8 Trader Sukses Indonesia yang Layak Jadi Panutan

Imanuel Kristianto

24 Oktober 2022

Trader sukses Indonesia (Foto: 123rf)
Trader sukses Indonesia (Foto: 123rf)

Kamu yang baru terjun ke dunia trading tentu berharap menemukan sosok yang tepat untuk dijadikan panutan dalam berinvestasi. Hal ini diperlukan supaya kamu bisa mempelajari banyak hal dari sosok tersebut.

Ada banyak trader sukses Indonesia yang dapat dijadikan sebagai panutan oleh para trader pemula. Kebanyakan di antara mereka dijadikan panutan bukan hanya karena mampu meraup pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang banyak, tapi juga karena memiliki strategi tertentu yang mungkin tidak semua orang bisa melakukannya.

Para trader sukses Indonesia ini rata-rata memiliki kemampuan untuk berstrategi sehingga berhasil melakukan trading saham ataupun Forex dalam waktu singkat.

Mengutip beberapa literatur, tujuan trading pada dasarnya adalah memperoleh keuntungan maksimal dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Oleh karena itu, diperlukan analisis yang mumpuni dan strategi yang tepat untuk dapat menghindari kerugian.

Ada trader yang fokus pada produk investasi yang dipilih, namun ada juga trader uang fokus pada sentimen dan kondisi pasar. Keduanya sama-sama bertujuan untuk mendapat keuntungan dalam jangka pendek.

Jika di luar sana ada banyak trader sukses yang bisa menjadi inspirasi dalam trading, maka di dalam negeri pun ada daftar trader sukses Indonesia yang layak jadi panutan. Siapa saja? Simak terus tulisan ini sampai tuntas!

Baca juga: Mengenal Growth Investing dan Strategi Investasinya

Daftar Trader Sukses di Indonesia

Daftar Trader Sukses di Indonesia
Daftar Trader Sukses di Indonesia

Berikut ini adalah daftar trader sukses di Indonesia yang memiliki pengalaman dan pengetahuan menarik soal jual beli saham sehingga bisa mendapat keuntungan sampai triliunan rupiah.

1. Lho Keng Hong

Trader sukses Indonesia yang satu ini sering juga dijuluki sebagai Warren Buffet dari Indonesia. Pasalnya, ia memiliki pengalaman trading yang tidak sebentar, tepatnya sejak 1989, dan terus menekuni dunia trading sampai saat ini.

Keberhasilannya di dunia trading dibuktikan dengan keuntungan yang diperolehnya dari trading saham mencapai Rp2,5 triliun. Menariknya, sebelum menjadi hartawan, ia sempat menjalani hidup yang hemat dan sederhana selama 17 tahun. Beruntung, jalan hidupnya berubah setelah ia menekuni dunia trading dan menemukan strategi yang tepat untuk dapat menghasilkan pendapatan pasif sampai miliaran rupiah.

Baca juga: Tips Investasi Lo Kheng Hong dan 5 Saham Andalannya

2. Ellen May

Dunia investasi tidak hanya dipenuhi oleh laki-laki. Ada juga trader perempuan yang sukses meraih keberhasilan dari berinvestasi dan jual beli saham. Selama bertahun-tahun, Ellen May menekuni dunia trading dan memiliki strategi jitu untuk dapat mendulang keuntungan berlimpah.

Berkat ketekunannya dalam mempelajari dunia trading, ia berhasil memperoleh keuntungan sebesar 600 persen dan 1.500 persen pada tahun 2013 lalu. Kini, perempuan yang aktif membagikan ilmu trading melalui Ellen May Institute ini berkomitmen untuk mengedukasi 1 juta orang supaya melek saham lewat berbagai tulisan dan seminar.

3. Hendrik Leonardy

Berbekal kemampuannya dalam menggunakan strategi trading, Hendrik Leonardy didapuk menjadi salah satu trader sukses Indonesia. Selain berhasil menerima penghargaan National Trading Championship, ia juga terpilih sebagai The Best Indonesia Trader 2009.

Salah satu pencapaian terbaik yang pernah diraihnya adalah ketika ia memperoleh keuntungan dari trading hingga 360 persen dari modal awalnya. Namun, ia juga sempat mengalami masa sulit karena harus menerima kerugian besar di awal kariernya sebagai trader pemula. Berkat ketekunan dan tekad yang kuat, ia pun berhasil melaluinya dan sampai pada pencapaian yang didapatkannya saat ini.

4. John Wen

Daftar trader sukses Indonesia selanjutnya adalah John Wen. Laki-laki yang mendapat pengetahuan soal trading dari ibunya ini memulai investasi saham di usia yang masih sangat muda, yaitu ketika ia berusia 20 tahun.

Berkat pengetahuan dan ketekunannya dalam berinvestasi, ia pun berhasil mendapat keuntungan sebanyak 60 persen tiap tahunnya. Salah satu prinsip sederhana yang hingga kini dijalankannya adalah dengan menerapkan pembelian saham dari perusahaan yang fundamentalnya baik ketika harganya murah, lalu menjualnya ketika harga saham sedang naik.

Baca juga: Ini Artinya ARA Saham yang Perlu Kamu Ketahui!

5. Desmond Wira

Jika trader sukses di Indonesia lainnya langsung terjun ke dunia trading di pasar saham, maka lain halnya dengan Desmond Wira. Ia justru memulai kariernya sebagai trader dengan membuka Pojok Saham di kampusnya, yaitu Universitas Indonesia.

Padahal, saat itu ia sedang menjalani pendidikan di Arsitektur. Setelah mendalami dunia trading, barulah ia memantapkan hati untuk menjadi full-time trader sekaligus penulis buku dengan topik seputar trading dan investasi. Ia layak menjadi panutan bagi banyak orang yang tidak memiliki latar belakang ekonomi, namun ingin terjun ke dunia trading dan investasi.

6. Sigit Purnomo

Daftar trader sukses dan ternama lainnya di Indonesia adalah Sigit Purnomo. Ia juga dikenal dengan sebutan Ninja Trader karena kelihaiannya dalam melakukan trading. Trader yang juga berprofesi sebagai guru ini memulai kariernya di dunia trading sejak 2007 dan terus mempelajari ilmu jual beli saham melalui berbagai komunitas trader.

Salah satu rahasia sukses yang sering kali dibagikan Sigit kepada para trader pemula adalah menggunakan uang dingin untuk trading, tidak melakukan trading saat sedang terlalu emosi (senang atau sedih), dan tidak menjadikan trading sebagai mata pencaharian utama.

Itulah sebabnya, ia tetap menjalankan profesinya sebagai guru meskipun telah berhasil meraih keuntungan dari trading yang dianggapnya sebagai profesi dengan risiko yang tinggi. Keberhasilan Sigit sebagai trader membuktikan bahwa profesi ini bisa dijajal oleh siapa pun asalkan mau terus belajar dan bersabar.

Baca juga: KSEI adalah Lembaga Penting di Dunia Investasi, Apa Fungsinya?

7. Hary Suwanda

Hary Suwanda merupakan salah satu trader yang juga termasuk dalam daftar trader sukses Indonesia. Laki-laki yang menjabat sebagai CEO Lumen Capital Resources ini sudah aktif di dunia trading sejak 2005 dan berhasil mendapat penghargaan sebagai pelatih trading terbaik dari majalah Smart Investing pada 2009.

Kariernya sebagai trader dimulai setelah ia mengalami pemutusan hubungan kerja pada 1998. Saat itulah ia terjun ke dunia trading sepenuhnya dengan mendirikan perusahaan Lumen Capital Resources pada 2005. Selain latar belakang pendidikan yang pernah ditempuhnya di International European University Surabaya, ia juga aktif mengikuti berbagai trading workshop untuk mendukung kariernya sebagai seorang trader.

8. Rico Ferdinand Yapotra

Sama seperti John Wen, Rico juga memulai karier di dunia trading sejak usia 20 tahunan. Laki-laki yang pernah berkuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti ini sempat bekerja kantoran selama beberapa tahun sebelum akhirnya mantap menjadi trader pelatih investasi dengan mendirikan lembaga pelatihan investasi.

Itulah beberapa trader sukses yang bisa jadi sosok panutan bagi kamu yang ingin sukses di dunia trading. Dari delapan sosok tersebut, mana yang menurutmu paling inspiratif dan layak menjadi panutan?

Selain memperkaya pengetahuan tentang trading dan mempelajari berbagai teknik atau strategi dari sosok-sosok panutan tersebut, kamu juga perlu mulai belajar melakukan investasi di berbagai instrumen. Hal ini menjadi penting agar kamu terhindar dari risiko kerugian jika hanya menanamkan modal di satu instrumen saja.

Kamu yang tertarik untuk melakukan diversifikasi bisa mencoba instrumen investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu saja melalui aplikasi BMoney yang bisa diunduh di Play Store atau App Store

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!