sosial yang mengangkat tema tantangan menabung untuk membuat masyarakat terbiasa melakukannya. Jika kamu enggan untuk mengajak teman atau anggota keluarga, kamu bisa lho mengikuti tantangan tersebut melalui grup di media sosial.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

10. Pakai Fitur Autodebet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tips menabung 5 juta setahun yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur autodebet. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran otomatis secara terjadwal. Misalnya, kamu mengaktifkan fitur ini untuk menarik atau mentransfer sejumlah uang ke rekening khusus tabungan.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot mengingat jadwal menabung dan melakukan transfer sejumlah uang ke rekening tabungan. Selain hemat waktu dan tenaga, kegiatan menabung juga jadi lebih konsisten dan efektif, kan?

11. Mulai Berinvestasi

Selain menyimpan tabungan di rekening khusus, kamu juga bisa menyimpan uang yang kamu sisihkan dalam bentuk investasi. Selain tabungan tersimpan aman dan tidak mudah digunakan, kamu juga bisa mendapat keuntungan berupa return dari hasil investasi yang kamu lakukan.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

Tidak perlu modal besar untuk bisa berinvestasi karena sekarang sudah banyak aplikasi investasi yang bisa memudahkanmu dalam mengalokasikan dana untuk ditanamkan dalam bentuk investasi. Misalnya, aplikasi BMoney yang memudahkan kamu untuk melakukan investasi reksa dana mulai dari Rp 10 ribu.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!