Mengenal Reksa Dana TRIM Kapital Plus yang Berikan Return 13% Setahun

Uji Agung Santosa

03 Januari 2024

Logo Trimegah Sekuritas.
Logo Trimegah Sekuritas.

Ingin berinvestasi reksa dana, tapi masih bingung memilih produk yang tepat? Kamu bisa menentukan jenis reksa dana terbaik yang paling cocok dengan profil risikomu melalui fund fact sheet

Apa itu fund fact sheet? Alat atau sarana yang bisa digunakan untuk membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang cerdas dan strategis, sesuai dengan tujuan investasi atau tujuan finansial mereka. 

 

Fund fact sheet sendiri merupakan laporan atau dokumen berisi informasi reksa dana perusahaan yang biasa digunakan oleh investor agar dapat lebih memahami pertimbangan reksa dananya, apakah sesuai dengan profil dan tujuan investasi atau tidak.

Nah, salah satu instrumen investasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah TRIM Kapital Plus. Aset yang satu ini merupakan reksa dana saham yang dikelola oleh TRIMegah Asset Management selaku manajer investasi. Sebelum membahas jenis reksa dana ini lebih lanjut, yuk cari tahu dulu profil manajer investasinya!

Klik untuk beli Reksadana TRIM Kapital Plus!
Klik untuk beli Reksadana TRIM Kapital Plus!

Mengenal Profil Manajer Investasi TRIM Kapital Plus 

PT TRIMegah Asset Management adalah anak perusahaan PT TRIMegah Securities Tbk., yaitu salah satu perusahaan sekuritas terkemuka yang terintegrasi dan  sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri Pasar Modal Indonesia. 

Perusahaan ini telah mendapatkan Izin Usaha Perusahaan Efek untuk melakukan kegiatan usahanya sebagai manajer investasi sejak 31 Januari 2011. Dalam pelayanannya, PT TRIMegah Asset Management fokus untuk memberikan layanan kepada klien dalam hal pengelolaan dana nasabah.

Untuk memberikan keleluasaan bagi nasabah dalam mengalokasikan dananya, PT TRIMegah Asset Management menyediakan beragam produk investasi untuk semua kelas aset. Aset yang dimaksud di antaranya adalah saham, pendapatan tetap, dan pasar uang. Seluruh aset tersebut dikelola melalui reksa dana dan discretionary fund

Baca juga: Daftar Pertanyaan tentang Reksa Dana yang Penting Diketahui Pemula

Bermodalkan pengalaman para profesional di industri Pasar Modal, khususnya asset management, perusahaan ini fokus dalam berinovasi dan mengembangkan produk-produk investasi dan dana pensiun sesuai kebutuhan nasabah, baik individu maupun korporasi, agar dapat memperoleh keuntungan secara optimal dalam bentuk investasi jangka panjang.

Memiliki komitmen untuk menjadi partner utama nasabah dalam berinvestasi, perusahaan ini meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanannya melalui kerja sama dengan mitra distribusi di 12 Bank dan 19 Agen Penjual Reksa Dana (APERD) di seluruh Indonesia.

Mengenal Profil Bank Kustodian untuk TRIM Kapital Plus

Kinerja Reksadana Trim Kapital Plus.
Kinerja Reksadana Trim Kapital Plus. Klik untuk beli!

TRIM Kapital Plus merupakan reksa dana yang seluruh dananya disetorkan kepada Deutsche Bank AG, yakni salah satu penyedia layanan keuangan dan perbankan terbesar di dunia yang berbasis di Deutsche Bank Twin Towers, Frankfurt, Jerman. Bank tersebut sudah termasuk dalam daftar perusahaan raksasa dunia menurut Fortune Global 500 tahun 2020.

Berdasarkan berbagai literatur keuangan, diketahui bahwa kekayaan atau total pendapatan yang dimiliki Deutsche Bank adalah 41,78 miliar dolar AS per tahun. Sayangnya, ia sempat merugi ribuan persen sampai -6,03 miliar dolar AS pada masa pandemi COVID-19.

Meski demikian, Deutsche Bank AG adalah dealer valuta asing terbesar pada tahun 2006 dan merupakan komponen dari indeks pasar saham STOXX Europe 50 sampai delisting pada 8 Agustus 2016.

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Cara Kerja, Risiko, dan Keuntungan Investasinya

Perjalanan bisnis bank yang satu ini dimulai ketika ia didirikan pada 1870 di Berlin dengan lisensi perbankan yang diberikan oleh Pemerintah Prusia pada 10 Maret 1870. Direktur awal dari lembaga keuangan ini adalah Wilhelm Platenius, Georg Siemens, dan Hermann Wallich.

Selang setahun, perusahaan ini buka cabang domestik di Bremen dan pada tahun berikutnya, ia juga membuka cabang baru di Hamburg pada 1872. Artinya, bank ini telah berkembang sejak lama hingga lebih dari 150 tahun dan sampai kini masih dipercaya publik untuk memegang aset mereka.

Dalam masa perkembangannya, Deutsche Bank AG telah mengakuisisi beberapa perusahaan, seperti Morgan Grenfell, Bankers Trust (1998), Investasi Scudder (2001), RREEF (Dana Ekuitas Real Estate Rosenberg, 2002), Berkshire Mortgage Finance (2004), Chapel Funding (sekarang DB Home Lending, 2006).

Selama satu dekade ke belakang, tidak banyak keuntungan yang diperoleh dari bank internasional yang satu ini. Situasi ekonomi global yang tidak menentu mengakibatkan banyak bank gulung tikar. Namun, Deutsche Bank AG berhasil mempertahankan eksistensinya.

Saat ini, Deutsche Bank AG menjalankan kegiatan operasionalnya di menara kembar Frankfurt dengan lebih dari 100.000 karyawan di lebih dari 70 negara, termasuk menjadi bank kustodian untuk menyimpan kelolaan reksa dana TRIM Kapital Plus.

Baca juga: Kelebihan Reksa Dana Ashmore Dana USD Nusantara yang Perlu Kamu Tahu!

Tujuan Investasi Reksa Dana TRIM Kapital Plus

Keuntungan Investasi Reksadana di BMoney
Keuntungan Investasi Reksadana di BMoney! Klik gambar untuk mulai investasi.

Seperti yang sudah disinggung di atas, TRIM Kapital Plus merupakan jenis reksa dana saham yang dikelola oleh manajer investasi PT TRIMegah Asset Management dengan bank kustodian Deutsche Bank AG.

Penerbitan reksa dana ini bertujuan untuk meningkatkan nilai investasi secara maksimal dalam jangka panjang dengan keuntungan berupa dividen atau capital gain melalui investasi pada efek bersifat ekuitas yang juga dilengkapi dengan fitur asuransi jiwa.

Komposisi pada jenis reksa dana ini adalah 80 sampai 100 persen pada efek ekuitas dan 0 sampai 20 persen pada efek utang dan instrumen pasar uang. Sementara itu, biaya investasinya adalah maksimal di dua persen (2%).

Beberapa manfaat investasi yang bisa diperoleh nasabah antara lain adalah bisa melakukan diversifikasi produk investasi, aman karena dikelola secara profesional, mudah dilakukan karena tidak perlu mengelola sendiri efek portofolionya, adanya informasi yang transparan bagi investor, biaya investasinya rendah, dan tentu saja potensi pertumbuhan nilai investasinya pun cukup menjanjikan.

Meski begitu, kamu yang ingin berinvestasi TRIM Kapital Plus juga harus mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan, seperti halnya 1) risiko berkurangnya Nilai Aktiva Bersih (NAB); 2) risiko wanprestasi, likuiditas, dan pertanggungan atas kekayaan TRIM Kapital Plus; 3) risiko perubahan politik, ekonomi, dan peraturan perpajakan; serta 4) risiko fluktuasi nilai tukar dan tingkat suku bunga.

Baca juga: Reksadana Sucorinvest Money Market Fund, Kelebihan dan Simulasinya

Demikianlah penjelasan mengenai TRIM Kapital Plus yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum berinvestasi. Pada akhirnya, pilihan reksa dana yang tepat akan bergantung pada tujuan investasi dan profil risikomu. Kalau kamu belum mengetahui profil investasimu, yuk cari tahu lewat aplikasi investasi BMoney!

Melalui aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa berinvestasi secara mudah, tapi juga bisa mulai berinvestasi dengan modal mulai dari Rp10 ribu secara aman karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur dan keunggulan yang bisa bantu kamu dalam mengelola portofolio secara nyaman dan menguntungkan. Yuk, buruan download aplikasinya di Play Store atau App Store!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!