Tips Menabung Ibu Rumah Tangga, Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Daniel Esaputra Yoan

15 Februari 2024

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga (unsplash.com)
Tips Menabung Ibu Rumah Tangga (unsplash.com)

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menabung ibu rumah tangga. Memilih menjadi ibu rumah tangga dan fokus membesarkan anak-anak, merupakan panggilan mulia. Namun, melepaskan pekerjaan untuk menjadi ibu penuh waktu memang datang dengan pengorbanan.

 

Apalagi, seorang ibu rumah tangga harus belajar hidup dengan penghasilan tunggal. Itu sebabnya dibutuhkan perencanaan dan penganggaran ekstra untuk keuangan keluarga. Menabung, termasuk di dalamnya.

Baca juga: 10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

Nyatanya, banyak ibu rumah tangga yang sulit menabung. Salah satu penyebabnya adalah mengalami kesulitan dalam mengontrol keuangan keluarga dan tidak menjalani tips menabung ibu rumah tangga dengan baik.

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, kamu harus terus membaca artikel ini. Sebab, di sini akan dibahas secara lengkap tips menabung ibu rumah tangga.     

Sebagai seorang ibu rumah tangga, ada beberapa cara agar kamu tidak hanya aman secara finansial, tetapi juga dapat menghasilkan dan menabung.

Mengetahui Cara Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Tips menabung ibu rumah tangga yang pertama adalah mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan bersama pasangan. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Komunikasi

Komunikasi antar pasangan sangat penting saat membahas isu finansial. Kamu harus tahu di mana posisi masing-masing terkait dengan uang. Siapa yang lebih baik saat berhadapan dengan angka? Siapa yang lebih baik dalam memastikan tagihan dibayar tepat waktu? Apakah keuangan dan utang kamu menjadi prioritas?

2. Akuntabilitas

Duduk dan rencanakan keuangan kamu bersama pasangan. Tetapkan semua tugas terkait keuangan. Setiap orang perlu mengetahui ke mana uang itu pergi.

Baca juga: 9 Cara Jual Foto di Shutterstock, Dijamin Untung!

3. Menetapkan Tujuan Bersama

Tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek sama pentingnya. Pastikan tujuan ini mencakup tujuan uang seperti menabung untuk liburan atau menabung untuk masa pensiun.

4. Saling Memahami Pola Pikir

Jika kamu memahami dari mana pikiran dan perasaan orang lain berasal, maka kamu akan tahu bagaimana berhubungan dan berempati dengan ide-ide itu.

5. Memahami Pola Pikir Mengenai Uang Milikmu

Kamu harus memahami pola pikir mengenai uang milikmu. Jika tidak, tidak ada tips keuangan untuk ibu rumah tangga yang akan membantu mencapai target keuanganmu.

Sebagai contoh, jika pasangan kamu tumbuh dengan orang tua yang selalu menghabiskan uang dan bertengkar sepanjang waktu, pola pikirnya tentang uang mungkin tidak menyenangkan.

Langkah Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga

Langkah Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga 
Langkah Menabung Bagi Ibu Rumah Tangga (unsplash.com)

Setelah mendiskusikan masalah finansial dengan pasangan kamu, tips menabung ibu rumah tangga yang kedua adalah melakukan sejumlah langkah penghematan. Apa saja yang bisa dilakukan dalam menghemat uang?

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

1. Mencatat Pengeluaran

Langkah pertama dalam perencanaan keuangan adalah mengetahui ke mana saja kamu membelanjakan uang. Misalnya, jika kamu memiliki anggaran bulanan Rp 3.000.000 dan kamu memiliki sisa sebesar Rp 500.000 pada akhir bulan, kamu perlu mengetahui bagaimana kamu menghabiskan Rp 2.500.000 tadi. 

Catat semua pengeluaran kamu seperti biaya membeli bahan makanan, biaya sekolah anak, biaya dokter, dan sebagainya. Usahakan pencatatan dilakukan seakurat mungkin, sehingga kamu tahu persis di mana kamu menghabiskan uang kamu.

2. Membuat Anggaran Sesuai Kebutuhan

Setelah kamu mengetahui bagaimana kamu telah menghabiskan anggaran bulanan, kamu harus membuat daftar semua item yang benar-benar diperlukan untuk setiap bulan.

Misalnya, kamu perlu membeli makanan, jadi tuliskan sayuran, minyak, tepung, dan sebagainya. Di sebelah setiap item tuliskan berapa biaya setiap item. 

Setelah itu ditotalkan, sehingga kamu bisa mengetahui jumlah minimum yang harus dibelanjakan setiap bulan. Jika total pengeluaran adalah Rp 2.000.000, tulislah dengan angka tersebut. Sisanya Rp 500.000 dapat dicatat sebagai biaya lain-lain. 

3. Cari Cara Untuk Menghemat

Selanjutnya, cari cara agar kamu dapat menghemat uang. Banyak supermarket menawarkan harga diskon atau penawaran beli-satu-dapat-satu-gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk menurunkan anggaran belanjamu.

Baca juga: 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, ada Indonesia?

Menggunakan kembali sisa makanan untuk membuat makanan ringan yang lezat berarti kamu tidak melakukan pemborosan dan dapat menghabiskan lebih sedikit uang untuk membeli makanan ringan yang sudah jadi.

4. Memasukkan Kembalian Uang Receh Dalam Toples

Ada kalanya kamu tidak bisa untuk menghemat uang setiap bulan karena pengeluaran tak terduga dapat muncul. Namun, apa pun yang dapat kamu simpan, simpanlah di tempat yang aman selama beberapa bulan. Periksa berapa banyak uang yang telah kamu simpan setelah enam bulan. Kamu mungkin akan terkejut dengan bagaimana uang itu menumpuk. 

5. Menginvestasikan Sejumlah Uang

Untuk membuat uang milikmu berkembang menjadi lebih banyak lagi, kamu dapat mencari cara untuk menginvestasikannya. Kamu bisa memasukkannya ke dalam deposito atau jenis investasi lainnya. 

6. Tetap Tinggal di Rumah

Semakin banyak kamu keluar rumah, semakin banyak uang yang akan kamu keluarkan. Selain menghabiskan banyak waktu, kamu juga akan menghabiskan lebih banyak bensin. Kamu juga cenderung berhenti dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. 

Jika kamu di rumah, menyimpan uang jauh lebih mudah daripada membelanjakannya.

7. Membayar Dengan Uang Tunai

Hal ini kerap menjadi isu hangat yang terus diperdebatkan. Namun, statistik menunjukkan bahwa orang menghabiskan 12%-18% lebih sedikit ketika membayar dengan uang tunai.

Baca juga: Arti Hold dalam Investasi Saham yang Perlu Kamu Ketahui

8. Makan di Rumah

Kamu akan selalu menghemat uang jika kamu makan di rumah. Jika kamu kekurangan waktu  untuk masak, lakukan kegiatan memasak di akhir pekan untuk menghemat waktu selama seminggu, lalu masukkan freezer. Tidak ada satu pun makanan yang bisa dibuat di rumah lebih mahal daripada makan di luar.

9. Saat Meninggalkan Ruangan, Matikan Lampu, Elektronik

Sulit dipercaya bahwa kamu dapat menghemat uang dengan melakukan sesuatu yang sangat sederhana. Biasakan mengingatkan anak-anak kamu untuk mematikan lampu dan elektronik milik mereka ketika mereka berada di sekolah.

Menetapkan Target Jumlah Tabungan
Menetapkan Target Jumlah Tabungan (unsplash.com)

10. Menetapkan Target Jumlah Tabungan

Menabung adalah kebiasaan yang bisa dipupuk dari waktu ke waktu. Bagian yang penting adalah bagaimana memulai dan menyadari kamu membelanjakan uang. 

Dengan menetapkan target jumlah tabungan, kamu bisa fokus dalam mencapai tujuanmu. Dengan langkah ini, kamu juga dapat memprediksi berapa lama waktu yang kamu butuhkan dalam memenuhi target tersebut.

Baca juga: Begini Cara Take Profit atau TP dalam Saham

11. Mencanangkan Hidup Sehat

Satu hal yang tak kalah penting adalah mencanangkan hidup sehat. Yakni dimulai dengan mengatur makanan yang kamu konsumsi, hingga melakukan olahraga secara teratur. 

Dengan hidup sehat, kamu dapat meminimalisir pengeluaran tak terduga seperti biaya berobat jika kamu sakit. 

12. Mengikuti Arisan

Cara menabung yang cukup sering dilakukan ibu rumah tangga adalah dengan ikut arisan. Lewat arisan, ibu rumah tangga akan menyisihkan uangnya untuk ditabung. Yang perlu diperhatikan adalah pilih arisan dengan sistem yang menurut kami sesuai dengan kondisi finansialmu.

 

Bagaimana dengan tips menabung ibu rumah tangga di atas? Selain cara di atas, Anda juga bisa mulai menabung melalui instrumen Reksa Dana atau Saham. Mulai dari Rp 10.000 saja! Semoga bisa menjadi inspirasi buat kamu untuk menyisihkan uang ya! Selamat mencoba!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!