Investasi Emas Digital, Cocok Buat Investor Pemula yang Ogah Ribet

Uji Agung Santosa

25 Oktober 2023

Keuntungan investasi emas digital (123rf.com)
Keuntungan investasi emas digital (123rf.com)

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih untuk mengamankan nilai aset yang kita miliki. Mulai dari surat-surat berharga seperti saham dan obligasi, sampai properti seperti tanah, rumah, atau emas.

Berinvestasi emas sejak lama dikenal sebagai cara berinvestasi paling aman dan menguntungkan lantaran harganya yang cenderung stabil, naik dalam jangka panjang, dan risikonya yang rendah. Investasi emas menjadi sangat menarik terutama di tengah ketidakpastian ekonomi global. 

 

Emas juga merupakan salah satu aset fisik yang memiliki nilai intrinsik yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh emas yang termasuk logam mulia telah diakui sebagai alat tukar dan penyimpan nilai selama berabad-abad. Kepemilikan aset berupa emas fisik seperti koin atau batangan dianggap memberikan keamanan fisik yang unik, yang tidak dapat ditawarkan oleh instrumen investasi lainnya.

Kabar baiknya, bagi investor pemula yang malas ribet, investasi emas kini jadi semakin mudah dengan hadirnya investasi emas digital. Ketimbang berinvestasi emas batangan, emas digital juga punya lebih banyak keuntungan. Terlebih lagi saat ini, aplikasi yang menyediakan aset emas untuk investasi sudah mulai menjamur. 

Untuk jaminan keamanan pun tak perlu khawatir. Aplikasi-aplikasi investasi emas yang aman dan terpercaya biasanya telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pun mengantongi izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kamu bisa mengecek sendiri redibiliasnya di laman bappebti.go.id/pedagang_emas.

Jadi, tertarik mengetahui lebih banyak tentang investasi emas online? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini, Grafik Harga Emas Antam, Cek Di Sini! 

Apa Itu Investasi Emas Digital?

Apa Itu Investasi Emas Digital? (123rf.com)
Apa Itu Investasi Emas Digital? (123rf.com)

Investasi emas digital adalah bentuk investasi yang memungkinkan individu untuk membeli dan memiliki emas dalam bentuk digital atau elektronik, bukan dalam bentuk fisik seperti koin atau emas batangan. 

Berinvestasi emas secara digital dianggap memudahkan karena memungkinkan investor mendapatkan manfaat dari kenaikan harga emas tanpa harus menyimpan emas fisik atau melakukan transaksi langsung dengan logam mulia.

Beberapa bentuk investasi emas digital melibatkan pembelian emas dalam bentuk elektronik atau kontrak berjangka, sedangkan yang lain melibatkan kepemilikan sebagian emas yang disimpan dalam penyimpanan yang aman oleh perusahaan atau lembaga keuangan yang mengelolanya. 

Adapun 4 bentuk investasi emas digital yang umum di antaranya aset emas digital (digital gold), ETF emas (exchange-traded funds), kontrak berjangka emas, serta aplikasi dan platform investasi emas.

Baca juga: Prospek dan Kinerja Saham MDKA, Emiten Tambang Emas dan Tembaga Kelas Dunia  

Keuntungan Investasi Emas Digital

Investasi emas digital memiliki beberapa keuntungan yang dapat menjadi daya tarik bagi para investor. Berikut sejumlah keuntungan utamanya.

1. Aksesibilitas dan Likuiditas

Emas digital memungkinkan individu dengan modal terbatas untuk berinvestasi emas secara mudah. Kamu dapat membeli sebagian emas dalam jumlah yang sesuai dengan anggaran. Aset ini juga cenderung lebih likuid daripada emas fisik sehingga dapat dibeli dan dijual dengan lebih cepat dan mudah.

2. Kemudahan Penyimpanan

Kamu tidak perlu khawatir tentang penyimpanan fisik emas atau biaya tambahan yang terkait dengan keamanan penyimpanan. Selain disimpan dalam bentuk digital, perusahaan yang menyediakan layanan ini biasanya bertanggung jawab atas penyimpanannya.

3. Transparansi dan Biaya Rendah

Investasi emas digital seringkali menyediakan transparansi lebih besar dalam hal harga dan kepemilikan. Kamu dapat dengan mudah memantau nilai investasi secara online. Selain itu, biaya yang terkait dengan emas digital cenderung lebih rendah dibanding emas fisik karena tidak perlu membayar biaya produksi, cetak, atau penyimpanan fisik.

4. Tahan Terhadap Inflasi dan Ketidakpastian Ekonomi

Emas sering dianggap sebagai aset safe haven yang dapat membantu melindungi nilai investasi dalam situasi inflasi tinggi atau ketidakpastian ekonomi. Emas digital memungkinkan investor untuk mendapatkan manfaat dari sifat perlindungan nilai emas ini. Dengan kata lain, emas bisa jadi aset penolong dalam situasi ekonomi yang sedang memburuk.

5. Diversifikasi Portofolio dan Fleksibilitas

Investasi emas digital memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolionya. Diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko karena investor memiliki aset beragam selain saham, obligasi, dan aset lainnya. Selain itu, investasi jadi lebih fleksibel lantaran dapat membeli dan menjual emas digital kapan saja karena berbasis elektronik.

Kendati lebih menguntungkan ketimbang emas fisik, bukan berarti emas digital tidak berisiko. Layaknya semua bentuk investasi, ada juga risiko keamanan online, fluktuasi harga, dan biaya tertentu yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, kamu tetap perlu selalu berhati-hati dalam memilih platform investasi yang terpercaya untuk menghindari penipuan dan risiko lainnya.

Baca juga: Harga Cincin Emas 1 Gram Terkini 2023, Wajib Tahu Sebelum Beli! 

Cara Investasi Emas Digital

Investasi Emas Digital Bmoney
Investasi Emas Digital Bmoney

Cara menabung emas digital terbilang cukup mudah, mekanismenya mirip-mirip menabung uang di bank. Pertama-tama, kamu perlu lebih dahulu membuka rekening tabungan emas.

Di Indonesia, tersedia berbagai macam platform yang menawarkan jasa menabung emas digital, mulai dari digital banking, marketplace, hingga aplikasi layanan keuangan milik pemerintah. 

Adapun lembaga yang memiliki jasa tabungan emas digital yang sudah berizin OJK di antaranya Pegadaian Digital yang dirilis oleh PT Pegadaian, tabungan emas di sejumlah marketplace atau BukaEmas di Bukalapak.

Mirip dengan membuka rekening biasa, kamu perlu memasukan informasi data pribadi untuk membuka rekening emas. Berinvestasi emas digital ini dapat dilakukan secara online ataupun konvensional, dengan mengunjungi kantor bank atau layanan keuangan yang dimiliki oleh pemerintah. Setelah itu, kamu bisa mengintegrasikannya langsung ke dalam aplikasi tabungan emas yang digunakan.

Beda halnya dengan emas fisik yang memiliki persyaratan bobot pembelian, untuk membeli emas digital kamu hanya perlu mengeluarkan uang sesuai jumlah yang diinginkan. Sejumlah layanan investasi emas digital kini menetapkan nilai beli minimum bervariasi dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Harga Emas Naik atau Turun yang Mudah

Yuk, Investasi Emas Digital di BMoney!

Nah, bagi kamu yang tertarik berinvestasi emas digital, bisa investasi di BMoney. Investasi emas BMoney didukung oleh BukaEmas. Cek aplikasi BMoney.  BukaEmas merupakan layanan investasi yang disediakan oleh platform marketplace Bukalapak. 

Melalui layanan ini, pengguna dapat memulai investasi emas dengan modal terjangkau dan sangat kecil yakni mulai dari Rp100 perak atau sekitar 0,0001 gram emas batangan. 

Dalam layanan ini, kepingan emasnya resmi dari ANTAM dan tersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). 

Artinya, untuk keamanan serta keaslian kepemilikan emas di platform tersebut cukup baik. Meski begitu, pengguna baru bisa menarik kepingan emasnya mulai dari 1 gram.

Nantinya, pengguna juga bisa berinvestasi dengan leluasa seperti jual beli emas, cicil emas, atau ambil emas fisik berupa emas Antam yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Sebelum memulai investasi emas, jangan lupa download aplikasi BMoney melalui App Store atau Play Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!