Manfaat dan Tips Membuat Watchlist Saham yang Efektif

Uji Agung Santosa

01 November 2023

Pengertian watchlist saham dan tips membuatnya (123rf.com)
Pengertian watchlist saham dan tips membuatnya (123rf.com)

Stock watchlist atau watchlist saham adalah salah satu alat krusial dalam dunia investasi saham. Dengan alat pemantauan saham ini, investor atau trader dapat dengan mudah mengidentifikasi saham-saham yang mereka minati, pun mengikuti pergerakan harga dan berita terkait dengan saham-saham tersebut.

Sering kali menyusun watchlist saham menjadi langkah penting dalam merancang strategi investasi yang matang dan efektif. Ini membantu investor mengambil keputusan investasi yang lebih tepat dan berdasarkan informasi yang akurat sehingga dapat memperoleh Imbal hasil yang optimal dari aktivitas trading atau investasi saham.

 

Mau tahu lebih lanjut mengenai konsep watchlist saham, pengertian dan kegunaannya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Baca juga: Daftar Saham Jangka Panjang yang Layak Koleksi untuk Masa Depan 

Apa Itu Watchlist Saham?

Pengertian Watchlist Saham (123rf.com)
Pengertian Watchlist Saham (123rf.com)

Watchlist saham adalah daftar kumpulan saham atau sekuritas yang dimonitor secara rutin oleh seorang investor atau trader. Watchlist ini berfungsi sebagai alat untuk mengikuti perkembangan saham-saham tertentu yang dianggap menarik minat investor karena potensial dan relevan dengan strategi investasi atau gaya trading mereka. 

Watchlist saham biasanya tersedia di berbagai platform dan aplikasi finansial atau perdagangan saham yang digunakan oleh investor dan trader. 

Meski begitu, penyusunan watchlist bukan berarti semua saham dalam daftar tersebut pasti akan dibeli. Sebaliknya, watchlist digunakan untuk memisahkan saham-saham yang mungkin potensial dari sekuritas lainnya sehingga trader atau investor dapat memantau dan mengevaluasi kinerja saham lebih cermat.

Oleh sebab itu, setiap trader atau investor bisa memiliki watchlist yang berbeda sesuai dengan gaya trading atau investasi, tujuan, dan strategi mereka. Sebagian trader boleh jadi menyusun watchlist berdasarkan sektor saham, sedangkan yang lain mungkin lebih fokus pada kriteria spesifik, seperti tingkat volatilitas atau pertumbuhan perusahaan.

Yang pasti, tidak ada batasan jumlah watchlist saham yang dapat dimiliki oleh seseorang. Jumlah watchlist dapat bervariasi, tergantung pada sejauh mana seorang individu ingin memantau aset-aset yang berbeda atau mengikuti berbagai strategi.

Baca juga: Koreksi Saham: Mengapa Bisa Terjadi dan Cara Menghadapinya? 

Fungsi dan Manfaat Watchlist Saham 

Investor atau trader biasanya menambahkan saham ke dalam watchlist mereka berdasarkan berbagai alasan. Terutama untuk mengidentifikasi potensi peluang investasi, sedang diteliti kelayakannya, memantau sektor tertentu, terpengaruh oleh berita atau peristiwa tertentu seperti peluncuran produk baru atau laporan keuangan, hingga saham-saham yang menjadi target trading jangka pendek untuk mengambil keuntungan dari fluktuasi harga sehari-hari.

Dalam praktiknya, watchlist saham membantu investor dan trader untuk mengelola portofolio mereka dengan lebih efisien, mengikuti perkembangan pasar, dan membuat keputusan yang lebih terinformasi. Watchlist juga membantu mereka tetap fokus pada saham-saham yang paling relevan dengan tujuan investasi mereka.

Tips Membuat Watchlist Saham yang Efektif 

Penyusunan watchlist saham yang sesuai dengan kriteria dan tujuan investasi dapat mengoptimalkan pengawasan saham-saham potensial dan membuat keputusan investasi yang lebih tepat. Ini adalah langkah penting dalam merencanakan dan melaksanakan strategi investasi yang efektif. Berikut sejumlah tips yang perlu diterapkan.

1. Tentukan Kriteria Saham yang Ingin Dipantau

Menentukan kriteria saham yang ingin dipantau adalah langkah awal yang akan membantumu lebih fokus pada saham-saham yang sesuai dengan tujuan dan strategi investasi. Kriteria ini bisa berdasarkan sektor industri, ukuran perusahaan, pertumbuhan laba, rasio valuasi, atau faktor lain yang relevan dengan tujuan investasi. Semakin detail kriteria yang ditentukan, semakin efektif watchlist.

2. Tentukan Tipe Trading atau Investasi yang Dijalankan

Memahami tipe investasi atau trading yang dilakukan memungkinkanmu untuk menyesuaikan watchlist saham dengan gaya trading atau investasi. Misalnya apakah kamu seorang day trader, swing trader, atau investor jangka panjang. Watchlist yang sesuai dengan tipemu akan membantu mengambil keputusan yang lebih sesuai.

Baca juga: Jenis Saham dan Penjelasan Lengkapnya! Info Penting untuk Investor Pemula 

3. Lakukan Penelitian yang Mendalam

Lakukan penelitian yang mendalam tentang saham-saham yang telah dipertimbangkan. Ini termasuk menganalisis laporan keuangan, membaca berita terbaru, dan memahami dinamika bisnis perusahaan. Pastikan pula kamu memahami sebab dan akibat pergerakan harga saham.

4. Diversifikasi, Tapi Jangan Terlalu Banyak

Cobalah untuk memasukkan saham-saham dari berbagai sektor dan industri ke dalam watchlist. Diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko portofolio. Namun, usahakan untuk tidak terlalu banyak saham dalam watchlist. Terlalu banyak saham dapat membuat pemantauan menjadi tidak efisien. Pilih saham-saham yang benar-benar relevan dengan tujuan investasi.

5. Manfaatkan Tool dari Platform Trading dan Investasi

Banyak platform trading dan investasi menyediakan alat atau fitur khusus untuk membuat watchlist saham. Kamu dapat memanfaatkan tool ini untuk menyusun watchlist dengan lebih efisien. Alat tersebut seringkali mempertimbangkan berbagai faktor penting, seperti metrik saham, rekomendasi analis, dan grafik valuasi.

6. Perbarui secara Rutin, Keluarkan yang Tidak Perlu

Watchlist saham tidak boleh statis. Kamu perlu memperbarui dan mengevaluasi saham-saham dalam watchlist secara rutin. Caranya dengan menghilangkan saham yang tidak lagi memenuhi kriteria atau tujuan, lalu menambahkan saham-saham baru yang muncul sebagai peluang investasi. Dengan demikian, kamu tetap dapat mempertahankan watchlist yang fokus dan relevan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Dividen Saham, Perhatikan Tanggal Penting Berikut Ini! 

Yuk, buat Watchlist Saham Bersama BMoney

Investasi saham di BMoney
Investasi saham di BMoney

Membuat Watchlist Saham memang tidak selalu sederhana dan mudah, terutama bagi trader atau investor yang masih pemula. Namun, bukan tidak mungkin dilakukan. Jika kamu merasa ragu dalam menyusun kumpulan saham, coba manfaatkan fitur Watchlist yang disediakan oleh BMoney.

BMoney adalah sebuah aplikasi investasi saham online yang dapat membantumu dalam menemukan saham-saham yang sesuai dengan kriteria yang dimiliki. Fitur Watchlist BMoney memungkinkan pengguna untuk memantau harga saham dan aset investasi lainnya secara real-time.

Lewat fitur ini, kamu bukan hanya bisa menyimpan saham yang telah dipilih, tapi juga memonitor pergerakan saham tersebut dari waktu ke waktu sekaligus melihat berbagai informasi terkait saham, Mulai dari harga terakhir, perubahan harga, hingga perubahan persentase dari harga saham tersebut. Alhasil, kamu bisa melakukan riset lebih lanjut sebelum melakukan transaksi saham.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Beli Saham di BMoney 

Cara pakainya mudah. Lihat semua saham emiten yang terdaftar di laman ‘produk’. Gunakan fitur pencarian untuk memudahkan mencari saham yang diinginkan dengan mengetik nama emiten atau kode sahamnya. 

Kalau masih bingung untuk memilih saham apa saja yang ingin dibeli, BMoney punya referensi saham terpopuler dan sedang trending. Di antaranya adalah saham top value, saham top volume, saham top frekuensi, saham top gainer, dan saham top loser.

Setelah saham-saham tersebut masuk dalam daftar watchlist, kamu dapat dengan mudah memantau pergerakan harga saham dan menerima notifikasi hanya melalui smartphone. Tunggu apa lagi, segera download BMoney melalui Play Store atau App Store

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!