10+ Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Mudah dan Menguntungkan

Uji Agung Santosa

16 April 2023

Tips mengembangkan usaha rumahan dengan modal Rp50 ribu (123rf.com)
Tips mengembangkan usaha rumahan dengan modal Rp50 ribu (123rf.com)

Memiliki usaha sampingan di tengah meningkatnya tuntutan dan kebutuhan hidup menjadi salah satu hal krusial. Kabar baiknya, ada banyak usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa kamu coba untuk menghasilkan pendapatan tambahan. 

Alih-alih berharap hasil instan dengan nominal signifikan, bisnis dengan modal kecil pun bisa menghasilkan keuntungan besar selama kamu tidak takut mencoba dan belajar. Yuk, cari tahu usaha rumahan apa saja yang bisa kamu coba hanya dengan modal Rp50 ribu, lengkap dengan tips mengembangkannya.

Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil
Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Hanya dengan modal sebesar Rp50 ribu, kamu sudah bisa menjalankan usaha. Terlebih lagi untuk kamu yang memiliki kesibukan utama dan sulit membagi waktunya. Misalnya saja, ibu rumah tangga, karyawan tetap, atau pelajar dan mahasiswa. Masih bingung ingin berbisnis apa? Simak ide-ide berikut ini.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

1. Jual Pakaian Thrift atau Preloved

Jenis usaha modal 50 ribu yang satu ini sangat populer dan sudah terbukti bisa menghasilkan keuntungan besar. Usaha thrifting maupun preloved biasa dipakai untuk menggambarkan pembelian barang atau pakaian di garage sale atau pasar loak. Secara umum, kedua istilah tersebut mengacu pada jual beli pakaian ataupun barang bekas yang masih layak pakai.

Oleh sebab itu, selain membeli untuk dijual lagi, kamu juga bisa memanfaatkan pakaian-pakaian bekas layak pakai milikmu yang sudah tidak digunakan lagi untuk dijual. Jangan lupa untuk mencuci dan menyetrikanya lebih dulu pakaian-pakaian tersebut sebelum dikemas dengan apik. Selain itu, coba pasarkan produkmu dengan memanfaatkan berbagai media sosial serta marketplace agar jangkauannya makin luas.

2. Jualan Pulsa dan Kuota Internet

Meskipun bisnis jual beli pulsa dan kuota internet kini sudah sangat menjamur, peluang keuntungannya tetap sangat besar. Ini karena kebutuhan orang terhadap internet semakin berkembang dan bahkan menjadi yang utama.

Jenis usaha ini terbilang mudah dijalankan, praktis, dan tidak membutuhkan modal besar. Hanya dengan modal mulai dari Rp50 ribu kamu sudah bisa memulai usaha rumahan satu ini. Kuncinya, selain mendapatkan agen yang menawarkan harga kompetitif dan berani memberi harga bersaing, jangan lupa juga untuk memberi pelayanan terbaik yang dapat memuaskan pelanggan.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Peluang untuk Bisnis Menguntungkan

3. Membuka Pre Order Makanan

Usaha kuliner memiliki pasar luas dan bakal selalu diminati banyak orang. Namun, alih-alih menyediakan makanan atau minuman tertentu, kamu bisa menerapkan sistem jual beli pre-order. 

Bisnis kuliner dengan model seperti ini menjamin kamu pasti mendulang untung lantaran makanan baru dibuat setelah pesanan datang. Lewat metode ini, pembeli akan membayar uang di muka yang setidaknya mencakup 50 persen dari pembayaran sehingga sudah bisa menutupi harga asli makanan tersebut.

4. Membuat Kursus Online

Usaha modal 50 ribu untuk buka kursus online? Tentu bisa. Di masa pascapandemi seperti sekarang, kegiatan yang serba online menjadi sangat lazim.  Kamu yang punya keterampilan atau keahlian khusus di bidang tertentu, seperti mata pelajaran sekolah, musik, atau bahkan olahraga, bisa menyiapkan materi belajar yang sesuai untuk mengajar. Selain itu, siapkan pula internet  yang stabil sehingga tidak mengganggu rutinitas mengajarmu.

5. Usaha Cuci Motor

Percaya deh, banyak pemilik motor yang sebetulnya malas dan tidak sempat mencuci motornya sendiri. Apalagi jika sudah memasuki musim penghujan. Sambil menyelam minum air, kamu tentu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha cuci motor kecil-kecilan. 

Dengan modal Rp50 ribuan kamu bisa membeli sejumlah peralatan khusus untuk membersihkan motor, mulai dari kanebo atau lap, spons, hingga sabun khusus motor. Meski sederhana, jika tampilan motor berhasil kinclong di tanganmu, tentu pelanggan akan semakin mempercayaimu. Ini berarti pendapatan terus bertambah.

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

6. Jual Beli Keripik

Keripik merupakan camilan kesukaan banyak orang, dari anak kecil hingga dewasa. Apalagi pilihannya sangat beragam sehingga usaha satu ini bisa dijamin memberikan untung besar. Menariknya lagi, kamu bisa memulai jual beli keripik sebagai usaha rumahan modal 50 ribu.

Strateginya sederhana, dengan modal terbatas, kamu bisa mencoba membeli keripik dari grosiran. Sebagai permulaan, beli 5 macam keripik berbeda jenis, masing-masing Rp10 ribu. Lalu pindahkan ke kemasan-kemasan kecil untuk dijual Rp2-5 ribu.Setelah untungnya agak banyak, kamu bisa memutar usahamu kembali. Misalnya, menambah jumlah dan jenis keripik, atau menerima pesanan.

7. Menjadi Dropshipper

Untuk berbisnis dropship kamu tidak perlu modal besar ataupun tempat berjualan khusus. Kamu hanya perlu menjual kembali barang pesanan pelanggan yang didapat dari supplier, tanpa harus menyetok barang layaknya grosir. Cara kerjanya mirip agen penyalur barang, tapi barang yang dikirim nantinya menggunakan nama toko milikmu karena barang pesanan bakal langsung dikirim ke pembeli oleh supplier.

8. Menjual Kue

Kamu yang punya hobi bikin kue tapi tidak punya banyak waktu untuk menunggu usahamu, bisa banget menjajal usaha satu ini. Alih-alih bikin kue tiap hari, kamu bisa membuka pemesanan kue untuk orderan khusus. Misalnya, untuk ulang tahun, hajat, dan lain sebagainya. 

Supaya tidak bentrok dengan pekerjaanmu yang lain, kamu bisa mensyaratkan pesanan paling lambat 3 hari sebelum acara. Atau cara lain, kamu juga bisa membuat kue musiman seperti kue kering untuk lebaran.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal, Mudah dan Cuan!

9. Usaha Aksesoris Buatan Sendiri

Tak perlu memiliki kemampuan khusus untuk bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu satu ini. Kamu hanya perlu menyiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat gelang dan kalung, lalu mengubahnya sekreatif mungkin menjadi aksesoris yang unik. Panduan membuatnya bisa kamu temukan di YouTube dan internet.

10. Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias mulai marak terlebih ketika pandemi menyerang. Namun, bukan berarti usaha tanaman hias kini meredup. Sebaliknya, karena usaha ini terbilang bersifat musiman, maka potensi besarnya tentu akan terlihat di waktu-waktu tertentu terutama ketika peminat tanaman hias kembali marak. 

Sejak sekarang, mulailah menanam bibit tanaman hias mumpung harganya masih murah, untuk dijual melesat tinggi di kemudian hari. Kendati demikian, bisnis ini tampaknya cocok buat kamu yang memang ingin menyalurkan hobi berkebun, sekaligus berinvestasi di bidang tanaman hias

11. Investasi

Bicara soal investasi, sudahkah kamu mencoba berinvestasi di berbagai instrumen untuk perencanaan masa depan? Jika belum, ada kabar baik untukmu terutama yang masih pemula.

Dari sejumlah instrumen investasi yang tersedia, kamu bisa memperkecil potensi risiko sekaligus  melakukan diversifikasi aset dengan menjajal investasi reksa dana melalui aplikasi investasi BMoney. Selain praktis, aman, dan bisa dimulai hanya bermodal Rp10 ribu, aplikasi ini juga memungkinkanmu membuat berbagai pilihan produk investasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan sekaligus kebutuhanmu.

Baca juga: 9 Cara Main Saham Pemula yang Mudah dan Aman

Tips Mengembangkan Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Tips Mengembangkan Usaha Rumah Modal Kecil
Tips Mengembangkan Usaha Rumah Modal Kecil

Memulai dan mengembangkan usaha modal 50 ribu dari rumah sejatinya tak sulit. Pasti selalu ada jalan jika ada kemauan. Berikut tips supaya usaha rumahan modal 50 ribu yang dijalankan bisa berkembang pesat.

1. Jalankan Usaha Sesuai Passion

Menjalankan usaha sebaiknya bukan sekadar karena ingin atau mengikuti tren, tapi karena kamu memang suka dan gemar melakukannya. Misalnya, coba buka usaha kopi kalau kamu memang suka dan tertarik mendalami tentang kopi.

2. Belajar Mengelola Uang

Segala hal yang dikelola dengan baik pasti hasilnya memuaskan. Oleh sebab itu, pelajari cara mengelola keuangan dari para ahli, lalu terapkan dalam bisnismu mulai dari perencanaan dan pemenuhan modal hingga perkiraan perputaran uang dan lama kembali modal.

Baca juga: 10+ Cara Mengelola Keuangan Usaha Secara Tepat

3. Mencari Komunitas

Pelajaran terbaik berasal dari pengalaman. Agar usahamu lancar, jangan segan bergabung dengan komunitas pengusaha, terutama yang menggeluti bidang sama. Bukan sekadar menambah ilmu, kamu juga akan termotivasi dan terinspirasi untuk terus memajukan usahamu.

Jadi, sudah siap menjajal ide usaha rumahan modal 50 ribu di atas? Selamat mencoba!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!