8 Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan dan Layak Dicoba

Uji Agung Santosa

17 Juli 2023

Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan (123rf.com)
Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan (123rf.com)

Menjadi seorang karyawan, baik pegawai negeri maupun swasta, mungkin bisa jadi kebanggan tersendiri karena kamu punya penghasilan tetap tiap bulannya. Sayangnya, penghasilan yang didapat belum tentu mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan untuk menabung dan berinvestasi.

Itulah sebabnya, banyak masyarakat berstatus karyawan yang masih harus mencari penghasilan tambahan agar dapat menambah asetnya. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk tujuan tersebut adalah membuka usaha sampingan. 

Ada banyak usaha sampingan karyawan yang cukup menjanjikan dan layak dicoba. Tapi, memilih usaha sampingan untuk karyawan tentu bukan hal mudah. Diperlukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan jenis usaha yang cocok untuk dijalankan.

8 Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Kamu yang sedang mencari ide usaha sampingan karyawan bisa coba menilik beberapa jenis usaha menjanjikan dengan modal yang tergolong kecil berikut ini.

1. Reseller atau dropship

Usaha sampingan pertama yang cukup populer di kalangan karyawan adalah menjadi reseller atau dropshipper barang-barang fashion yang biasa dijual secara online

Salah satu alasan yang menjadikannya cukup populer adalah karena modalnya yang sangat minim, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Rata-rata reseller hanya perlu mengeluarkan modal berupa kuota atau pulsa untuk menggaet target pelanggan dan menghubungi supplier tepercaya.

Dengan usaha sampingan karyawan ini, kamu tidak perlu repot melakukan pengemasan dan pengiriman barang seperti halnya toko online pada umumnya. Kamu hanya perlu menawarkan produk kepada calon pembeli, melakukan pemesanan kepada supplier, dan menunggu pembeli melakukan pembayaran.

2. Jualan kopi racikan 

Usaha Sampingan Karyawan dengan Jual Kopi Racikan
Usaha Sampingan Karyawan dengan Jual Kopi Racikan

Saat ini, minuman berbasis kopi racikan menjadi salah satu hal yang populer di kalangan masyarakat. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk menikmati kopi racikan, terutama di kalangan perkotaan.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan usaha sampingan karyawan dengan berjualan kopi racikan. Tidak perlu membuka kedai kopi besar, cukup tawarkan kopi racikanmu sendiri ke rekan-rekan atau kolega di kantor sampai akhirnya produkmu tersebar secara word of mouth alias dari mulut ke mulut.

Namun, pastikan kalau kopi racikan yang kamu buat memang punya cita rasa yang unik dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kalau perlu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kursus barista agar bisa memilih biji kopi yang baik dan meraciknya dengan cara yang tepat. 

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

3. Jualan bumbu atau sambal instan

Tingginya tingkat partisipasi kerja di masyarakat membuat banyak orang tidak punya waktu yang cukup untuk menyiapkan masakan sendiri. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan usaha sampingan karyawan dengan cara berjualan bumbu atau sambal instan.

Rata-rata masyarakat urban akan sangat terbantu dengan kehadiran bumbu atau sambal instan. Mereka rela merogoh kocek demi sesuatu yang bisa mempermudah gaya hidup. Namun, pastikan kalau produk yang kamu buat memang memiliki rasa yang lezat dan harga yang bersahabat, ya!

4. Bisnis properti

Usaha sampingan karyawan dengan bisnis properti.
Usaha sampingan karyawan dengan bisnis properti.

Selain menjangkau kebutuhan dalam hal sandang dan pangan, kamu juga bisa menjajal bisnis properti untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan papan mereka.

Properti di sini bisa bermacam-macam, mulai dari rumah, kontrakan, apartemen, kendaraan, sampai aset investasi. Tanpa perlu modal besar, kamu bisa menjadi agen atau broker bisnis yang satu ini dan memperoleh komisi yang terbilang menjanjikan.

Rata-rata agen atau broker properti bisa memperoleh komisi sebesar 1 persen dari harga properti yang terjual. Jika kamu berhasil menjual satu unit rumah seharga Rp500 juta, artinya kamu berpotensi memperoleh komisi sebesar Rp5 juta. Bayangkan kalau dalam sebulan kamu bisa menjual 3-5 properti!

Baca juga: 11 Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Layak Dicoba

5. Menjadi penulis lepas

Tingginya permintaan di bidang penulisan, terutama konten digital dan media sosial, menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan sejumlah dana untuk mendapatkan konten yang mampu meningkatkan kesadaran merek sekaligus penjualan produk mereka.

Kamu yang punya kemampuan menulis bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka jasa penulisan artikel blog, konten media sosial, atau copywriting untuk iklan. Rata-rata penulis biasanya dibayar di muka dengan tarif penulisan mulai dari Rp50 ribu sampai ratusan ribu per tulisan. 

6. Menjadi penerjemah

Usaha sampingan karyawan dengan menjadi penerjemah.
Usaha sampingan karyawan dengan menjadi penerjemah.

Sama halnya dengan penulis lepas, menjadi penerjemah di zaman sekarang juga cukup menjanjikan. Pasalnya, usaha sampingan karyawan yang satu ini banyak dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan, terutama mereka yang sering berhubungan dengan pihak asing.

Kamu yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka layanan penerjemahan dokumen, baik itu dokumen resmi maupun konten untuk dipublikasikan di media. Rata-rata penerjemah biasa memperoleh bayaran mulai dari Rp250 ribu per halaman terjemahan. Menarik, bukan?

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

7. Rental barang

Kalau kamu punya banyak barang yang tidak dipakai, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa rental barang. Beberapa jenis barang yang biasa dicari antara lain adalah kendaraan, baju pesta atau pengantin, peralatan camping, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat bahwa kamu perlu menyiapkan barang yang kualitasnya bagus sebelum menyewakannya. Pasalnya, layanan yang baik akan menentukan kepercayaan pelanggan terhadap jasa yang kamu tawarkan. Kalau barang yang kamu sewakan tidak bagus, atau malah bermasalah, kamu bisa saja gagal menjalankan usaha sampingan ini.

8. Pembuatan website

Saat ini, ada banyak orang yang ingin terhubung secara virtual dengan dunia. Salah satu media yang biasa digunakan, baik hanya untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, adalah website.

Kamu yang memiliki kemampuan teknikal dalam mengembangkan website bisa menjajal usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka jasa pembuatan website. Kamu bisa menawarkan berbagai jenis website, baik untuk kebutuhan pribadi maupun e-commerce. 

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

Itulah beberapa ide usaha sampingan karyawan yang cukup menjanjikan dan layak dicoba. Sebelum memulai bisnis, pastikan kamu sudah mempelajari apa saja yang diperlukan dalam menjalankan bisnis agar bisa sukses. Untuk menambah informasi seputar bisnis dan investasi, kamu bisa mengakses BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

Selain menyediakan beragam informasi yang kamu butuhkan, aplikasi investasi besutan PT Buka Investasi Bersama ini juga menyediakan layanan pembelian instrumen reksa dana dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja. Kamu juga bisa memperoleh keuntungan dengan melakukan transaksi saham atau reksa dana melalui aplikasi tersebut. Selamat mencoba! 

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!