Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

Yudhianto Thohirin

29 Maret 2022

Tips menabung harian. (123rf)
Tips menabung harian. (123rf)

Kebiasaan menabung tidak mengenal umur. Sudah banyak orang yang belajar nabung dengan menggunakan celengan. Awalnya menabungkan uang koin, lama-lama menabung uang kertas. Dari awal menabung di celengan, ketika sudah penuh, bisa dipindahkan ke rekening bank.

Skema menabung memang tidak harus mulai dari jumlah besar. Khususnya kalau kamu belum memiliki penghasilan tetap bulanan alias belum bekerja. Namun, bukan berarti kalau masih berstatus pelajar atau mahasiswa kamu tidak bisa menabung, lho. Kamu tetap bisa menyisihkan uang saku yang diberikan oleh orang tua untuk menabung sedikit demi sedikit!

Ada beberapa tips menabung harian yang bisa kamu lakukan di rumah. Tips menabung untuk pelajar ini sangat mudah diikuti oleh siapa pun asalkan ada niat kuat!

Tips Menabung untuk Pelajar

Sebagai pelajar, cara menabung yang paling mudah dan murah adalah melakukannya di rumah. Mengapa? Pertama, kamu tidak perlu repot-repot membuka rekening bank. Kedua, dengan menabung di rumah, kamu bisa mengakses celengan dengan mudah sehingga akan sering terdorong untuk memasukkan uang ke celengan. Kedua, dengan menabung di rumah, kamu tidak ada alasan untuk malas pergi ke bank untuk menyetor uang.

Berikut beberapa tips menabung untuk pelajar!

1. Kurangi jajan

Salah satu tips menabung untuk pelajar maupun mahasiswa adalah mengurangi jajan alias makan di luar. Memang, rasanya hal yang lumrah kalau kamu seharian beraktivitas di luar rumah lalu membeli makanan dan snack untuk mengisi perut. Namun, kamu harus hati-hati dalam mengalokasikan uangmu untuk keperluan ini karena rasanya hanya mengeluarkan uang sedikit, tetapi tiba-tiba uangmu habis dengan cepat.

Bayangkan, misalnya setiap hari kamu membeli makan siang di kantin seharga 20 ribu rupiah. Lalu, di sore hari, kamu membeli snack yang harganya sama seperti makan siangmu. Dalam satu hari, kamu sudah mengeluarkan 40 ribu rupiah untuk makanan. Anggaplah kamu ada di sekolah atau kampus selama 20 hari sebulan, biaya yang kamu keluarkan untuk makan mencapai 800 ribu rupiah! Itu baru alokasi makan, belum ditambah transportasi dan lain sebagainya.

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya makan adalah dengan membawa bekal dari rumah. Kalau kamu masih tinggal bersama orang tua, manfaatkan kondisi itu dengan membawa lauk dan nasi dari rumah. Jika kamu anak kos, ini saatnya kamu belajar masak dan membawanya sebagai bekal! Bahkan, dengan masak makananmu sendiri, kamu bisa mendapatkan makanan homemade yang lebih sehat dan jelas kebersihannya.

Baca jugaTips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

2. Pilih-pilih tempat makan

Tips agar bisa menabung tiap hari lainnya, yaitu memilih tempat makan dengan saksama. Tips ini bisa membuatmu menghemat biaya makan secara signifikan, lho. Misalnya, ketika sedang di mal, kamu tidak harus selalu makan di restoran yang ada di dalam mal.

Kalau kamu sering nongkrong di mal, pasti tahu range harga makanan di mal: mahal dan porsinya belum tentu mengenyangkan! Nah, kamu bisa coba cara lain, yaitu makan di kantin karyawan. Di sana, ada banyak pilihan makanan dengan harga miring dan sudah pasti mengenyangkan!

3. Batasi belanja

Tips menabung di rumah yang satu ini efektif sekali untuk membantumu menyisihkan uang saku bulanan, lho! Di era serba-online seperti sekarang, memang mudah sekali untuk membeli barang, khususnya yang sifatnya sekunder atau tersier.

Nah, kamu perlu menahan diri dari godaan notifikasi e-commerce yang muncul tiap hari. Kamu bisa membatasi diri dengan menargetkan hanya berbelanja kebutuhan sekunder atau tersier per tiga bulan sekali. Bahkan, kalau bisa per enam bulan sekali. Berbelanjalah di saat kamu memang ada kebutuhan.

Kamu tidak perlu melulu menuruti keinginanmu karena yang namanya keinginan tidak pernah ada habisnya, kan?

Baca juga10 Fungsi Investasi dan Tips Berinvestasi yang Menguntungkan

Tips menabung harian
Tips menabung harian. (123rf)

 

4. Batasi nongkrong

Membatasi nongkrong-nongkrong bisa menjadi salah satu tips menabung untuk pelajar maupun mahasiswa. Kamu tahu, dong, yang namanya kalau sudah kumpul-kumpul sama teman pasti bisa berjam-jam. Awalnya cuma pesan segelas kopi, lalu berlanjut dengan singkong goreng, french fries, dan lain-lain.

Kalau kamu termasuk yang sering melakukan ini, saatnya kamu evaluasi lagi kegiatanmu setiap bulan. Bukan berarti kamu harus berhenti berkumpul dengan teman-teman, melainkan memutuskan dengan bijak pertemuan mana yang perlu didatangi dan mana yang masih bisa ditunda atau ditolak.

Kamu juga bisa membatasi diri misalnya hanya ikut kumpul-kumpul sebanyak 1–2 kali sebulan, sesuaikan saja dengan budget bulananmu.

Baca jugaPengertian Manajer Investasi dan Tips Memilih yang Terbaik

5. Beli celengan

Tips menabung di rumah, ya, punya celengan! Namun, tidak sembarangan celengan, lho. Carilah celengan yang tidak mudah dibuka atau dirusak. Misalnya, celengan dari bahan kaleng. Belilah celengan yang proses membukanya membutuhkan effort lebih sehingga kamu akan malas untuk membukanya dalam waktu dekat. Cara ini bisa membuatmu “terpaksa” merelakan uang yang sudah masuk ke dalam celengan itu. 

Kamu bisa mulai dengan jumlah kecil, misalnya memasukkan pecahan 5.000 rupiah ke dalam celengan setiap hari. Dalam sebulan, tanpa terasa kamu sudah mengumpulkan 150 ribu rupiah, lho!

Buat komitmen untuk tidak membuka celengan kecuali sudah penuh sesak. Ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan ketika sudah saatnya membuka celengan itu, kamu akan kaget berapa banyak uang yang sudah kamu simpan selama ini. Tentu saja, ketika sudah berhasil membuka celengan dan menghitung total uang yang sudah kamu kumpulkan, jangan dipakai untuk belanja, ya, melainkan bisa kamu pindahkan ke rekening bank!

Baca juga9 Tips Belajar Investasi untuk Pemula

Tips menabung harian
Tips menabung harian. (123rf)

 

6. Manfaatkan diskon

Tips menabung di rumah lainnya, yaitu pelajar atau mahasiswa harus punya strategi cermat dalam menghemat uang saku, salah satunya memantau diskon yang ditawarkan di e-commerce atau platform online pesan-antar makanan, dan lain sebagainya.

Keberadaan diskon ini akan sangat membantumu menghemat banyak uang dan bisa kamu tabungkan di rumah setiap hari. Dalam periode-periode tertentu, e-commerce dan layanan pesan-antar makanan online menawarkan diskon yang sangat menggiurkan.

Bahkan, mereka berani memberikan potongan sampai 50 persen atau bebas ongkos kirim. Nah, kamu perlu jeli menangkap momentum ini agar bisa menghemat uang lebih banyak!

7. Sisihkan di awal

Kalau mau bisa konsisten menabung, kamu harus menyisihkannya di awal, bukan menyisakannya di akhir. Tips agar bisa menabung setiap hari adalah dengan memasukkan uang ke celengan di pagi hari sebelum kamu mulai beraktivitas.

Dengan begitu, kamu akan belajar disiplin dengan budget harian yang tersisa dan “memaksa” diri memanfaatkan dana yang ada untuk “survive” dalam sehari.

Baca jugaTips Investasi Saham untuk Pemula

8. Cari peluang

Kata siapa pelajar atau mahasiswa hanya bisa menunggu uang saku pemberian orang tua? Kamu bisa mencari peluang dari aktivitasmu sehari-hari, lho. Misalnya, membantu tetangga membersihkan taman, membantu dosen mengerjakan proyek, menjadi guru les mata pelajaran, dan lain sebagainya.

Carilah peluang kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan di sela aktivitas belajarmu. Daripada waktu luang digunakan untuk nongkrong setiap hari, lebih baik gunakan untuk melakukan aktivitas yang menghasilkan uang, kan? Ini salah satu tips menabung untuk pelajar atau mahasiswa yang sangat mungkin dilakukan oleh siapa saja, lho!

Nah, tidak susah, kan, untuk mengikuti tips agar bisa menabung tiap hari di atas? Intinya, kamu perlu disiplin dan konsisten dalam melakukannya. Selamat berjuang dan jangan lupa, lakukan dengan komitmen penuh, ya!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!