Tips Trading Saham untuk Pemula yang Ampuh Dapat Cuan

Uji Agung Santosa

13 Desember 2023

Tips trading yang cuan (123rf.com)
Tips trading yang cuan (123rf.com)

Bagi sebagian orang, trading saham atau instrumen investasi yang lain mungkin bukan kegiatan yang asing di telinga. Kegiatan mencari cuan yang satu ini termasuk salah satu aktivitas ekonomi yang sedang digandrungi seluruh kalangan pada saat ini. Terlebih, di era serba digital yang memungkinkan siapa saja melakukan trading saham, forex, hingga cryptocurrency, secara praktis lewat beragam platform online.

 

Meski mudah untuk dilakukan, trading merupakan kegiatan yang berisiko tinggi. Jika tidak dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni dan pengalaman yang cukup, bisa-bisa kamu terjerembab dalam jurang kerugian.

Itulah sebabnya, ada banyak tips trading yang biasa diberikan para trader senior kepada para pelaku pasar pemula yang baru terjun ke dunia ini. Selain memiliki pemahaman mendalam soal trading, penting bagi trader untuk mengetahui cara memitigasi risiko trading dan menyadari bahwa trading bukan sesuatu yang selalu membuat pelakunya terhimpit kerugian.

Kegiatan yang dianggap menakutkan ini bisa jadi menyenangkan jika kamu tahu cara yang tepat untuk melakukannya. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak tips trading berikut ini.

Tips Trading untuk Pemula

Tips trading saham untuk pemula.
Tips trading saham untuk pemula.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat masuk ke dunia trading dan ingin belajar menjadi trading andal.

1. Ikut Komunitas Trading

Jika kamu adalah calon trader, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Ada banyak orang yang tertarik untuk menekuni dunia ini, tapi belum begitu paham cara mainnya. Orang-orang ini biasanya berkumpul dalam satu komunitas yang di dalamnya kamu bisa belajar bersama dan mendapatkan informasi penting tentang trading.

Seorang trader mungkin memiliki tips khusus agar bisa melakukan trading dengan tepat sehingga memperoleh cuan yang diharapkan. Satu trader dengan trader lainnya tentu memiliki tips trading saham yang berbeda-beda sehingga kamu bisa mempelajarinya satu per satu lewat komunitas seperti ini.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Membuat Trading Plan Saham!

Saat ini, ada banyak komunitas trading yang bisa kamu ikuti di dunia maya, baik berupa forum internet maupun komunitas yang berada di media sosial. Dengan mengikuti komunitas seperti ini, kamu bisa belajar mengenai analisis trading, menjalin kekerabatan dengan sesama trader, dan belajar banyak dari pengalaman trader-trader yang punya jam terbang lebih lama darimu. 

Setelah mengenal trading lebih dalam, kamu pun akan menemukan bahwa trading adalah kegiatan yang cukup menyenangkan! Bahkan, bukan tidak mungkin jika kamu menemukan cara tersendiri agar dapat mendulang cuan dengan hasil analisis yang telah kamu pelajari sebelumnya.

2. Jangan Terlalu ‘Ngoyo’ dalam Trading

Mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dari trading memang bisa saja terjadi. Hal ini bahkan mungkin sering kamu lihat di media sosial, yakni ketika influencer di media sosial mengunggah postingan yang menunjukkan keuntungan yang diperoleh dari hasil trading.

Postingan tersebut mungkin bikin kamu berambisi untuk terjun ke dunia trading sehingga rela mengorbankan banyak hal, termasuk semua aset yang kamu miliki, agar bisa memperoleh keuntungan yang sama besarnya dengan si influencer.

Tapi, ingat bahwa kegiatan ini sangat berisiko tinggi sehingga kamu sebaiknya menghindari sikap gegabah yang bisa berujung pada kerugian. Pasalnya, kerugian yang kamu hadapi bisa saja membuatmu malah trauma sehingga tidak mau lagi melakukan trading.

Baca juga: Swing Trading: Kelebihan, Kelemahan, dan Indikator

Tips trading ini sering kali terlupakan oleh para trader pemula. Ingat, kamu tidak perlu terlalu berambisi dan ‘ngoyo’ saat terjun dalam dunia ini. Oleh karena itu, sebelum memulai trading, pastikan kamu menyadari bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan kepala dingin dan penuh kesabaran.

Pastikan kamu menikmati segala prosesnya agar kamu bisa merasakan serunya melakukan trading. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Maka, mulailah segala sesuatunya dari hal terkecil agar kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga yang mengajarkanmu untuk menjadi seorang trader andal.

3. Ajak Keluarga atau Teman untuk Trading

Keseruan dalam melakukan suatu kegiatan hanya bisa dirasakan jika kamu menjalankannya dengan hati yang senang. Nah, salah satu tips trading saham yang biasa kamu aplikasikan untuk membuat kegiatan ini menjadi menyenangkan adalah dengan mengajak anggota keluarga atau temanmu untuk ikut melakukan trading.

Sebagai orang-orang terdekatmu, tentu kamu akan merasa lebih aman dan nyaman dalam berbagi pengalaman saat menjalankan trading. Mereka juga akan menjadi support system yang bisa membantumu untuk berpikir logis saat kamu kehilangan kendali.

4. Siapkan Dana Darurat

Selain mempelajari berbagai analisis trading, ada lagi tips trading saham yang perlu kamu ingat agar tidak kesulitan dalam menjalani hari-hari selama kamu fokus pada kegiatan yang satu ini. Apalagi jika kamu memutuskan untuk mengandalkan keuntungan dari trading sebagai penghasilan utama.

Pastikan kamu menggunakan ‘uang dingin’ untuk melakukan trading dan menyiapkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan selama kamu fokus menjalankan trading. Rata-rata trader menyiapkan dana darurat untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari selama 3-6 bulan saja. 

Baca juga: Tips Menghindari Penipuan Robot Trading

Namun, itu bisa dilakukan oleh mereka yang masih punya sumber penghasilan lain di luar trading. Sementara itu, kita tidak pernah tahu bagaimana gejolak pasar yang tidak terduga menuntut trader yang mengandalkan penghasilan dari trading agar memiliki dana darurat yang lebih banyak.

5. Belajar Disiplin dan Siapkan Mental

Seluruh tips trading saham di atas tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan kedisiplinan yang tinggi dan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai kemungkinan tidak terduga saat melakukan kegiatan berisiko ini.

Kekuatan modal dan strategi tidak akan optimal jika kamu masih malas-malasan dalam melakukan analisis dan memantau pergerakan pasar. Kamu juga akan mudah menyerah saat melihat pergerakan pasar yang tidak sesuai harapan jika kamu masih memiliki mental yang lemah.

Untuk itu, pastikan kamu melatih diri agar selalu disiplin dan mengelola emosional secara tepat supaya tidak mudah terpicu oleh rasa panik. Tanpa kedisiplinan yang tinggi dan mental yang kuat, kamu mungkin akan mudah untuk terjebak dalam euforia keuntungan berlipat ganda yang dihasilkan dari trading sehingga berpotensi membeli saham yang tidak menguntungkan.

Baca juga: Ini Alasan Trading Saham di BMoney Lebih Praktis dan Menguntungkan

Demikian penjelasan mengenai tips trading yang bisa kamu terapkan agar dapat menjadi trader handal yang berpengalaman. Selain menerapkan tips di atas, kamu juga bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu tentang trading dengan mengunjungi laman BMoney

Selain itu, kamu yang masih belum berani untuk melakukan trading saham secara langsung, bisa juga memulainya dengan mengunduh aplikasi BMoney dan melakukan trading saham. Jika kamu belum mengetahui profil risikomu, maka kamu juga bisa mencari tahu melalui aplikasi yang andal dan terpercaya ini.

Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena BMoney merupakan aplikasi yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu akan terhindar dari transaksi penipuan yang biasa terjadi di platform ilegal. Segera download aplikasinya secara gratis di App Store atau Play Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!